skip to main content

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JEPANG MELALUI MODEL SAVI DENGAN TEKNIK ROLEPLAY PADA MATA KULIAH KAIWA

*Rina Sukmara  -  Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Indonesia
Retno Utari  -  Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Indonesia
Nia Septiany  -  Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2023 KIRYOKU under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0.

Citation Format:
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah penerapan model SAVI dengan menggunakan teknik role play yang akan digunakan pada mahasiswa semester III di mata kuliah Kaiwa efektif jika dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran yang biasa digunakan sebelumnya. Kaiwa merupakan mata kuliah yang menuntut mahasiswa untuk berbicara secara aktif maupun pasif. Percakapan atau kaiwa yang baik tentunya harus memenuhi kaidah kebahasaan, secara struktur maupun makna, serta situasi tutur seperti pembicara, lawan bicara, tujuan, dan lain-lain. Mata kuliah Kaiwa atau kemampuan berbicara merupakan kemahiran bersifat produktif. Dibutuhkan penerapan model pembelajaran tepat yang dapat meningkatkan partisipasi aktif mahasiswa agar berani berbicara bahasa Jepang dan meningkatkan motivasi mahasiswa dalam pembelajaran kaiwa. Salah satu model pembelajaran yang dirasa tepat adalah penggunaan model SAVI dengan menggunakan teknik role play dalam pengajaran di kelas. Permasalahan yang ingin diteliti pada penelitian ini terkait dengan peningkatan kemampuan berbicara berbahasa Jepang mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP Uhamka dan model pembelajaran yang digunakan pada mata kuliah Kaiwa. Model pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah Model Pembelajaran SAVI dengan menggunakan Teknik Role Play. Bentuk penelitian yang digunakan adalah equasi eksperimental dengan pretest –post-test design, yaitu dengan mengukur berapa besar pengaruh satu variable terhadap variable lain.
Fulltext View|Download
Keywords: Japanese, Kaiwa, Learning Model, SAVI, Roleplay

Article Metrics:

  1. Adnyani, L. D. S. (2014). Penerapan Teknik Role Play Dengan Bantuan Video Pada Mata Kuliah Speaking 2 Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha Tahun Ajaran 2011/2012. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 3(1), 313–325. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v3i1.2914
  2. Anas, N., & Syafitri, K. (2019). Pengaruh Model Savi (Somatic, Auditory, Visual Intellectual) Terhadap Hasil Belajar. Nizhamiyah, 9(1), 37–47. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/nizhamiyah/article/view/428
  3. Chih-Pei, H. U., & Chang, Y.-Y. (2017). John W. Creswell, research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Journal of Social and Administrative Sciences, 4(2), 205–207
  4. Istiqomah, L., Murtono, M., & Fakhriyah, F. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Model Role Playing Berbantuan Media Visual di Sekolah Dasar. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 650–660. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i1.884
  5. Lestari, N. F. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visual, Intellectualy) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Dan Mengembangkan Keterampilan 4C Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 86–91. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.601
  6. Lindawati, N., & Sengkey, F. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris dengan Teknik Role Play pada Siswa Kelas X SMA Dwijendra Denpasar. Jurnal Manajemen Pelayanan Hotel, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.37484/manajemen_pelayanan_hotel.v1i1.26
  7. Maharani, S. D., Wendra, I. W., Gunatama, G., & Hum, M. (2015). PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA (BERMAIN PERAN) PADA SISWA KELAS VIII B MTs AL-kHAIRIYAH TEGALLINGGAH. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1)
  8. Mariya, D., Mastur, Z., & Pujiastuti, E. (2013). KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN SAVI BERBANTUAN ALAT PERAGA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH Info Artikel Abstra. 2(2)
  9. Meier, Dave. 2002. The Accelerated Learning Handbook.Terj. Rahmani Astuti. Model Pembelajaran SAVI. 2003. Bandung: Kaifa
  10. Nadhiah, P. R., & Wulandari, S. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Korespondensi di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 421–432. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p421-432
  11. Rahayu, A., Nuryani, P., & Riyadi, A. R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Savi Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 102–111
  12. Retny Asriyani, Dewa Ayu Suryawati, I. W. A. A. (2019). PENERAPAN TEKNIK ROLE PLAY DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS SEBELAS TERHADAP KEANEKARAGAMAN PERSONALITY TYPES DI SMK PARIWISATA TRIATMA JAYA BADUNG. Badung, Jaya, 5(2), 46–57
  13. Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
  14. Sundawan, M, D. (2016). Perbedaan Model Pembelajaran Konstruktivisme Dan Model Pembelajaran Langsung. Jurnal Logika, XVI(1), 1–11
  15. Suri, F., Saragi, D., & Perangin-angin, R. B. B. (2022). Analisis Model Pembelajaran SAVI pada Era Society 5.0 di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Basicedu, 6(5), 7768–7774. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3588

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-12-26 14:40:39

No citation recorded.