ANALISA KEKUATAN PONDASI Z – PELLER KARENA ADANYA PERUBAHAN KONSTRUKSI PADA KAPAL TUG BOAT ANOMAN V DENGAN METODE ELEMEN HINGGA

*Sukanto Jatmiko -  Staf Pengajar S1 Teknik Perkapalan, Universitas Diponegoro, Indonesia
Tunjung Widyatmo Handoyo -  Alumni S1 Teknik Perkapalan, Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: .
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Research Articles
Language: EN
Full Text:
Statistics: 3378 762
Abstract

Kapal Tug Boat Anoman V adalah kapal tandu milik PT. Pelabuhan Indonesia III yang beroperasi di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Kapal tersebut mempunyai mesin induk sebesar 2 x 1000 HP untuk menunjang operasionalnya yang di dukung oleh sistem propulsi Z – peller sebagai penggeraknya. Untuk menopang Z – peller tersebut di gunakan pondasi yang disusun oleh beberapa pelat lingkar dari material KI-A 36.

Pada Tugas Akhir ini akan dilakukan analisa local stress yang terjadi pada pondasi Z - peller kapal Tug boat Anoman V dengan bantuan program numerik finite element method (FEM). Analisa yang digunakan adalah analisa beban statis yang berasal dari berat permesinan Z – peller dan beban dari hambatan propulsi kapal. Analisa tersebut bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan letak tegangan terbesar dari struktur konstruksi pondasi Z - peller berdasarkan dua variasi kondisi keadaan kapal yaitu pada saat sandar dan pada kecepatan maksimum. Analisa  tersebut menggunakan metode elemen hingga dengan menggunakan matrik tetrahedral untuk membagi – bagi menjadi elemen yang kecil. Hasil analisa menggunakan program numerik FEM didapatkan hasil makimum stress pada sistem konstruksi pondasi Z - peller sebesar (σ) = 22,7 N/mm2 dan deformasi sebesar 0,00763 mm. Perhitungan faktor keamanan didapat nilai sebesar 17,2 pada lokasi node 3459 pada saat kondisi kecepatan maksimum. Kondisi ini aman karena nilai faktor keamanan lebih dari 1 berdasarkan ketentuan dari BKI. Hasil dari perhitungan analisa tegangan maksimum tersebut dilakukan validasi model, software, dan analitik untuk mengetahui tingkat ralat nisbi dari analisa kekuatan pondasi Z – peller.

Keywords
"Z-Peller; Tug Boat; Metode Elemen Hingga"

Article Metrics: