skip to main content

Penerapan Media Pembelajaran Aplikasi Asobiba untuk Meningkatkan Kemampuan Kosakata Bahasa Jepang pada Mahasiswa

*Muhammad Ghozy Al Ghiffari  -  FKIP UHAMKA, Jl. Tanah Merdeka No.20, RT.11/RW.2, Rambutan, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13830, Indonesia
Muhammad Ghozy Al Ghiffari  -  FKIP UHAMKA, Jl. Tanah Merdeka No.20, RT.11/RW.2, Rambutan, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13830, Indonesia
Rina Sukmara  -  FKIP UHAMKA, Jl. Tanah Merdeka No.20, RT.11/RW.2, Rambutan, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13830, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2024 KIRYOKU under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0.

Citation Format:
Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas aplikasi smartphone Asobiba dalam meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Jepang pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang semester 3 di salah satu universitas di Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pretest-posttest control group design. Data dikumpulkan melalui tes kosakata bahasa Jepang sebelum dan sesudah intervensi menggunakan aplikasi Asobiba. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode statistik deskriptif dan uji beda rata-rata. Berdasarkan perhitungan uji-t yang telah dilakukan pada kelas eksperimen diperoleh nilai sig. 000 maka jika nilai probabilitas sig (2-tailed) atau (sig ≤0,05) maka Ho diterima. Jadi terdapat efektivitas penggunaan aplikasi Asobiba untuk meningkatkan kosakata bahasa Jepang mahasiswa semester 3 salah satu universitas di Jakarta.

 

Fulltext View|Download
Keywords: Application; Media Learning; Japanese Language.

Article Metrics:

  1. Agustina Karnawati, R. P. S. A. A. N. (2023). Analisis Penggunaan Google Terjemahan sebagai Alat CALL Translingual terhadap Hasil Penulisan Bahasa Jepang Mahasiswa. Jurnal Studi Kejepangan, 7(1)
  2. Amin, R. (2016). COMPUTER ASSISTED LANGUAGE LEARNING (CALL): Konsep Pembelajaran Bahasa Inggris Berbantuan Komputer. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 10(2), 281–298. https://doi.org/10.35316/lisanalhal.v10i2.123
  3. Arikunto, S., Kurniawan, M., & Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Metodologi Penelitian. 1–200
  4. Arni, R. (2021). Efektivitas Pemakaian Aplikasi Katakana Memory Hint Dalam Mata Kuliah Shokyuu Moji Goi Zenhan. Kiryoku, 5(1), 46–53. https://doi.org/10.14710/kiryoku.v5i1.46-53
  5. Budiawan, W., Harunasari, S. Y., & Kusumajati, W. K. (2019). Improving Students’ Speaking Skills through Mobile-Assisted Language Learning using the Cleverbot Application. 1–6
  6. Corthout, J., Pieters, L., Claeys, M., Geerts, St., Berghe D. V., Vlietinck, A. (1994). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Planta Medica, 60, 460–463
  7. Dede, N. salim, Afriyuni, Y. devi, & Fauziah, A. nurul. (2018). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9–16
  8. Deslianti, D., & Muttaqin, I. (2016). Aplikasi kumpulan hadits nabi muhammad saw berbasis. Jurnal Pseudocode, III(1), 26–34
  9. Hendri Putri, T., Silvia Basri, M., & Budiani, D. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Quizlet Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang Siswa Kelas XI SMAN 8 Pekanbaru. Jurnal Studi Kejepangan, 7(1), 117–125. https://www.bing.com/ck/a?!&&p=0f7815806f35ceceJmltdHM9MTY4ODI1NjAwMCZpZ3VpZD0xMTcwZTgyOS00N2Q1LTY2NzktMTNmNS1mYjY4NDY4MzY3YjkmaW5zaWQ9NTE2OA&ptn=3&hsh=3&fclid=1170e829-47d5-6679-13f5-fb68468367b9&psq=Pengaruh+Media+Pembelajaran+Quizlet+Terhadap+Penguasaa
  10. Huda, B., & Priyatna, B. (2019). Penggunaan Aplikasi Content Management System (CMS) Untuk Pengembangan Bisnis Berbasis E-commerce. Systematics, 1(2), 81. https://doi.org/10.35706/sys.v1i2.2076
  11. Oxford, R., & Crookall, D. (1990). Teaching Vocab: A Critical Analyis of Techniques. Tesl Canada Journal, 7(2), 9–30
  12. Seruni, A. P., & Karnawati, R. A. (2019). DEVELOPMENT OF JAPANESE LANGUAGE LEARNING MEDIA ANDROID APPLICATION BASED ON MOBILE ASSISTED. 67–75
  13. Widjaja, S., Mukhsin, M., Oktarina, D., & Tendra, G. (2022). Aplikasi Pembelajaran Bahasa Jepang Berbasis Mobile Menggunakan Metode User Centered Design (UCD). Jurnal Jaringan Sistem Informasi Robotik (JSR), 6(2), 176–189. http://ojsamik.amikmitragama.ac.id
  14. Wuisang, B., Sambeka, F. L., & Sompotan, A. G. Y. S. (2022). Efektivitas Media Aplikasi Luvlingua Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang Di Sma Negeri 1 Tondano. Kompetensi, 2(04), 1325–1334. https://doi.org/10.53682/kompetensi.v2i04.4803

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-11-20 07:25:27

No citation recorded.