skip to main content

DESAIN KAPAL LCU TNI-AL MENGGUNAKAN METODE OPTIMISASI

*Hasanudin Hasanudin  -  Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Landing Craft Utility (LCU) mempunyai peranan yang penting bagi Tentara Nasional Angkatan Laut (TNI-AL) digunakan sebagai kapal amphibious mendaratkan: pasukan, logistik dan kendaraan. Desain  LCU TNI-AL mengunakan metode optimasi belum pernah dilakukan, desain kapal umumnya menggunakan metode spiral design yang berlangsung beberapa putaran secara manual yang membutuhkan waktu yang lama dan seringkali tidak mencapai hasil yang optimal. Untuk mengatasi masalah tersebut dalam makalah ini digunakan metode Non Linier Constrains Optimization sehingga perlu satu putaran untuk menyelesaikannya yaitu pada tahap preliminary design. Pemodelan optimasinya dilibatkan ukuran utama dan hull form secara bersamaan sehingga tidak diperlukan pembuatan lines plan. Variables yang dicari adalah ukuran utama dan propulsi kapal; constrains adalah ukuran utama, rasio ukuran utama, stabilitas dan propulsi; objective functions adalah meminimalkan biaya pembanguan.  Dari hasil perhitungan didapatkan Landing Craft Utility yang optimal adalah: bentuk round bilge, Lpp=46,76m, B=9,63m, T=2,56m, H=4,63m, dan Vs= 11knot.

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  Research Instrument
Lines Plan
Subject
Type Research Instrument
  View (50KB)    Indexing metadata
Keywords: Landing Craft Utility, Spiral Design, Non Linier Constrains Optimization, Constrains, Parameter, Objective Function
Funding: Kolonel (L) Agus Purwanto devisi kapal amphibi Armada Timur TNI-AL

Article Metrics:

  1. H. Djalal, “PENGELOLAAN BATAS MARITIM DAN KAWASAN PERBATASAN: MENENTUKAN BATAS NEGARA GUNA MENINGKATKAN PENGAWASAN, PENEGAKAN HUKUM DAN KEDAULATAN NKRI,” J. Pertahanan, vol. 3, pp. 17–39, Desember 2013
  2. S. J. Poerwowidagdo, “STRATEGI LAUT BIRU DALAM PENANGANAN KEAMANAN MARITIM,” J. Pertahanan, vol. 3, pp. 41–52, Desember 2013
  3. E. M. Wulansari, B. P. Hukum, H. A. Manusia, D. Perundang-undangan, and F. H. U. Pamulang, “PEMBERDAYAAN INDUSTRI PERTAHANAN NASIONAL DALAM UNDANG-UNDANG NOMOR 16 TAHUN 2012 TENTANG INDUSTRI PERTAHANAN (EMPOWERMENT OF NATIONAL DEFENSE INDUSTRY IN LAW NUMBER 16 YEAR 2012 ON DEFENSE INDUSTRY),” DARI REDAKSI, p. 301, 2014
  4. D. G. Watson, Practical ship design, vol. 1. Gulf Professional Publishing, 2002
  5. J. H. Evans, “Basic design concepts,” J. Am. Soc. Nav. Eng., vol. 71, no. 4, pp. 671–678, 1959
  6. “Landing craft,” Wikipedia, the free encyclopedia. 28-Jan-2015
  7. “Landing Craft Utility,” Wikipedia, the free encyclopedia. 07-Dec-2014
  8. Z. A. Fatahillah and H. A. Kurniawati, “Analisis Teknis dan Ekonomis Konversi Landing Craft Tank (LCT) Menjadi Self-Propelled Oil Barge (SPOB),” J. Tek. ITS, vol. 2, no. 1, pp. G84–G89, 2013
  9. “Landing Craft Utility: ‘Kepanjangan Tangan’ Gelar Operasi Amfibi LPD TNI AL,” IndoMiliter.
  10. C. R. Bakrie and N. I. Subono, Pertahanan negara dan postur TNI ideal. Yayasan Obor Indonesia, 2007
  11. H. M. Gaspar, D. Rhodes, A. Ross, and S. O. Erikstad, “Handling complexity aspects in conceptual ship design,” presented at the Int’l Maritime Design Conference Glasgow, UK, June 2012, Glasgow, UK, 2012
  12. A. Papanikolaou, “Holistic ship design optimization,” Comput. Aided Ship Des. Some Recent Results Steps Ahead Theory Methodol. Pract. Dedic. Profr. Horst Nowacki Occas. His 75th Birthd., vol. 42, no. 11, pp. 1028–1044, Nov. 2010
  13. A. Papanikolaou, Ship Design: Methodologies of Preliminary Design. Springer, 2014
  14. R. Schoenberg, “Optimization with the quasi-newton method,” Aptech Syst. Maple Val. WA, pp. 1–9, 2001
  15. O. Yeniay, “A comparative study on optimization methods for the constrained nonlinear programming problems,” Math. Probl. Eng., vol. 2005, no. 2, pp. 165–173, 2005
  16. H., Prof. DR.-Ing & Rolf Bruns, Dipl.-Ing; Poehls, “Consideration About the Design Of A Flexible Cargo / Passenger Ship for Indonesian Interisland Sea Transport,” presented at the International Conference On Inter-Island Sea Transport and Offshore Technology, Ujung Pandang, 1991
  17. E. V. Lewis, “Principles of Naval Architecture: Volume II-Resistance, Propulsion, and Vibration, Vol. 2, 2 edn, Soc,” Nav. Archit. Mar. Eng., 1988
  18. David G.M. Watson, Ed., “Chapter 4 Weight-Based designs,” in Elsevier Ocean Engineering Series, vol. Volume 1, Elsevier, 1998, pp. 81–131
  19. I. S. Code, Imo. London, 2002
  20. IMO, International Convention On Load Lines, 1966 Protocol of 1988. 1988
  21. J. Holtrop and G. G. Mennen, “An approximate power prediction method,” 1982
  22. G. . Manning, The Theory and Technical of Ship Design. London: The TECNOLOGY Press Of MIT, Jon Willey and Sons, New York, & Chapmand and Hall, 1956

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.