BibTex Citation Data :
@article{KIRYOKU34578, author = {Girindra Putri Ardana Reswari}, title = {Bahasa Jepang vs Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing dalam Persepsi Mahasiswa Indonesia}, journal = {KIRYOKU}, volume = {4}, number = {2}, year = {2020}, keywords = {bahasa asing; persepsi; peluang karir}, abstract = { Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang merupakan dua bahasa asing yang sama-sama banyak dipelajari oleh masyarakat Indonesia. Meskipun Bahasa Inggris dan Jepang sama-sama dipelajari dengan sangat luas di Indonesia, Permasalahan yang timbul adalah terkait dengan kurangnya penelitian yang membuktikan apakah banyak bahasa asing lain yang perlu atau bahkan memiliki banyak peminat di Indonesia. Sebagian besar penelitian terhadap pembelajaran bahasa asing hanya terfokus pada pembelajaran Bahasa Inggris. Untuk itulah artikel ini akan menelaah lebih jauh persepsi masyarakat khususnya mahasiswa terhadap bahasa Inggris dan bahasa Jepang sebagai bahasa asing di Indonesia. Artikel ini bertujuan untuk memahami persepsi yang ada pada masyarakat di balik alasan peminatan terhadap Bahasa Inggris atau Bahasa Jepang. Sehingga diharapkan pembelajaran Bahasa Inggris dan Jepang sebagai bahasa asing ke depan dapat dikembangkan lebih maksimal berdasarkan kesulitan yang dirasakan. Lebih lanjut, penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran terhadap persepsi-persepsi masyarakat sebagai tolak ukur pemahaman masyarakat mengenai lulusan Bahasa asing khususnya Bahasa Inggris dan Jepang di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi kasus terhadap 110 mahasiswa Sarjana Terapan Bahasa Asing pada Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro, Hasil dari penelitian ini adalah persepsi mahasiswa terhadap lebih menjanjikan Bahasa Inggris dibandingkan Bahasa Jepang dalam hal pemilihan karir rupanya masih tinggi. Sedangkan, pemilihan Bahasa Jepang rupanya lebih didasarkan pada minat dan persepsi mahasiswa terhadap keindahan dan keunikan yang dimiliki oleh negara dan budaya Jepang. }, issn = {2581-0960}, pages = {130--136} doi = {10.14710/kiryoku.v4i2.130-136}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/kiryoku/article/view/34578} }
Refworks Citation Data :
Bahasa Inggris dan Bahasa Jepang merupakan dua bahasa asing yang sama-sama banyak dipelajari oleh masyarakat Indonesia. Meskipun Bahasa Inggris dan Jepang sama-sama dipelajari dengan sangat luas di Indonesia,
Permasalahan yang timbul adalah terkait dengan kurangnya penelitian yang membuktikan apakah banyak bahasa asing lain yang perlu atau bahkan memiliki banyak peminat di Indonesia. Sebagian besar penelitian terhadap pembelajaran bahasa asing hanya terfokus pada pembelajaran Bahasa Inggris. Untuk itulah artikel ini akan menelaah lebih jauh persepsi masyarakat khususnya mahasiswa terhadap bahasa Inggris dan bahasa Jepang sebagai bahasa asing di Indonesia. Artikel ini bertujuan untuk memahami persepsi yang ada pada masyarakat di balik alasan peminatan terhadap Bahasa Inggris atau Bahasa Jepang. Sehingga diharapkan pembelajaran Bahasa Inggris dan Jepang sebagai bahasa asing ke depan dapat dikembangkan lebih maksimal berdasarkan kesulitan yang dirasakan. Lebih lanjut, penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran terhadap persepsi-persepsi masyarakat sebagai tolak ukur pemahaman masyarakat mengenai lulusan Bahasa asing khususnya Bahasa Inggris dan Jepang di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi kasus terhadap 110 mahasiswa Sarjana Terapan Bahasa Asing pada Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro, Hasil dari penelitian ini adalah persepsi mahasiswa terhadap lebih menjanjikan Bahasa Inggris dibandingkan Bahasa Jepang dalam hal pemilihan karir rupanya masih tinggi. Sedangkan, pemilihan Bahasa Jepang rupanya lebih didasarkan pada minat dan persepsi mahasiswa terhadap keindahan dan keunikan yang dimiliki oleh negara dan budaya Jepang.
Article Metrics:
Last update:
Code Mixing for Beginner Japanese Language Learners at Mirai Mandiri
INOVASI PEMBELAJARAN DARING: INTEGRASI SITUS EDUKASI DAN GOOGLE FORMULIR UNTUK EVALUASI
Enriching Grammatical Understanding of Using Japanese Part of Speech in Dokkai Learning with the AI-Powered Oyomi Application
Last update: 2024-11-20 13:10:20
Copyright Notice
Starting from 2017, the author(s) whose article is published in the Kiryoku journal attain the copyright for their article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. By submitting the manuscript to Kiryoku, the author(s) agree with this policy. No special document approval is required.
The author(s) guarantee that:
The author(s) retain all rights to the published work, such as (but not limited to) the following rights:
Suppose the article was prepared jointly by more than one author. Each author submitting the manuscript warrants that all co-authors have given their permission to agree to copyright and license notices (agreements) on their behalf and notify co-authors of the terms of this policy. Kiryoku will not be held responsible for anything arising because of the writer's internal dispute. Kiryoku will only communicate with correspondence authors.
Authors should also understand that their articles (and any additional files, including data sets and analysis/computation data) will become publicly available once published. The license of published articles (and additional data) will be governed by a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Kiryoku allows users to copy, distribute, display and perform work under license. Users need to attribute the author(s) and Kiryoku to distribute works in journals and other publication media. Unless otherwise stated, the author(s) is a public entity as soon as the article is published.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.