BibTex Citation Data :
@article{JMKI40689, author = {Cahyani Masyitoh and Sumarni Sumarni and Raden Sarwadhamana}, title = {The Effectiveness of Social Media Facebook and Instagram as Hospital Promotional Media}, journal = {Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia}, volume = {9}, number = {3}, year = {2021}, keywords = {Effectiveness, Social Media, Promotion, Hospital}, abstract = { Latar Belakang: Saat ini jumlah rumah sakit di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Banyaknya rumah sakit yang ada serta banyaknya keterlibatan swasta dalam pelayanan kesehatan menjadikan persaingan antara Rumah Sakit juga semakin ketat. Hal ini menuntut Rumah Sakit Pemerintah agar lebih meningkatkan daya saing dan daya tarik pasar sasarannya. Berdasarkan studi pendahuluan ditemukan bahwa kunjungan rawat jalan RSUD Panembahan Senopati Bantul selama tahun 2020 mengalami penurunan pasien dari tahun sebelumnya. Pemasaran online yang saat ini aktif digunakan rumah sakit yaitu melalui media sosial, namun hingga saat ini pihak rumah sakit belum pernah mengukur tingkat efektivitas media sosial yang mereka gunakan sebagai media promosi. Tujuan: Untuk mengetahui adanya perbedaan efektivitas media sosial antara Facebook dengan Instagram sebagai media promosi RSUD Panembahan Senopati Bantul Tahun 2021. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan rancangan cross sectional . Populasi dalam penelitian ini yaitu pasien rawat jalan yang berkunjung di RSUD Panembahan Senopati Bantul selama satu tahun terakhir berjumlah 146.390. Teknik sampling pada penelitian ini yaitu non-probability sampling dengan jenis sampling kuota. Total sampel berjumlah 100 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis bivariat dengan uji statistik Mann Whitney U-Test . Hasil: Nilai mean pada Facebook adalah sebesar 27.64 dan Instagram sebesar 29.18. Nilai signifikansi Mann Whitney U-Test yaitu sebesar 0.387. Kesimpulan : Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat efektivitas media sosial antara Facebook dengan Instagram sebagai media promosi RSUD Panembahan Senopati Bantul Tahun 2021. }, issn = {2548-7213}, pages = {236--241} doi = {10.14710/jmki.9.3.2021.236-241}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jmki/article/view/40689} }
Refworks Citation Data :
Latar Belakang: Saat ini jumlah rumah sakit di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun. Banyaknya rumah sakit yang ada serta banyaknya keterlibatan swasta dalam pelayanan kesehatan menjadikan persaingan antara Rumah Sakit juga semakin ketat. Hal ini menuntut Rumah Sakit Pemerintah agar lebih meningkatkan daya saing dan daya tarik pasar sasarannya. Berdasarkan studi pendahuluan ditemukan bahwa kunjungan rawat jalan RSUD Panembahan Senopati Bantul selama tahun 2020 mengalami penurunan pasien dari tahun sebelumnya. Pemasaran online yang saat ini aktif digunakan rumah sakit yaitu melalui media sosial, namun hingga saat ini pihak rumah sakit belum pernah mengukur tingkat efektivitas media sosial yang mereka gunakan sebagai media promosi.
Tujuan: Untuk mengetahui adanya perbedaan efektivitas media sosial antara Facebook dengan Instagram sebagai media promosi RSUD Panembahan Senopati Bantul Tahun 2021.
Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini yaitu pasien rawat jalan yang berkunjung di RSUD Panembahan Senopati Bantul selama satu tahun terakhir berjumlah 146.390. Teknik sampling pada penelitian ini yaitu non-probability sampling dengan jenis sampling kuota. Total sampel berjumlah 100 responden. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis bivariat dengan uji statistik Mann Whitney U-Test.
Hasil: Nilai mean pada Facebook adalah sebesar 27.64 dan Instagram sebesar 29.18. Nilai signifikansi Mann Whitney U-Test yaitu sebesar 0.387.
Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat efektivitas media sosial antara Facebook dengan Instagram sebagai media promosi RSUD Panembahan Senopati Bantul Tahun 2021.
Article Metrics:
Last update:
Pengaruh Experiential Marketing dengan Customer Loyalty di Rumah Sakit
Last update: 2024-12-21 03:13:06
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to JMKI journal and Master’s Study Program in Public Health, Faculty of Public Health, Diponegoro University as the publisher of the journal. Copyright encompasses rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms, and any other similar reproductions, as well as translations.
JMKI journal and Master of Public Health Study Program, Universitas Diponegoro and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in JMKI journal are the sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
The Copyright Transfer Form can be downloaded here: [Copyright Transfer Form JMKI]. The copyright form should be signed originally and send to the Editorial Office in the form of original mail, scanned document or fax :
Farid Agushybana, S.KM., Ph.D (Editor-in-Chief)Editorial Office of Jurnal Manajemen Kesehatan IndonesiaMaster of Public Health Study Program, Universitas DiponegoroJl. Prof. Soedarto, Kampus Undip Tembalang, Semarang, Central Java, Indonesia 50275Telp./Fax: +62-24-7460044Email: hybana@gmail.com / jmki@live.undip.ac.id
Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia (e-ISSN: 2548-7213, p-ISSN: 2303-3622) is published by Master of Publich Health, Faculty of Public Health, Universitas Diponegoro under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
View statistics