STUDI PERANCANGAN KAPAL FERRY TIPE CATAMARAN 1000GT

Pada tahap awal desain, untuk mendapatkan desain kapal yang optimum perlu dilakukan analisa untuk menentukan parameter utama dari kapal. Dalam penelitian ini akan dilakukan analisa terhadap pemilihan parameter utama dari kapal ferry catamaran kelas 1000GT untuk mendapatkan desain kapal ferry yang optimal. Parameter utama kapal ditentukan dari optimasi data utama kapal yang mirip yang dijadikan acuan set based design untuk mendapatkan ukuran kapal kapal ferry catamaran yang diinginkan. Geometri bentuk lambung kapal kemudian dioptimasikan dan dianalisa hambatannya menggunakan metode perhitungan, simulasi dan uji tarik. Rencana umum kapal kemudian dikembangkan untuk mendapatkan penataan ruang dan penentuan kapasitas kapal yang otimum. Dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa kapal ferry catamaran 1000GT memiliki gross tonnage (GT) sebesar 1130GT dan nett tonnage (NT) 197GT. Dan daya mesin yang digunakan adalah 4 x 810 HP, untuk kecepatan dinas 15 knots.
Article Metrics:
- J. H. Evans, "Basic Design Concept," American Society of Naval Engineers Journal, , Vols. Vol. 71, No. 4, pp. 672-678, 1959
- M. G. Parsons, Chapter 11. Parametric Design, Univ. Of Michigan: Dept. Of Naval Architecture and Marine Engineering, 2001
- D. J. P. D. A. Kementerian Perhubungan, "Laporan Studi Desain Kapal Penyeberangan Penumpang Multi Hull (Catamaran) RO - RO 1000GT," Jakarta, 2013
- I. M and M. A.J, "An investigation into the resistance components of high speed displacement catamaran," Transaction of the Royal Institution of Naval Architects, p. 134, 1992
- S. Zaghi, R. Broglia and A. di Mascio, "Experimental and numerical investigations on fast catamarans interference effects," in 9th International Conference on Hydrodynamic, Shanghai, China, 2010
- D. B. Danisman, O. Goren, M. Insel and M. Atlar, "An Optimization Study for the Bow Form of High Speed Catamaran," Marine Technology, Vols. Vol 38, No.2, no. April 2001, pp. 116-121, 2001
- J. A. Keuning, J. Pinkster and F. Van Walree, "Further investigation into the hydrodynamic performance of the AXE Bow Concept," in Proc. of the 6th Symposium on High Speed Marine Vehicles (WEMT), Castello di Baia, Italy, 2002
Last update: 2021-04-15 21:45:22
Last update: 2021-04-15 21:45:22
COPYRIGHT TRANSFER AGREEMENT
I, the corresponding author, acting with the consent of all authors listed on the above manuscript, hereby agree to transfer copyright of work to the Department of Naval Architecture, Diponegoro University as the journal publisher.
I/We reserve the following :
- All proprietary rights other than copyright, such as patent rights
- The right to use all or part of this article in future works of our own, such as in books and lectures.