skip to main content

Transformasi Perpustakaan Umum Gunungkidul Yogyakarta Dalam Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Teknologi Informasi

*Albertoes Pramoekti Narendra orcid  -  Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
Elizabeth Sri Lestari  -  Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
Agung Wibawa  -  Perpustakaan Daerah Kabupaten Gunungkidul, Indonesia
Year Gloryanta  -  Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
Ambrosius Sindu  -  Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
Anugrah Theodorus  -  Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
Received: 3 Dec 2023; Revised: 18 Jun 2024; Accepted: 28 Jun 2024; Published: 31 Jul 2024.

Citation Format:
Abstract

IFLA atau International Federation Library Association menyatakan  bahwa perpustakaan diharapkan secara aktif mendukung  tercapainya Sustainable Development Goals (SDGs) demikian juga dilakukan  di Indonesia. Perpustakaan bertransformasi   membuka akses  terhadap informasi dengan memanfaatkan perangkat teknologi informasi untuk dapat mencapai tujuan SDGs. Perpustakaan Umum Gunungkidul Yogyakarta mengembangkan berbagai kegiatan capacity building  bidang teknologi informasi  khususnya di perpustakaan desa Gelis Pinter Maca dan perpustakaan desa Balai Pintar. Metode yang digunakan dalam kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan deskriptif analisis.  Suatu pendekatan untuk menggali dan memahami makna individu atau kelompok yang dianggap berasal dari masalah sosial atau manusia. Hasil dari penelitian ini menunjukkan Perpustakaan Umum Gunungkidul dalam mengembangkan transformasi perpustakaan di di perpustakaan desa Gelis Pinter Maca dan perpustakaan desa Balai Pintar  mampu menjadi penggerak transformasi di perpustakaan desa   dengan  memanfaatkan perkembangan teknologi informasi  antara lain di peningkatan pengetahuan dan wawasan masyarakat, peningkatan  kesejahteraan masyarakat melalui usaha yang didukung dengan perkembangan teknologi informasi.

Fulltext View|Download
Keywords: perpustakaan umum gunungkidul; perpustakaan desa; transformasi perpustakaan
Funding: Satya Wacana Christian University

Article Metrics:

  1. Ade Zaenal. (2023) Capacity Building Training | Pelatihan Peningkatan Kapasitas. https://highlandexperience.co.id/capacity-building-training
  2. Ayu Wulansari, dkk (2017). Dampak transformasi perpustakaan desa berbasis inklusi sosial terhadap kesejahteraan masyarakat. Jurnal Publis. Vol.5 No. 2. http://eprints.umpo.ac.id/10654/2/3.%20Dampak%20Transformasi%20Perpustakaan%20Desa%20Berbasis%20Inklusi%20Sosial%20Terhadap%20Kesejahteraan%20Masyarakat%20-%20Copy.pdf
  3. Bondar, A. (2019). Analisis pembangunan bidang perpustakaan terhadap peningkatan kualitas manusia dan penurunan kemiskinan. Media Pustakawan, 26(2)
  4. Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), p.77-101. Retrieved from http://eprints.uwe.ac.uk/11735/2/thematic_analysis_revised_- _final.pdf
  5. Bruce, C. et al. (2014) ‘Information experience: Contemporary perspectives’, Library and Information Science, 9, pp. 3–15. doi: 10.1108/S1876-056220140000010001
  6. Heriyanto, H. (2018) ‘Thematic Analysis sebagai Metode Menganalisa Data untuk Penelitian Kualitatif’, Anuva, 2(3), p. 317. doi: 10.14710/anuva.2.3.317-324
  7. Creswell, J. W. (2014). Research Design Qualitative, Quantitative, And Mixed Methods Approaches (Forth Edit). SagePublishing
  8. Haryanti, W. T. (2019, December). Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. In Talenta Conference Series: Local Wisdom, Social, and Arts (LWSA) (Vol. 2, No. 2)
  9. Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Baca Tulis. https://repositori.kemdikbud.go.id/11625/1/cover-materi-pendukung-literasi-baca-tulis-gabung.pdf
  10. Luh Putu Sri Ariyani, I Gusti Made Arya Suta Wirawan (2017). Peran perpustakaan umum bagi masyarakat: studi kasus perpustakaan umum di Bali. Acarya Pustaka, Vo.3, No.2. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/AP/article/view/13059
  11. Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook
  12. Perpustakaan Nasional (2023) Pedoman Replikasi Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. Jakarta: Perpusnas
  13. Perpustakaan Umum Gunungkidul. (2016).Tugas dan fungsi Dinas Perpustakaan. https://dpk.gunungkidulkab.go.id/statis-5/tugas-fungsi.html
  14. Sant-Geronikolou, S., Martínez-Ávila, D., & Koulouris, A. (2019). Academic libraries on the Creative Industries track: The perception of Spanish and Brazilian professionals. Education for Information, 35(4), 377-398
  15. Sugiyono (2016) Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: CV Alfabeta
  16. Sutarno NS (2003). Perpustakaan Umum Pemerintah Provinsi Jakarta: Sinar Harapan
  17. Ulfatin, N. (2015). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Media Nusa Creative
  18. UNESCO. (2022). Manifesto perpustakaan umum. https://opini.harianjogja.com/read/2022/08/01/543/1107661/manifesto-perpustakaan-umum-2022-oleh-iflaunesco
  19. UNESCO. (2003). Literacy, A UNESCO Perspective. In Literacy, A UNESCO Perspective
  20. United Nations. SDGs. https://sdgs.un.org/goals
  21. Winberry, J., & Potnis, D. (2021). Social innovations in public libraries: Types and challenges. The Library Quarterly, 91(3),337-365

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-09-26 04:48:04

No citation recorded.