skip to main content

The Effectiveness of Social Media Facebook and Instagram as Hospital Promotional Media

*Cahyani Dewi Masyitoh  -  Alma Ata University, Indonesia
Sumarni Sumarni  -  Alma Ata University, Indonesia
Raden Jaka Sarwadhamana  -  Alma Ata University, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang: Saat ini jumlah rumah sakit di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Banyaknya rumah sakit yang ada serta banyaknya keterlibatan swasta dalam pelayanan kesehatan menjadikan persaingan antara Rumah Sakit juga semakin ketat. Hal ini menuntut Rumah Sakit Pemerintah agar lebih meningkatkan daya saing dan daya tarik pasar sasarannya. Berdasarkan studi pendahuluan ditemukan bahwa kunjungan rawat jalan RSUD Panembahan Senopati Bantul selama tahun 2020 mengalami penurunan pasien dari tahun sebelumnya. Pemasaran online yang saat ini aktif digunakan rumah sakit yaitu melalui media sosial, namun hingga saat ini pihak rumah sakit belum pernah mengukur tingkat efektivitas media sosial yang mereka gunakan sebagai media promosi.

 

Tujuan: Untuk mengetahui adanya perbedaan efektivitas media sosial antara Facebook dengan Instagram sebagai media promosi RSUD Panembahan Senopati Bantul Tahun 2021.

 

Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini yaitu pasien rawat jalan yang berkunjung di RSUD Panembahan Senopati Bantul selama satu tahun terakhir berjumlah 146.390. Teknik sampling pada penelitian ini yaitu non-probability sampling dengan jenis sampling kuota. Total sampel berjumlah 100 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis bivariat dengan uji statistik Mann Whitney U-Test.

 

Hasil: Nilai mean pada Facebook adalah sebesar 27.64 dan Instagram sebesar 29.18. Nilai signifikansi Mann Whitney U-Test yaitu sebesar 0.387.

 

Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat efektivitas media sosial antara Facebook dengan Instagram sebagai media promosi RSUD Panembahan Senopati Bantul Tahun 2021.

Fulltext View|Download
Keywords: Effectiveness, Social Media, Promotion, Hospital

Article Metrics:

  1. Undang-Undang No. 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit
  2. Ihlasuyandi E. Pengaruh Kinerja Bauran Pemasaran Jasa Kesehatan & Lingkungan Eksternal Individu terhadap Citra Rumah Sakit Paru Dr.H.A. Rotinsulu. Indones J Hosp Adm 2019; 2: 57–69
  3. Riyanto GP. Jumlah Pengguna Internet Indonesia 2021 Tembus 202 Juta. Kompas.com, February 2021
  4. Kumparan. Orang Indonesia Lebih Kecanduan Media Sosial Dibanding Singapura. kumparan Tech, February 2021
  5. Salmiah. Online Marketing. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020
  6. Dahono Y. Data: Ini Media Sosial Paling Populer di Indonesia 2020-2021. Beritasatu.com, February 2021
  7. Widyastuti S. Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu Solusi Menembus Hati Pelanggan. Jakarta Selatan: FEB-UP Press, 2017. Epub ahead of print 2017. DOI: 10.1300/j054v03n02_03
  8. Kotler P, Kertajaya H, Setiawan I. Marketing 4.0 Moving from Traditional to Digital. New Jersey: John Wiley & Sons, 2017
  9. Sugiyono PD. Metode Penelitan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 2nd ed. Bandung: ALFABETA, 2019
  10. Hidayat A. Penjelasan Uji Mann Whitney U Test – Lengkap. Statiskian.com
  11. Fitriani D. Pengaruh Gender Terhadap Keputusan Pembelian Produk Online (Studi Kasus Terhadap Masyarakat Pontianak). J Publ STMIK Pontianak; 12
  12. Yuniarty, Abbas BS. Faktor-Faktor Penentu Keputusan Pembelian Melalui E-Commerce pada PT. GRE. J Manaj Indones; 18
  13. Hanik UA, Afkar T, Utami HW. Pengaruh Faktor Sosial dan Tingkat Pendidikan terhadap Keputusan Menjadi Nasabah di BMT Mandiri Ukhuwah Persada (Muda) Jawa Timur. Oeconomicus J Econ; 5
  14. Rahmawati H. Peran Media Sosial di Masa Pandemi Covid-19. Kumparan, June 2021
  15. Ilham M, Triliana R, Tilaqza A. Pengaruh Usia, Gender, Pekerjaan, dan Pembeayaan Kesehatan terhadap Jumlah Rawat Inap dan Infeksi Sekunder pada Pasien HIV di Rumah Sakit X Kota Malang. J Bio Komplementer Med; 7
  16. Marliani L, Achadi A. The Effectiveness of Instagram as a Promotion Media at Citra Ananda Maternal and Child Health Hospital, Ciputat, Banten. 2019; 99–99
  17. Priyono MAH, Purnama H. Pengaruh Social Media Marketing Akun Instagram Ipok Aleuh Terhadap Customer Path 5A. In: e-Proceeding of Management. 2019, pp. 1700–1707
  18. Adani MR. Pengaruh Penggunaan Media Sosial dan Manfaat untuk Bisnis. Sekawan Media
  19. Alfisa AW. Facebook vs Instagram. Kumparan, April 2021
  20. Kuliah M. Fitur Facebook dan Fungsinya yang Wajib Diketahui. mitrakuliah.com
  21. Sendari AA. Instagram Adalah Platform Berbagi Foto dan Video, Ini Deretan Fitur Canggihnya. Liputan6.com, March 2019
  22. Julaidi A. Efektivitas Iklan All Season Photo Surabaya Dengan Menggunakan Media Facebook Dan Instagram. J E-Komunikasi Progr Stud Ilmu Komun Univ Kristen Petra, Surabaya; 3
  23. Rifandia F, Sastika W. Studi Komparasi: Efektivitas Iklan UMKM Wina Supersnack melalui Media Sosial Instagram dan Facebook di Kota Cimahi 2018. e-proceeding Appl Sci 2018; 4: 1254–1262

Last update:

  1. Pengaruh Experiential Marketing dengan Customer Loyalty di Rumah Sakit

    Nindya Arifani Nurseha, Diansanto Prayoga. Media Gizi Kesmas, 12 (2), 2023. doi: 10.20473/mgk.v12i2.2023.1052-1056

Last update: 2024-11-14 20:56:27

No citation recorded.