SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PENGAJAR LES PRIVAT UNTUK SISWA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR DENGAN METODE AHP (STUDI KASUS LBB SYSTEM CERDAS)

Published: 30 Apr 2013.
Open Access
Citation Format:
Abstract
Lembaga bimbingan belajar les privat adalah salah satu usaha yang sedang berkembang pesat. Banyak siswa yang ingin mendaftar les privat sehingga lembaga sering melakukan pemilihan pengajar untuk mengajar siswa. Proses pemilihan pengajar menjadi hal yang sangat penting agar siswa mendapatkan pengajar sesuai yang diinginkan. Oleh karena itu, perlu dibuat Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang dapat membantu lembaga dalam memilih pengajar agar lebih efisien dan efektif. Sistem dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP. Sistem ini menggunakan metode AHP yang mempunyai kemampuan untuk memecahkan masalah multikriteria. Kriteria yang menjadi pertimbangan dalam sistem pemilihan pengajar ini meliputi jenis kelamin siswa, jumlah jam mengajar pengajar setiap minggu, jumlah siswa yang diajar pengajar, masa kerja pengajar, jurusan pengajar serta semester pengajar. Setiap kriteria dibandingkan dengan nilai skala perbandingan Saaty agar mendapat nilai bobot untuk penilaian pengajar. Sistem yang dihasilkan dapat memberikan rangking pengajar berdasarkan nilai yang didapat pengajar sehingga dapat digunakan untuk pemilihan pengajar di lembaga bimbingan belajar.
Keywords: Sistem Pendukung Keputusan (SPK), Metode AHP , Pemilihan Pengajar.

Article Metrics:

Last update: 2021-03-01 01:57:35

  1. Revolutionizing Education through Artificial Intelligence: Fuzzy Multiple Attribute Decision Making Approach for Determining the Best Vocational High School

    Applied Mechanics and Materials, 127 , 2019. doi: 10.4028/www.scientific.net/AMM.892.234
  2. Penentuan Lokasi Stup Menggunakan Pembobotan Rank Order Centroid (ROC) dan Simple Additive Weighting (SAW)

    I Made Arya Budhi Saputra. Jurnal Sistem dan Informatika (JSI), 15 (1), 2020. doi: 10.30864/jsi.v15i1.340

Last update: 2021-03-01 01:57:36

No citation recorded.