skip to main content

Pengembangan Sistem Informasi Guna Mendukung Pencatatan dan Pelaporan Program Pengendalian Penyakit Diare Di Kabupaten Musi Rawas.

*Arsep Liyenti  -  Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Rawas, Indonesia
Aris Puji Widodo  -  Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro, Indonesia
Suhartono Suhartono  -  Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Penyakit diare merupakan penyakit yang bepotensi wabah yang dapat menimbulkan kejadian luar biasa. Agar hal tersebut tidak terjadi maka harus dilakukan pemantauan kasus diare dari pencatatan dan pelaporan program pengendalian penyakit diare. Survey awal yang telah dilakukan mengindikasikan adanya permasalahan pada sistem informasi yang saat ini berlangsung yaitu dalam hal pengumpulan dan pengolahan serta analisis data program pengendalian penyakit diare yang mengakibatkan terjadinya keterlambatan, ketidakakuratan dan ketidaklengkapan data dan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk menggembangkan suatu sistem informasi yang dapat mendukung pencatatan dan pelaporan program pengendalian penyakit diare.

       Penelitian yang  dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dan metode pengembangan sistem adalah Framework for Application of  System Technique (FAST). Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan observasi. Subjek penelitian adalah 3 Bidan dan 3 pengelola program pengendalian penyakit diare Puskesmas sebagai informan utama serta 1 pengelola program pengendalian penyakit diare Dinas Kesehatan sebagai informan trigulasi. Analisis isi dilakukan untuk menganalisis data kualitatif.

       Pengembangan sistem informasi pencatatan dan pelaporan program pengendalian penyakit diare disesuaikan berdasarkan kebutuhan pengguna yaitu Bidan, pengelola program pengendalian penyakit diare Puskesmas dan Dinas Kesehatan yang mengacu pada format pelaporan program pengendalian penyakit diare. Bidan dan pengelola program pengendalian penyakit diare Puskesmas melakukan input data pasien dan hasil pemeriksaan pasien diare dengan menggunakan telepon seluler berbasis android sehingga dapat dilakukan pada saat pemeriksaan pasien secara langsung. Hal ini untuk mengatasi keterlambatan dalam mengumpulkan data.

       Disimpulkan bahwa pengembangan sistem informasi pencatatan dan pelaporan program pengendalian penyakit diare menghasilkan sistem yang membantu dalam pengumpulan, pengelolaan dan analisi data program pengendalian penyakit diare. Sistem ini dapat dimanfaatkan oleh Bidan, pengelola program pengendalian penyakit diare Puskesmas dan Dinas Kesehatan sebagai pendukung dalam pengambilan kebijakan kesehatan bagi program pengendalian penyakit diare di wilayah kerja masing-masing.

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  Research Instrument
Untitled
Subject
Type Research Instrument
  Download (B)    Indexing metadata
Keywords: Diare, Sistem Informasi, FAST, Pencatatan, Pelaporan

Article Metrics:

  1. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Direktorat Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan. Buku Pedoman Pengendalian Penyakit Diare. Jakarta: Kemenkes RI; 2011
  2. World Health Organization. Diarrheal Disease. Genva: WHO; 2013
  3. Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Rawas. Profil Kesehatan Kabupaten Musi Rawas Tahun 2016. Muara Beliti; 2017
  4. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Direktorat Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan. Buku Saku Lintas Diare Untuk Petugas Kesehatan. Jakarta: Kemenkes RI; 2015
  5. Whitten, Bently D. Metode Desain dan Analisis Sistem Edisi 6. Yogyakarta: Andi Offset; 2004
  6. Prihartono J. Metodologi Penelitian: Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Binarupa Aksara; 2003
  7. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2014
  8. Winarno. Sistem Informasi Manajemen. Yogyakarta: Penerbit UPP AMP YKPN; 2004
  9. Nazruddin. Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika; 2013
  10. Kristanto.A. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasi. Jakarta: Gaya Media; 2003

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-26 08:01:53

No citation recorded.