skip to main content

Analisis Pengaruh Pemilihan Jumlah Variabel Linguistik Membership Function pada Metode Fuzzy Simple Additive Weighting (FSAW) untuk Perankingan Penerimaan Beasiswa Bagi Siswa Kurang Mampu (Studi Kasus : Sekolah Dasar Negeri Petompon 02 Semarang)

Alfania Sarah Handayani  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
*Adi Wibowo  -  Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Sari
SDN Petompon 02 Semarang merupakan salah satu Sekolah Dasar Negeri yang memiliki program beasiswa "Bumbung  Kemanusiaan"  yang ditujukan bagi siswa yang kurang  mampu. Oleh karena itu diperlukan perankingan siswa untuk memilih calon penerima beasiswa. Pengumpulan data untuk penelitian  ini  didapatkan melalui  wawancara  dengan  Kepala  Sekolah  SDN  Petompon  02  Semarang  untuk  mendapatkan  kriteria penerimaan beasiswa. Terdapat 5 kriteria untuk penerimaan beasiswa yaitu kepemilikan kartu miskin, rata-rata raport semester terakhir, kepemilikan piagam, penghasilan orang tua, dan tanggungan orang tua. Permasalahan ini merupakan permasalahan dunia nyata, sehingga data yang dikumpulkan biasanya melibatkan beberapa jenis ketidakpastian. Salah satu solusi dalam pengambilan keputusannya adalah memodelkan dengan fuzzy. Di dalam Metode Fuzzy Simple Additive Weighting terdapat pemilihan variabel linguistik membership function, dimana skala tersebut sangat berpengaruh  bagi perhitungan pada  metode.  Penelitian  ini bertujuan untuk  menganalisis pemilihan  jumlah variabel linguistik  membership  function  untuk mendapatkan nilai preferensi yang  sesuai dan nilai akurasi. Penelitian ini melakukan 2 percobaan yaitu dengan memilih jumlah variabel linguistik 5 dan jumlah variabel linguistik  7.  Hasil  penelitian  menunjukkan  nilai  akurasi  yang  lebih  baik  pada  pemilihan  jumlah  variabel linguistik 7 menggunakan metode Fuzzy Simple Additive Weighting mencapai 96,08%.
Fulltext View|Download
Kata Kunci: Penerimaan Beasiswa, Analisis Pemilihan Jumlah Variabel Linguistik, Fuzzy Simple Additive Weighting, Nilai Akurasi

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.