skip to main content

Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik Universitas Teknologi Sumbawa dengan Pendekatan Overview Analitik

1Prodi Informatika UTS Sumbawa, Indonesia

2Prodi Komputerisasi Akuntansi, Politeknik Negeri Banjarmasin, Indonesia

Received: 5 Oct 2022; Revised: 21 Oct 2022; Accepted: 25 Oct 2022; Available online: 8 Nov 2022; Published: 8 Nov 2022.
Editor(s): Panji Wirawan
Open Access Copyright (c) 2022 JURNAL MASYARAKAT INFORMATIKA
Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini berfokus pada kepuasan pengguna terhadap sistem informasi akademik (SIAKAD) di Universitas Teknologi Sumbawa dengan model EUCS menggunakan variabel content, accuracy, format, ease of use, dan timeliness. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepuasan pengguna SIAKAD di Universitas Teknologi Sumbawa. Metode yang digunakan adalah metode end user computing satisfaction (EUCS) yang di kembangkan oleh Doll dan Torkzadeh pada tahun 1991 menggunakan teknik analisis faktor. Hasil analisis faktor kepuasan pengguna Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) di Universitas Teknologi Sumbawa menggunakan lima indikator pada EUCS menunjukkan dua indikator yang mempengaruhi kepuasan pengguna yaitu indikator content dan precision. Sedangkan indikator design, usability dan idealness tidak mempengaruhi kepuasan pengguna.

Fulltext View|Download
Keywords: EUCS; Kepuasan; Sistem Informasi Akademik

Article Metrics:

  1. R. A. A. Retno Dwi Handayani, “Framework Information Technology Infrastructure Library ( Itil V3 ) : Audit Teknologi Informasi Sistem Informasi Akademik ( Siakad ) Perguruan Tinggi,” vol. 11, no. 1, pp. 29–35, 2020
  2. P. R. Ellya Helmud, Harrizki Arie Pradana, “Evaluasi Kesuksesan Implementasi SLA Pada Mobile PLIK Bangka Belitung,” JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), vol. 8, no. 1, pp. 152–162, 2021
  3. D. P. Indah Kurniasih, “Pengaruh Kepuasan Pengguna Aplikasi Belanja Online Berbasis Mobile Menggunakan Metode EUCS,” JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi), vol. 8, no. 1, pp. 181–198, 2021
  4. N. W. W. Darmansah, “Analisa Penyebab Kerusakan Tanaman Cabai Menggunakan Metode K-Means,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 7, no. 2, pp. 126–134, 2020
  5. A. D. M. Gaby Novryma Pakiding, “Analisis Pengaruh Strategi Knowledge Management Terhadap Efisiensi Kerja Karyawan,” repository.uksw.edu, vol. 7, no. 2, pp. 338–348, 2020
  6. N. Aini, D. Ridwandono, and E. M. Safitri, “Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Akademik Di Universitas Bhayangkara Surabaya,” J. Inform. Dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 26–33, 2021
  7. I. G. N. A. Suaryana, E. Damayanthi, and L. Merkusiwati, “Kualitas dan kepuasan pengguna terhadap sistem informasi akademik berbasis web,” J. Ilm. Akunt. dan Bisnis, vol. 11, no. 2, pp. 84–90, 2017
  8. N. R. Setyoningrum, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Kerja Praktek dan Skripsi (SKKP) Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (EUCS),” J. Appl. Informatics Comput., vol. 4, no. 1, pp. 17–21, 2020
  9. Roy Sari Milda Siregar, “Analisis kinerja sistem informasi dengan metode information technology of balanced scorecard,” Jurnal Optimalisasi.,vol. 2, no. 2, pp. 189–197, 2016
  10. M. N. N. S. Bertho Molly, Andeka Rocky Tanaamah, “Untuk menunjang kinerja karyawan menggunakan framework it balanced scorecard ( studi kasus pada wi-fi universitas kristen satya wacana),” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu komputer ., vol. 4, no. 4, pp. 318–332, 2017, doi: 10.25126/jtiik.201744499
  11. A. F. W. Achmad Fikri Syarif, Prihanto Ngesti Basuki, “Analisis Kinerja Sistem Informasi pada PT . Bank Central Asia Menggunakan IT Balanced Scorecard,” Jurnal Sistem Informasi., vol. 7, no. 1, pp. 1–6, 2017
  12. A. Andri Widianto, “Kajian Perilaku Pengguna ( User ) Terhadap Penggunaan Sistem Informasi Industri Kecil Menengah ( SI-IKM ) Kota Tegal,” Jurnal Riset Bisnis dan Investasi., vol. 4, no. 1, pp. 1–13, 2018
  13. O. D. H. Naretha Kawadha Pasemah Gumay, Rahmat Gernowo, “Analisis pengaruh model hot-fit terhadap pemanfaatan sistem informasi kinerja anggaran,” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer., vol. 7, no. 4, 2020, doi: 10.25126/jtiik.202073410
  14. F. M. S. Iis Setiawan Mangku Negara, “Analisis penerimaan pengguna sistem informasi akademik, studi kasus stikes harapan bangsa,” SOLUSI scientific magazine.,vol. 17, no. 3, pp. 173–194, 2019
  15. M. F. Filda Angellia, “Analisis Perancangan Optimalisasi Database Akses Pemakaian Ruang Kelas Di perguruan Tinggi Berbasis RFID,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi., vol. 7, no. 2, pp. 175–187, 2020
  16. Jacob Frederik Pattiwael, “Analisis Perilaku Pengguna Zoom Meeting Ddengan Pendekatan Technology Acceptance Model ( TAM ) Pada Kegiatan Webinar,” Journal of Management, Economics, and Accounting., vol. 5, no. 1, pp. 134–151, 2021
  17. S. M. Awang Hendrianto Pratomo, Wilis Kaswidjanti, “Implementasi algoritma region of interest (roi) untuk meningkatkan performa algoritma deteksi dan klasifikasi kendaraan,” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer., vol. 7, no. 1, pp. 155–162, 2020, doi: 10.25126/jtiik.202071718
  18. A. I. Eric Megah Perdana, Danny Manongga, “Model konseptual bagi pengembangan knowledge management di sma menggunakan soft system methodology development of knowledge management in senior high school using,” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer., vol. 6, no. 2, pp. 169–178, 2019, doi: 10.25126/jtiik.20186932
  19. D. P. Andre Mayjeksen, “Technology Acceptance Model (TAM) Untuk Menganalisis Penerimaan Pengguna Terhadap Penggunaan Aplikasi Belanja Online XYZ 1,2,” JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi)., vol. 7, no. 3, pp. 580–592, 2020
  20. N. W. W. Darmansah, “Analisis Pesebaran Penularan Virus Corona Di Provinsi Jawa Tengah Menggunakan Metode K-Means Clustering,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi., vol. 8, no. 1, pp. 105–117, 2021

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-05-26 11:57:30

No citation recorded.