PENGARUH BENTUK LAMBUNG KAPAL TERHADAP POLA ALIRAN DAN POWERING PADA KAPAL PERAIRAN SUNGAI DAN LAUT

*Sahlan Sahlan  -  Unit Pelaksana Teknis Balai Pengkajian dan Penelitian Hidrodinamika, Indonesia
Baharuddin Ali  -  Unit Pelaksana Teknis Balai Pengkajian dan Penelitian Hidrodinamika, Indonesia
Wibowo H.N  -  Unit Pelaksana Teknis Balai Pengkajian dan Penelitian Hidrodinamika, Indonesia
A. Bisri  -  Unit Pelaksana Teknis Balai Pengkajian dan Penelitian Hidrodinamika, Indonesia
Berlian Arswendo Adietya  -  Teknik Perkapalan, Indonesia
Published: 6 Jan 2016.
Open Access

Citation Format:
Abstract

Bentuk lambung haluan kapal yang tepat sangat berpengaruh pada perbaikan pola aliran air maupun penurunan tahanan gelombang yang ditimbulkan badan kapal saat beroperasi. Pada tulisan ini dilakukan kajian tentang pengaruh bentuk lambung haluan kapal yang diwakili oleh Model-A dan Model-B terhadap pola aliran, tahanan dan daya poros pada kapal yang merupakan salah satu jenis kapal perairan sungai-laut. Pada Model-B dilakukan modifikasi bentuk haluan dari Model-A. Dari hasil simulasi didapatkan bahwa peningkatan daya poros sebesar 12% saat kecepatan 14.5 knot pada Model-B atau keuntungan 3% dari penambahan displaceament 15% pada Model-B dari bentuk asli Model-A dengan operasional optimum kapal adalah pada kecepatan antara 12 dan 15 knots.

Keywords: tahanan kapal; bentuk lambung; perairan sungai dan laut; spray

Article Metrics:

Last update: 2021-04-18 13:39:50

No citation recorded.

Last update: 2021-04-18 13:39:50

  1. Design Viability of Purse Seiners Operating in Bone Regency, South Sulawesi, Indonesia

    Farhum S.A.. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 127 (1), 2019. doi: 10.1088/1755-1315/370/1/012023