skip to main content

Implementasi Promotion Mix dalam Upaya Penciptaan Nilai pada Pelayanan Rawat Inap di RSUD Ungaran

Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia

Received: 14 May 2019; Revised: 25 Jun 2019; Accepted: 3 Jul 2019; Available online: 4 Jul 2019; Published: 4 Jul 2019.
Open Access Copyright (c) 2019 MEDIA KESEHATAN MASYARAKAT INDONESIA under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.

Citation Format:
Abstract

ABSTRAK

Latar belakang: Capaian kepuasan pelanggan rawat inap di RSUD Ungaran masih kurang dari 90%, menunjukkan RSUD Ungaran belum mencapai standar minimal dalam hal kepuasan pelanggan. Maka dari itu RSUD Ungaran harus menciptakan layanan bernilai dari sebelum pemberian layanan kepada pasien agar dapat meningkatkan kepuasan pasien salah satunya dengan upaya promosi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bauran promosi dalam upaya penciptaan nilai pelayanan rawat inap di RSUD Ungaran.

Metode: Penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif metode indepth interview dimana sampel dipilih berdasar teknik purposive sampling. Penelitian dilakukan pada Februari-Maret 2019. Subjek penelitian merupakan Kepala Seksi Pelayanan Medik, Kepala Seksi Keperawatan, Kepala Ruang Rawat Inap dan Kasubag Umum Kepegawaian sebagai informan utama. Sedangkan informan triangulasi yaitu Dokter, Perawat dan pasien. Faktor yang dianalisis meliputi advertising, sales promotion, personal selling, public relations dan direct marketing.

Hasil: Hasil penelitian yaitu promosi sudah dilakukan pihak RSUD Ungaran dengan talkshow kesehatan di radio, web Rumah Sakit, papan pengumuman, banner, leaflet, brosur merupakan bentuk promosi advertising. RSUD Ungaran tidak melakukan personal selling dan sales promotion. Promosi public relations melalui talkshow bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Direct marketing dilakukan dengan mengadakan kegiatan senam bersama paguyuban sayang ginjal, paguyuban stroke, serta persatuan diabetes.

Simpulan dan Saran: Promosi yang sudah dilakukan pihak RSUD Ungaran adalah advertising, public relations dan direct marketing sehingga sudah mendukung upaya penciptaan nilai pelayanan rawat inap di RSUD Ungaran. Penelitian ini menyarankan kepada RSUD Ungaran untuk melakukan promosi personal selling kepada perseorangan dengan memberikan upaya peningkatan kesehatan dan pencegahan penyakit yang dilakukan secara berkala.

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  common.other
Ethical Clearance
Subject
Type Other
  View (454KB)    Indexing metadata
Keywords: promosi; penciptaan nilai; rawat inap
Funding: Diponegoro University

Article Metrics:

  1. Bovet D, Martha J. Value Nets: Breaking the Supply Chain to Unlock Profits. New York: John Wiley & Sons; 2000
  2. Swayne LE. Strategic Management of Health Care Organizations. UK: Blackwell Publishing; 1988
  3. Buchari A. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta; 2004
  4. Kotler P, Armstrong G. Principles of Marketing. Eleventh E. New Jersey: Pearson Prentice Hall International; 2006. 183 p
  5. Nurpeni EF. Rencana Pemasaran Klinik Eksekutif Rumah Sakit Hermina Depok dengan Pendekatan Balanced Scorecard. J ARSI. 2015;116
  6. Anggraeni DS. Implementasi Komunikasi Pemasaran Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru dalam Mempertahankan Loyalitas Konsumen. Jom FISIP. 2015;2(1):1–14
  7. Hermawati T, Utari P, Arifin H. Strategi Komunikasi Pemasaran Rumah Sakit Sebagai Upaya Peningkatan Publisitas. J Spirit Publik. 2013;1–16
  8. Kholisoh N. Strategi Komunikasi Public Relations dan Citra Positif Organisasi ( Kasus Public Relations Rumah Sakit “ X ” di Jakarta ). J Ilmu Komun. 2015;13:195–209
  9. Susanto, Astuti SD. Pengaruh Promosi Terhadap Sikap Pasien RS PKU Muhammadiyah Bantul. J Medicoeticolegal dan Manaj Rumah Sakit. 2012;
  10. Lamb CW, Hair JF, McDaniel C. Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat; 2001

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-12-21 06:22:53

No citation recorded.