skip to main content

Pemanfaatan Buku Teks Elektronik di Perpustakaan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada

*Maryatun Maryatun  -  Universitas Gadjah Mada, Indonesia
Received: 31 Jan 2020; Revised: 29 Oct 2020; Accepted: 30 Oct 2020; Published: 11 Dec 2020.

Citation Format:
Abstract

Berkembangnya teknologi dan informasi memberi dampak terhadap layanan informasi perpustakaan salah satunya trend penyediaan buku teks elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan buku teks elektronik di Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada. Sampel penelitian berjumlah 100 orang dengan teknik pengambilan sampel secara purposive. Kriteria sampel adalah mahasiswa S1 yang pernah menggunakan buku teks elektronik dan masih berstatus aktif sebagai mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan buku teks elektronik yang dilanggan telah dimanfaatkan oleh mahasiswa meskipun belum optimal disebabkan karena penggunaan buku teks elektronik masih dalam masa transisi dari buku teks cetak ke buku teks elektronik yang baru dilanggan selama satu semester. Sebagian besar mahasiswa menggunakan buku teks elektronik untuk kuliah. Buku teks diakses melalui laptop, dan sebagian besar mahasiswa masih memerlukan petunjuk cara membuat catatan, highlight, dan berbagi dengan teman. Namun demikian, sebagian besar mahasiswa masih merasa lebih nyaman membaca buku teks cetak dari pada buku teks elektronik. Pemanfaatan buku teks elektronik bagi mahasiswa merupakan pengalaman positif dalam kegiatan belajar dan mahasiswa setuju apabila buku teks elektronik untuk tetap dilanggan oleh fakultas. Beberapa upaya yang perlu dilakukan oleh perpustakaan untuk meningkatkan pemanfaatan buku teks elektronik antara lain, memberikan layanan bimbingan pemanfaatan secara berkala, melakukan sosialisasi melalui media sosial, memberikan reward kepada pengguna aktif, serta menobatkan salah satu mahasiswa berprestasi sebagai duta baca sumber materi elektronik. Hasil penelitian ini bermanfaat bagi perpustakaan lain yang sedang mengembangkan koleksi buku teks elektronik maupun koleksi digital lain bagi pemustakanya.

Fulltext View|Download
Keywords: buku teks; buku teks elektronik; pemanfaatan buku teks

Article Metrics:

Article Info
Section: Articles
Language : ID
  1. Bossaller, J. And Kammer, J. (2014). Faculty views on etextbooks: a narrative study. College Teaching, 62: 68-75. DOI 10.1080/87567555.2014.885877
  2. Brunet, D.P., Bates, M.L., Gallo, J.R., & Strother, E.A. (2011). Incoming dental students’ expectations and acceptance of an electronic textbook program. Journal of Dental Education, 75(5): 646-652
  3. Choi, P.M.S., & Lam, S.S. (2018). A hierarchical model for developing e-textbook to transform teaching and learning. Interactive Technology and Smart Education, 15(2): 92-103. DOI 10.1108/ITSE-12-2017-0063
  4. Cummings, L.A., Larrivee, A., & Vega, L. (2015). Comparing electronic vs print book preferences between students in the sosial science, the arts and STEM. Library Hi Tech News, 32(4): 1-5. DOI 10.1108/LHTN-10-2014-0088
  5. Gueval, J., Tarnow, K., & Kumm, Sharon. (2015). Implementing e-books: Faculty and student experiences. Teaching and Learning in Nursing, 10: 181-185. DOI 10.1016/j.teln.2015.06.003
  6. Ji, S.W., Michaels, S. & Waterman, D. (2014). Print vs. Electronic readings in college course: Cost-effiency and perceived learning. Internet and Higher Education, 21: 17-24
  7. Kouis dan Konstantinou (2014). Electronic textbooks advantages and challenges for the Hellenic higher education and publishing community. Library Review, 63 (6/7): p. 531-543. Diakses dari http://www.emeraldinsight.com
  8. Kriyantono, Rachmat (2006). Teknik praktis riset komunikasi. Jakarta: Kencana
  9. Li, J. (2016). Is it cost-effective to purchase print books when the equivalent e-book is available? Journal of Hospital Librarianship, 16(1): 40-48. DOI 10.1080/15323269.2016.1118288
  10. Malhotra, Naresh K. (2009). Riset pemasaran: Pendekatan terapan jilid 1. (Penerjemah Soleh Rusyadi Maryam). Jakarta: Indeks
  11. Muslich, Masnur. (2016). Text book writing: Dasardasar pemahaman, penulisan, dan pemakaian buku teks. Jakarta: Ar-ruzz Media
  12. Novak, E., Daday, J., & McDaniel, K. (2018). Assessing intrinsic and extraneous cognitive complexity of e-textbook learning. Interacting with Computers, 30 (2): 150-161
  13. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indoensia Nomor 2 Tahun 2008 tentang buku. Jakarta: Departemen pendidikan Nasional
  14. Pinto, M., Pouliot, C.,& Cordon-Garcia, J.A. (2014). E-book reading among Spanish University student. The Electronic Library, 32 (4): 473-492.DOI 10.1108/EL-05-2012-0048
  15. Prastowo, Andi (2015). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: DIVA Press
  16. Rao, K.N., & Kumar, S. (2018). E-book and print book rice and desirability for university libraries: a comparative study. The Electronic Library, 36 (1): 82-102. DOI 10.1108/EL-06-2016-0142
  17. Rockinson-Szapkiw, A.J., Courduff, J., Carter, K., & Bennett, D. (2013). Electronic versus traditional print textbooks: A comparison study on the influence of university students’ learning. Computers & Education, 63: 259-266
  18. Soewadji, J. (2012). Metodologi penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Meia
  19. Sugiyono (2013). Metode penelitian manajemen: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, penelitian tindakan dan penelitian evaluasi. Bandung: Alfabeta
  20. Woody, D.W.’, Daniel, D.B, & Baker, C.A. (2010). E-books or textbooks: Students prefer textbooks. Computers & Education, 55: p. 945-948. Diakses dari http://www.elsevier.com
  21. Zhang, Y. Kudva, S. (2014). E-books versus print books: Readers’ choices and preferences across contexts. Journal of The Association for Information Science and Technology, 65(8): 1695-1706

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.