skip to main content

PENGAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DENGAN KELOMPOK-KECIL DAN PERSEORANGAN (MODEL KKP)


Citation Format:
Abstract

Dalam proses pembelajaran di kelas, biasanya terjadi aktivitas guru dan siswa agar terlaksana proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Aktivitas kelompok-kecil dan perseorangan, diawali dengan aktivitas kelompok-menyeluruh (kelas). Aktivitas kelompok-menyeluruh digunakan untuk membentuk siswa memperoleh informasi fakta-fakta, gambaran umum, rangkaian-rangkaian komponen yang menyusun basis-pengetahuan (pengetahuan prasyarat plus). Agar terjadi interaksi guru-siswa dan siswa-siswa, maka digunakan model pembelajaran dengan variasi kelompok kecil dan perseorangan (Model KKP). Variasi pembelajaran dengan model KKP dilaksanakan melalui kegiatan sebagai berikut: (1) Kegiatan awal : Guru memberi informasi tentang model pembelajaran, guru mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kecil (4 orang), menyampaikan TPK, informasi latar belakang pentingnya pelajaran , informasi materi prasyarat, dan memberi motivasi kepada siswa. (2) Kegiaan Inti : Guru menyajikan materi kepada siswa. mendemonstrasi dan memberi tugas latihan terbimbing, selanjutnya memberi tugas latihan mandiri (perseoranan) dan latihan kelompok kecil secara bergantian. Tugas perseorangan pertama untuk memberikan latihan persiapan diri segingga dapat berpartisipasi dalam kelompok. Dalam kelompok kecil ini siswa bekerja bersama-sama mengerjakan tugas lanjutan lain secara kolaboratif. Sesudah kerja sama dalam kelompak, siswa secara perseorangan mengerjakan tugas (kuis) mandiri. Kegiatan ini untuk melihat unjuk kerja siswa secara perseorangan yang akan menjadi sumbangan kepada kelompok danuntuik melihat poin peningkatan perseorangn.

Fulltext View|Download

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-03-27 23:00:50

No citation recorded.