skip to main content

Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transaksional Terhadap Kinerja dan Kepuasan Perawat pada Layanan Rawat Inap Rumah Sakit Umum Puri Asih Salatiga

*Hidayat Waluyo  -  RSU. Puri Asih Salatiga, Indonesia
Sutopo Patria Jati  -  Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Faktor yang dapat mempengaruhi baik buruknya kinerja  karyawan salah satunya adalah gaya kepemimpinan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah gaya kepemimpinan transaksional memiliki pengaruh terhadap kinerja dan kepuasan kerja sebagai intervining, pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja perawat RSU. Puri Asih Salatiga. Populasi yang digunakan adalah perawat rawat inap sebanyak 60 orang. Analisa data dengan SEM (Structure Equation Modeling) pengujian dilakukan dengan software smart PLS. Hasil yang didapat pada penelitian ini: (1) Gaya kepemimpinan transaksional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, (2) Gaya kepemimpinan transaksional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, (3) Kepuasan tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan, (4) Gaya kepemimpnan transaksional tidak bepengaruh terhadap kinerja karyawan melalui kepuasan sebagai intervining. Saran menggunakan sistem remunerasi agar kepuasan tercapai lebih baik.

Kata kunci ; Kepemimpinan Transaksional, Kinerja karyawan, Kepuasan karyawan; Pustaka : 36 (1990–2014)

 

Factors that can affect both the poor performance of employees one of which is the style of leadership. This study was conducted to determine whether transactional leadership style has influence on performance and job satisfaction as intervining, the influence of job satisfaction on nurse performance RSU. Puri Asih Salatiga. Populasi used is inpatient nurses as many as 60 people. Data analysis with SEM (structure equation modeling) testing is done with smart software PLS. The results obtained in this study: (1) Transactional leadership style has positive and significant impact on job satisfaction, (2) Transactional leadership style has a positive and significant effect on employee performance, (3) Satisfaction does not affect to employee's performance, (4) Transactional leadership style does not affect to employee performance through satisfaction as intervining. Suggestion to use the remuneration system in order to achieve better satisfaction.

Keywords: Transactional  Leadership, Employee Performance, Employee Satisfaction; Library: 36 (1990-2014)

Fulltext View|Download
Keywords: Kepemimpinan Transaksional, Kinerja karyawan, Kepuasan karyawan

Article Metrics:

  1. Sugianto, F. A. Pengaruh motivasi kerja dan kepemimpinan terhadap kinerja karyawan. Jakarta; Erlangga; 2011
  2. Robbins, S.P. Perilaku Organisasi. Jakarta; Penerbit Erlangga; 2002
  3. Bass. Leadership in organization; 1990; 98
  4. As'ad, M. Perilaku Organisasi. Jakarta; Bumi Aksara; 2000; 133
  5. Baron, R. M, Kenny, D. A. The moderator-mediator variable distinction in social psychological research: Conceptual, strategic, and statistical considerations; 1986
  6. Dhimas, C. A. Hubungan Kepuasan Kerja Dan Intensi Turn over Pada Perawat Di Rumah Sakit Umum Puri Asih Salatiga; 2015
  7. Harnoto. Turnover Intentions : Definisi, Indikasi, Dampak Turnover bagi Perusahaan dan Perhitungan Turnover; Agustus; 2009
  8. Irvan Hartanto. Pengaruh Gaya KepemimpinanTransaksional Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Interving Pada Cv.Timur Jaya; 2014
  9. Dahniar. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Dan Gaya Transaksional Terhadap Kinerja Organisasi Studi Kantor Pengawasan Dan Pelayanan Bea Dan Cukai Tipe Madya Pabean Banjarmasin; 2014
  10. Ina Ratnaningsih. Pengaruh Gaya Kepemimpnan Transformasional Dan Gaya Kepemimpinan Transaksional Pada Kinerja Pegawai Bappeda Bandung; 2014
  11. Qurratul Aini. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Perawat Di Ruang Rawat Inap A RSUP. Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten; 2014
  12. Febrian Goeyanto. Analisis Pengaruh Kepemimpinan Transaksional, Motivasi Dan Komitmen Organisasional Terhadap KepuasanKerja Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan; 2013
  13. S. P. Hasibuan. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta; Bumi Aksara Malayu S.P. Hasibuan; 2007
  14. Priansa, Donni Juni dan H. Suwanto. Manajemen Sumber daya Manusia Dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Alfabeta. Bandung; 2011
  15. Locke, E. A. and Latham, G. P. & Slocum, J. W. The role of goal orientation following performance feedback; 2001
  16. Stephen P. Robbins. Organizational Behavior, Books, Textbooks, Education; 1996
  17. Hersey et al. In a section of the book entitled. Explaining Situational Leadership Theory. Hersey and Blanchard cite conclusions of Korman; 1996
  18. Robbins. Pengembangan Model Pengaruh Kepemimpinan; 1996; 40
  19. Koontz, Kogakusha: McGraw-Hill. Luthans, F. Perilaku Organisasi; Seventh Edition; 1980; 665
  20. Horner. Horner leadership theories; 1997; 271
  21. Bass. Handbook of Leadership: Theory, Research, and Managerial Applications; 1990
  22. Robbins. Dimensi kepemimpinan berdarkan perilaku; 1996; 41
  23. Uprihanto, Harsiwi & Hadi dalam Rahyuda; 2008: 12-13
  24. Oshagbeni; 2000 dalam Rahyuda; 2008
  25. Fred Luthans, James. B. Avey, Bruce J. Avay, Bruce J.Avalio, Luthans, Youssef, & Avolio, inpress. Psychological capital development: toward a micro-intervention; 2005
  26. Bass, Bernard M. Predicting Unit Performance By Assessing Transformational and Transactional Leadership, Journal of Applied Psychology; 2003
  27. Burns, J. M. Leadership development series. University of Leicester United; September; 1978
  28. Avolio, B. J, Bass, B. M. & Jung, D. I. Re-Examining the Components of Transformational andTransactional Leadership Using the Multifactor Leadership; 1999
  29. Bass, B. M. Leadership and performance beyond expectations; 1985
  30. Bass, Bernard M. The Transactional - Transformational Leadership Pardigm Trascend Organizational and National Boundaries; 1997
  31. Bass, Bernard M., The Transactional - Transformational Leadership Pardigm Trascend Organizational and National Boundaries; 1997
  32. Avolio, B. J, Bass, B. M. & Jung, D. I. Re-Examining the Components of Transformational andTransactional Leadership Using the Multifactor Leadership; 1999
  33. Mathis, Robert L. dan John H. Jackson. Manajemen Sumber Daya Manusia. Thomson South - Western Mustafa, Sameer T. dan Dalen Chiang; Mar; 2006; edisi 10
  34. Koesmono, T. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Motivasi dan Kepuasan Kerja Serta Kinerja Karyawan Pada Sub Sektor Industri Pengolahan Kayu Skala Menengah; 2005
  35. Schemerhom, Mengidentifikasi lima aspek yang terdapat dalam kepuasan kerja, yaitu pekerjaan itu sendiri; 1997
  36. Stephen P. Robbins, David A. DeCenzo, Fundamentals of Management; 2001, Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transaksional terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Menurut Sarros dan Santora; 2001, dalam Mariam; 2009
  37. Muhadi. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transormasional Dan Transaksional Terhadap Kepuasan Kerja Dan Kinerja Karyawan; 2007
  38. Cash and Fischer, W. H. and F. E. Fischer. Human Resource Planning; 1987
  39. Robbins. Pengertian, Indikator dan Faktor yang mempengaruhi Kinerja; 2006; 687
  40. Simamora. Pengaruh Program Pelatihan Dan Pengembangan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT.Bank Central Asia. Tbk (Studi Pada Frontliner Bakti BCA KCU Banjarmasin); 2004; 327
  41. James. H, Gibson, James. L., and Ivancevich, John, 1994, Fundamental of Management; 1994
  42. Rivai dan Basri. Manfaat Penilaian Kinerja; 2004; 15
  43. Sugiyono. MetodePenelitian Kuantitatif Kualitatif; 2010
  44. Prawirosentono. Indikator dan faktor yang mempengaruhi kinerja; 1999; 27

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-24 23:20:13

No citation recorded.