skip to main content

Pengembangan Aplikasi Elektronik Arsip (E Arsip) Pembelajaran Jurusan Administrasi Perkantoran

*Agung Kuswantoro  -  Departemen Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Trisna Novi Ashari  -  Departemen Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Published: 4 Jun 2018.

Citation Format:
Abstract
Fokus penelitian ini adalah pengembangan aplikasi e arsip pembelajaran jurusan administrasi perkantoran.Pertanyaan subfokusnya adalah (1) Apa kendala dalam e arsip pembelajaran program Access? (2) Aplikasi apa yang tepat dalam pengembangan e arsip pembelajaran? (3) Apa kelebihan dari pengembangan aplikasi e arsip pembelajaran ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan aplikasi e arsip pembejaran jurusan administrasi perkantoran, yang meliputi (1) kendala dalam e arsip pembelajaran berbasis Access; (2) aplikasi yang tepat dalam pengembangan e arsip pembelajaran;dan (3) kelebihan dari pengembangan aplikasi e arsip pembelajaran. Desain penelitian ini adalah penelitian pengembangan. E arsip programAccess yang selama ini digunakan sering mengalami kendala teknis seperti harus sering me-refress, terjadi kesalahan dalam pengoperasiannya, rentang terkena virus, dan ketergantungan dengan aplikasi Access tahun 2010. Simpulan dalam penelitian ini adalah (1) Kendala dalam E Arsip Pembelajaran dengan program Access dalam bentuk file tidak bisa diedit; (2) Sofware sebagai solusi atas apliasi e arsip pembelajaran dengan program Access; (3) Kelebihan aplikasi e arsip berbasis sofware adalah kesalahan sistem dapat diminimalisir dengan pemprograman. Saran dalam penelitian ini adalah (1) perlu adanya buku petunjuk dalam menginstal dan mengoperasikan aplikasi arsip pembelajaran berbasis sofware (2) perlu adanya latihan yang berkelanjutan untuk mempraktekkan aplikasi arsip pembelajaran berbasis sofware
Fulltext View|Download
Keywords: Manajemen Arsip; Aplikasi; Elektronik Arsip (E Arsip) Pembelajaran

Article Metrics:

Article Info
Section: Articles
Language : ID

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.