skip to main content

INTEGRASI CHATBOT BERBASIS AIML PADA WEBSITE E-COMMERCE SEBAGAI VIRTUAL ASSISTANT DALAM PENCARIAN DAN PEMESANAN PRODUK (STUDI KASUS TOKO BUKU ONLINE EDU4INDO.COM)

Received: 17 Apr 2015; Published: 31 Oct 2015.

Citation Format:
Abstract

Perkembangan teknologi chatbot semakin canggih hingga saat ini. Mulai dari chatbot yang bernama ALICE, hingga aplikasi Siri milik perusahaan Apple sebagai virtual assistant yang berjalan pada iPhone masih dikembangkan agar semakin cerdas dan canggih untuk mempermudah pekerjaan manusia. Chatbot dapat diintegrasikan ke berbagai layanan, aplikasi atau sumber data lainnya. Salah satunya adalah mengintegrasikan chatbot dengan situs web e-commerce untuk menggantikan tugas manusia sebagai customer service. Salah satu caranya adalah memanfaatkan layanan AIML interpreter milik Pandorabots. AIML berfungsi sebagai “otak” pada chatbot, berisi basis pengetahuan yang dipersiapkan untuk menghasilkan jawaban. Pengembangan aplikasi chatbot dilakukan menggunakan metodologi Ripple yang merupakan kombinasi metodologi berorientasi objek dengan fase-fase klasik dari proses pengembangan perangkat lunak. Aplikasi yang dihasilkan diberi nama EIVA, chatbot yang berperan sebagai customer service pada toko buku online Edu4indo.com. Interaksi pelanggan dengan chatbot yang menggunakan bahasa alami diharapkan dapat menjadikan chatbot lebih memahami apa yang dimaksudkan pelanggan bila dibandingkan dengan penggunaan alat bantu pencarian tradisional dengan banyak pilihan atau bahkan textbox tunggal untuk memasukkan kata kuncinya.

Fulltext View|Download
Keywords: chatbot, bahasa alami, e-commerce, AIML, Pandorabots

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-18 12:34:58

No citation recorded.