skip to main content

Hubungan Kompensasi, Motivasi dan Kepuasan Kerja dengan Kinerja Dokter Pada BLUD Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Loekmono Hadi Kudus

*Sudarmono sudarmono  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Ani Margawati  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Sutopo Patria Jati  -  Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Sejak pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) beberapa dokter di Rumah sakit mengalami penurunan pendapatan, akibatnya timbul ketidakpuasan dan turunnya motivasi sehingga berakibat pada menurunnya kinerja dokter yang dimanifestasikan  berupa pembatasan jumlah kunjungan pasien, pengalihan  pasien dari RS ke praktek pribadi atau ke rumah sakit lainnya dan manifestasi penurunan kinerja lainnya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan antara kompensasi, motivasi dan kepuasan kerja dengan kinerja dokter pada BLUD RS dr. Loekmono Hadi Kudus.    

Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif dengan pendekatan cross sectional. Sumber data dalam penelitian dibagi menjadi dua yaitu sumber data primer dan data sekunder. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 49 orang.

Analisa penelitian ini menggunakan analisa univariat didapatkan hasil variabel kompensasi kategori tinggi sebesar 53.1 %, variabel kepuasan kerja sebesar 51,0% dan variabel motivasi kerja sebesar 53,1%. Sedangkan hasil analisa bivariate didapatkan hasil bahwa variabel kompensasi, kepuasan kerja, dan motivasi memiliki nilai p value kurang dari 0,05 yang menunjukkan ketiga variabel tersebut berhubungan dengan kinerja dokter dan memiliki p value kurang dari 0,25, sehingga dapat dilanjutkan ke analisa multivariat.  Sedangkan hasil uji multivariate  dengan menggunakan uji regresi logistik didapatkan pada variabel motivasi kerja didapatkan hasil p value =0.000 dengan Exp(B) = 8,155.

Kesimpulan penelitian ini adalah motivasi dokter memiliki pengaruh 8,155 kali lebih baik dibandingkan dengan variabel independen lainnya.

Penelitian ini merekomendasikan agar pihak manajemen RS memperhatikan sistem pengembangan karir dan promosi, meningkatkan komunikasi interpersonal, memberikan reward pada dokter dan memberikan tanggung jawab sesuai tugas dan kewenangan dokter untuk dapat meningkatkan kepuasan kerja dokter.

  

 

Fulltext View|Download
Keywords: Compensation; Motivation; Job Satisfaction; Physician

Article Metrics:

  1. Hasibuan, Malayu S.P. Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: PT Gunung Agung
  2. Hasibuan, Malayu S.P. Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara; 2005
  3. Peraturan Presiden No. 111 Tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan Nasional
  4. Sutrisno, Hadi. Metodologi Research Jilid 3. Yogyakarta: Andi; 2004
  5. Handoko, Hani. Manajemen Personalia dan Sumber Daya ManusiaEdisi Kedua. Yogyakarta: PT. BPFE; 2003
  6. Setiawan, Ivan Aris dan Ghozali, Imam. Akutansi Keperilakuan. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro; 2006
  7. Rivai, Veithzal. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada; 2005

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-15 02:25:50

No citation recorded.