BibTex Citation Data :
@article{Kapal3187, author = {Samuel Samuel and Dian Hafiz}, title = {ANALISA PENGARUH ALIRAN FLUIDA YANG DITIMBULKAN OLEH GERAKAN PUTARAN PROPELLER PADA KAPAL IKAN TERHADAP TEKANAN PROPELLER DENGAN PENDEKATAN CFD}, journal = {Kapal: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Kelautan}, volume = {8}, number = {3}, year = {2012}, keywords = {Propeller;Tekanan;CFD;RPM;maksimum strees}, abstract = { Dalam operasinya dilaut, suatu kapal harus memiliki kemampuan untuk mempertahankan kecepatan dinas (Vs) seperti yang direncanakan. Hal ini mempunyai arti bahwa, kapal haruslah mempunyai rancangan sistem propulsi yang dapat mengatasi keseluruhan gaya-gaya hambat yang terjadi agar memenuhi standar kecepatan dinasnya . Penelitian untuk meningkatkan daya dorong propeller dari tahun ketahun terus dilakukan dengan meningkatakan efisiensi propeller. Tapi dari sisi lain usaha untuk meneliti dimana konsentrasi tegangan yang diakibatkan daya dorong propeller masih kurang dilakukan Untuk tugas akhir ini analisa yang dilakukan adalah untuk mengetahui distribusi tekanan pada propeller dan juga maximum stress yang terjadi pada propeller. Proses pembuatan model geometri dibantu dengan menggunakan software CAD dan analisanya dilakukan dengan mengunakan pendekatan CFD (Computational Fluid Dynamic) sebagai sarana visualisasi. Analisa dilakukan dengan memvariasikan putaran propeller pada 100, 200, 300, 400, 500 rpm. Berdasarkan hasil perhitungan dan hasil running software CFD yang telah dilakukan didapatkan hasil perbedaan tekanan dimana pada tiap putarannya semakin meningkat . Tekanan paling besar terjadi pada putaran 500 rpm yaiutu sebesar 28169,72 N . Dengan menggunakan software MSC NASTRAN didapatkan nilai maksimum strees sebesar 13,1 N/mm 2 akan tetapi material ini masih dalam batas aman karena hasil perhitungan safety factor material bahan didapat nilai 33,87. }, issn = {2301-9069}, pages = {134--140} doi = {10.14710/kpl.v8i3.3187}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/kapal/article/view/3187} }
Refworks Citation Data :
Dalam operasinya dilaut, suatu kapal harus memiliki kemampuan untuk mempertahankan kecepatan dinas (Vs) seperti yang direncanakan. Hal ini mempunyai arti bahwa, kapal haruslah mempunyai rancangan sistem propulsi yang dapat mengatasi keseluruhan gaya-gaya hambat yang terjadi agar memenuhi standar kecepatan dinasnya. Penelitian untuk meningkatkan daya dorong propeller dari tahun ketahun terus dilakukan dengan meningkatakan efisiensi propeller. Tapi dari sisi lain usaha untuk meneliti dimana konsentrasi tegangan yang diakibatkan daya dorong propeller masih kurang dilakukan Untuk tugas akhir ini analisa yang dilakukan adalah untuk mengetahui distribusi tekanan pada propeller dan juga maximum stress yang terjadi pada propeller.
Proses pembuatan model geometri dibantu dengan menggunakan software CAD dan analisanya dilakukan dengan mengunakan pendekatan CFD (Computational Fluid Dynamic) sebagai sarana visualisasi.Analisa dilakukan dengan memvariasikan putaran propeller pada 100, 200, 300, 400, 500 rpm.
Berdasarkan hasil perhitungan dan hasil running software CFD yang telah dilakukan didapatkan hasil perbedaan tekanan dimana pada tiap putarannya semakin meningkat. Tekanan paling besar terjadi pada putaran 500 rpm yaiutu sebesar 28169,72 N. Dengan menggunakan software MSC NASTRAN didapatkan nilai maksimum strees sebesar 13,1 N/mm2 akan tetapi material ini masih dalam batas aman karena hasil perhitungan safety factor material bahan didapat nilai 33,87.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-12-29 18:31:02
View statistics
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.