BibTex Citation Data :
@article{JMASIF8451, author = {Egga Bahartyan and Nurdin Bahtiar and Indra Waspada}, title = {INTEGRASI CHATBOT BERBASIS AIML PADA WEBSITE E-COMMERCE SEBAGAI VIRTUAL ASSISTANT DALAM PENCARIAN DAN PEMESANAN PRODUK (STUDI KASUS TOKO BUKU ONLINE EDU4INDO.COM)}, journal = {Jurnal Masyarakat Informatika}, volume = {5}, number = {10}, year = {2015}, keywords = {chatbot, bahasa alami, e-commerce, AIML, Pandorabots}, abstract = { Perkembangan teknologi chatbot semakin canggih hingga saat ini. Mulai dari chatbot yang bernama ALICE, hingga aplikasi Siri milik perusahaan Apple sebagai virtual assistant yang berjalan pada iPhone masih dikembangkan agar semakin cerdas dan canggih untuk mempermudah pekerjaan manusia. Chatbot dapat diintegrasikan ke berbagai layanan, aplikasi atau sumber data lainnya. Salah satunya adalah mengintegrasikan chatbot dengan situs web e-commerce untuk menggantikan tugas manusia sebagai customer service . Salah satu caranya adalah memanfaatkan layanan AIML interpreter milik Pandorabots. AIML berfungsi sebagai “otak” pada chatbot , berisi basis pengetahuan yang dipersiapkan untuk menghasilkan jawaban. Pengembangan aplikasi chatbot dilakukan menggunakan metodologi Ripple yang merupakan kombinasi metodologi berorientasi objek dengan fase-fase klasik dari proses pengembangan perangkat lunak. Aplikasi yang dihasilkan diberi nama EIVA, chatbot yang berperan sebagai customer service pada toko buku online Edu4indo.com. Interaksi pelanggan dengan chatbot yang menggunakan bahasa alami diharapkan dapat menjadikan chatbot lebih memahami apa yang dimaksudkan pelanggan bila dibandingkan dengan penggunaan alat bantu pencarian tradisional dengan banyak pilihan atau bahkan textbox tunggal untuk memasukkan kata kuncinya. }, issn = {2777-0648}, pages = {34--43} doi = {10.14710/jmasif.5.10.8451}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jmasif/article/view/8451} }
Refworks Citation Data :
Perkembangan teknologi chatbot semakin canggih hingga saat ini. Mulai dari chatbot yang bernama ALICE, hingga aplikasi Siri milik perusahaan Apple sebagai virtual assistant yang berjalan pada iPhone masih dikembangkan agar semakin cerdas dan canggih untuk mempermudah pekerjaan manusia. Chatbot dapat diintegrasikan ke berbagai layanan, aplikasi atau sumber data lainnya. Salah satunya adalah mengintegrasikan chatbot dengan situs web e-commerce untuk menggantikan tugas manusia sebagai customer service. Salah satu caranya adalah memanfaatkan layanan AIML interpreter milik Pandorabots. AIML berfungsi sebagai “otak” pada chatbot, berisi basis pengetahuan yang dipersiapkan untuk menghasilkan jawaban. Pengembangan aplikasi chatbot dilakukan menggunakan metodologi Ripple yang merupakan kombinasi metodologi berorientasi objek dengan fase-fase klasik dari proses pengembangan perangkat lunak. Aplikasi yang dihasilkan diberi nama EIVA, chatbot yang berperan sebagai customer service pada toko buku online Edu4indo.com. Interaksi pelanggan dengan chatbot yang menggunakan bahasa alami diharapkan dapat menjadikan chatbot lebih memahami apa yang dimaksudkan pelanggan bila dibandingkan dengan penggunaan alat bantu pencarian tradisional dengan banyak pilihan atau bahkan textbox tunggal untuk memasukkan kata kuncinya.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-12-26 14:28:15
The authors who submit the manuscript must understand that the article's copyright belongs to the author(s) if accepted for publication. However, the author(s) grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors should also understand that their article (and any additional files, including data sets, and analysis/computation data) will become publicly available once published under that license. See our copyright policy. By submitting the manuscript to Jmasif, the author(s) agree with this policy. No special document approval is required.
The author(s) guarantee that:
The author(s) retain all rights to the published work, such as (but not limited to) the following rights:
Suppose the article was prepared jointly by more than one author. Each author submitting the manuscript warrants that all co-authors have given their permission to agree to copyright and license notices (agreements) on their behalf and notify co-authors of the terms of this policy. Jmasif will not be held responsible for anything arising because of the writer's internal dispute. Jmasif will only communicate with correspondence authors.
Authors should also understand that their articles (and any additional files, including data sets and analysis/computation data) will become publicly available once published. The license of published articles (and additional data) will be governed by a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Jmasif allows users to copy, distribute, display and perform work under license. Users need to attribute the author(s) and Jmasif to distribute works in journals and other publication media. Unless otherwise stated, the author(s) is a public entity as soon as the article is published.