BibTex Citation Data :
@article{Kapal1709, author = {Imam Pujo Mulyatno and Anggriawan Pratama}, title = {ANALISA KEKUATAN KONSTRUKSI CAR DECK PADA KAPAL KM. DHARMA FERRY 3 DENGAN METODE ELEMEN HINGGA}, journal = {Kapal: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelautan}, volume = {8}, number = {2}, year = {2012}, keywords = {}, abstract = { Kapal merupakan sebuah sistem rekayasa bergerak buatan manusia yang terbesar. Kompleksitasnya sebagian besar disebabkan oleh tuntutan self – supporting capability di lingkungan laut yang tidak readily habitable. Salah satu subsistem penyusun sistem rekayasa tersebut adalah konstruksinya. Dalam sebuah sistem konstruksi, kekuatan merupakan struktur terpenting dalam sebuah kapal sebab fungsi nya adalah untuk menjamin keselamatan daripada awak kapal, penumpang, dan muatannya. Kapal KM. DHARMA FERRY 3 adalah type Ro – RoPassanger Ship milik perusahaan PT. Dharma lautan Utama yang beroperasi di Selat Sunda dengan rute pelayaran Pelabuhan Merak – Bakauheni. Dalam rute pelayaran tersebut yang ditempuh dalam waktu kurang lebih dua setengah jam, hal ini mengharuskan kondisi kapal selalu dalam kondisi aman terutama dalam hal konstruksinya sebab dalam perencanaan sebuah konstruksi kapal, pada dasarnya adalah merencanakan konstruksi yang mempunyai tingkat tegangan pada batas yang diijinkan dan bisa diterima oleh konstruksi tersebut. Penelitian tentang konstruksi kekuatan car deck kapal KM. DHARMA FERRY 3 perlu diperhatikan dan dilakukan, dimana tegangan yang diakibatkan oleh beban yang mengenainya tidak boleh melebihi batas maksimum σ yield bahan dan σ ijin berdasarkan rules dari klas, adapun acuan rules yang dipakai dalam penelitian ini adalah berdasarkan rules Biro Klasifikasi Indonesia. Pada Tugas Akhir ini akan dilakukan analisa local stress yang terjadi pada car deck kapal KM. DHARMA FERRY 3 dengan bantuan program numerik MSC Software. Analisa yang digunakan adalah analisa beban statis untuk mengetahui karakteristik dan letak tegangan terbesar dari struktur konstruksi car deck berdasarkan empat variasi kondisi keadaan kapal menggunakan metode elemen hingga. Hasil analisa menggunakan program numerik MSC Software didapatkan hasil maximum stress pada sistem konstruksi car deck sebesar 482 N/mm 2 di lokasi node 52 pada saat kondisi sagging. Kondisi ini tidak aman karena nilai tegangan maksimum yang terjadi masih dibawah σ yield dan σ ijin berdasarkan rules BKI, serta memilki faktor keamanan masing – masing sebesar 0,82 dan 0,44. Setelah dilakukan analisa penambahan ketebalan pelat geladak menjadi 26 mm dan penambahan grade R EH material menjadi 390 N/mm 2 ,maka didapatkan hasil maximum stress menjadi sebesar 323 N/mm 2 dimana daerah paling kritis terjadi pada node 52. Kondisi ini aman karena nilai maximum stress yang terjadi memiliki σ yield dan σ ijin berdasarkan ketentuan rules BKI, serta memilki faktor keamanan masing – masing sebesar 1,23 dan 1,01. }, issn = {2301-9069}, pages = {53--61} doi = {10.14710/kpl.v8i2.1709}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/kapal/article/view/1709} }
Refworks Citation Data :
Kapal merupakan sebuah sistem rekayasa bergerak buatan manusia yang terbesar. Kompleksitasnya sebagian besar disebabkan oleh tuntutan self – supporting capability di lingkungan laut yang tidak readily habitable. Salah satu subsistem penyusun sistem rekayasa tersebut adalah konstruksinya. Dalam sebuah sistem konstruksi, kekuatan merupakan struktur terpenting dalam sebuah kapal sebab fungsinya adalah untuk menjamin keselamatan daripada awak kapal, penumpang, dan muatannya. Kapal KM. DHARMA FERRY 3 adalah type Ro – RoPassanger Shipmilik perusahaan PT. Dharma lautan Utama yang beroperasi di Selat Sunda dengan rute pelayaran Pelabuhan Merak – Bakauheni. Dalam rute pelayaran tersebut yang ditempuh dalam waktu kurang lebih dua setengah jam, hal ini mengharuskan kondisi kapal selalu dalam kondisi aman terutama dalam hal konstruksinya sebab dalam perencanaan sebuah konstruksi kapal, pada dasarnya adalah merencanakan konstruksi yang mempunyai tingkat tegangan pada batas yang diijinkan dan bisa diterima oleh konstruksi tersebut. Penelitian tentang konstruksi kekuatan car deck kapal KM. DHARMA FERRY 3 perlu diperhatikan dan dilakukan, dimana tegangan yang diakibatkan oleh beban yang mengenainya tidak boleh melebihi batas maksimum σyield bahan dan σijin berdasarkan rules dari klas, adapun acuan rules yang dipakai dalam penelitian ini adalah berdasarkan rules Biro Klasifikasi Indonesia.
Pada Tugas Akhir ini akan dilakukan analisa local stress yang terjadi pada car deck kapal KM. DHARMA FERRY 3 dengan bantuan program numerik MSC Software. Analisa yang digunakan adalah analisa beban statis untuk mengetahui karakteristik dan letak tegangan terbesar dari struktur konstruksi car deck berdasarkan empat variasi kondisi keadaan kapal menggunakan metode elemen hingga. Hasil analisa menggunakan program numerik MSC Software didapatkan hasil maximum stress pada sistem konstruksi car deck sebesar 482 N/mm2 di lokasi node 52 pada saat kondisi sagging. Kondisi ini tidak aman karena nilai tegangan maksimum yang terjadi masih dibawah σyield dan σijin berdasarkan rules BKI, serta memilki faktor keamanan masing – masing sebesar 0,82 dan 0,44. Setelah dilakukan analisa penambahan ketebalan pelat geladak menjadi 26 mm dan penambahan grade REH material menjadi 390 N/mm2,maka didapatkan hasil maximum stress menjadi sebesar 323 N/mm2 dimana daerah paling kritis terjadi pada node 52. Kondisi ini aman karena nilai maximum stress yang terjadi memiliki σyield dan σijin berdasarkan ketentuan rules BKI, serta memilki faktor keamanan masing – masing sebesar 1,23 dan 1,01.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2021-01-07 16:33:28
View statistics
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.