BibTex Citation Data :
@article{KIRYOKU62516, author = {Muhammad Al Ghiffari and Muhammad Al Ghiffari and Rina Sukmara}, title = {Penerapan Media Pembelajaran Aplikasi Asobiba untuk Meningkatkan Kemampuan Kosakata Bahasa Jepang pada Mahasiswa}, journal = {KIRYOKU}, volume = {8}, number = {2}, year = {2024}, keywords = {Application; Media Learning; Japanese Language.}, abstract = { Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas aplikasi smartphone Asobiba dalam meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Jepang pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang semester 3 di salah satu universitas di Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pretest-posttest control group design. Data dikumpulkan melalui tes kosakata bahasa Jepang sebelum dan sesudah intervensi menggunakan aplikasi Asobiba. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode statistik deskriptif dan uji beda rata-rata. Berdasarkan perhitungan uji-t yang telah dilakukan pada kelas eksperimen diperoleh nilai sig. 000 maka jika nilai probabilitas sig (2-tailed) atau (sig ≤0,05) maka Ho diterima. Jadi terdapat efektivitas penggunaan aplikasi Asobiba untuk meningkatkan kosakata bahasa Jepang mahasiswa semester 3 salah satu universitas di Jakarta. }, issn = {2581-0960}, pages = {293--304} doi = {10.14710/kiryoku.v8i2.85-96}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/kiryoku/article/view/62516} }
Refworks Citation Data :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas aplikasi smartphone Asobiba dalam meningkatkan kemampuan kosakata bahasa Jepang pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang semester 3 di salah satu universitas di Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pretest-posttest control group design. Data dikumpulkan melalui tes kosakata bahasa Jepang sebelum dan sesudah intervensi menggunakan aplikasi Asobiba. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode statistik deskriptif dan uji beda rata-rata. Berdasarkan perhitungan uji-t yang telah dilakukan pada kelas eksperimen diperoleh nilai sig. 000 maka jika nilai probabilitas sig (2-tailed) atau (sig ≤0,05) maka Ho diterima. Jadi terdapat efektivitas penggunaan aplikasi Asobiba untuk meningkatkan kosakata bahasa Jepang mahasiswa semester 3 salah satu universitas di Jakarta.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-12-25 21:17:25
Copyright Notice
Starting from 2017, the author(s) whose article is published in the Kiryoku journal attain the copyright for their article and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. By submitting the manuscript to Kiryoku, the author(s) agree with this policy. No special document approval is required.
The author(s) guarantee that:
The author(s) retain all rights to the published work, such as (but not limited to) the following rights:
Suppose the article was prepared jointly by more than one author. Each author submitting the manuscript warrants that all co-authors have given their permission to agree to copyright and license notices (agreements) on their behalf and notify co-authors of the terms of this policy. Kiryoku will not be held responsible for anything arising because of the writer's internal dispute. Kiryoku will only communicate with correspondence authors.
Authors should also understand that their articles (and any additional files, including data sets and analysis/computation data) will become publicly available once published. The license of published articles (and additional data) will be governed by a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Kiryoku allows users to copy, distribute, display and perform work under license. Users need to attribute the author(s) and Kiryoku to distribute works in journals and other publication media. Unless otherwise stated, the author(s) is a public entity as soon as the article is published.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.