skip to main content

Strategi Pengendalian Stres Akademik di Era Pandemi COVID-19 pada Siswa Sekolah Menengah Atas (Studi Kasus Pada Siswa SMA Negeri 1 Kota Pariaman)

*Sri Yolami  -  Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Semarang|Universitas Diponegoro, Indonesia
Besar Tirto Husodo  -  Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Semarang|Universitas Diponegoro, Indonesia
Aditya Kusumawati  -  Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Semarang|Universitas Diponegoro, Indonesia
Open Access Copyright 2022 MEDIA KESEHATAN MASYARAKAT INDONESIA under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang: Stres akademik selama era pandemi COVID-19 dirasakan oleh siswa. Faktor penyebab stres akademik selama era pandemi COVID-19 yang berdampak yaitu perubahan metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengendalian stres akademik pada siswa SMA Negeri 1 Kota Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan kuantitatif deskriptif.

Metode: Metode pengambilan sampel dengan simple random sampling dan metode analisis data univariat dan bivariat. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kota Pariaman.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor stres akademik masih tinggi, kejadian stres akademik rendah, serta strategi pengendalian stres akademik baik dengan teknik Schedule Daily Relaxing Time dan Problem focused coping.

Kesimpulan: Komponen pada teori Cognitive Behaviour Modification (CBM)/Cognitive Behaviour Theraphy (CBT) saling berhubungan satu dengan yang lain dalam mempengaruhi startegi pengendalian stres akademik pada siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kota Pariaman, meskipun tidak semuanya saling berhubungan secara statistic. Peneliti menyarankan kepada guru untuk memberikan sesi refreshment dan waktu interaksi sharing untuk berbagi cerita antara guru dan siswa untuk mengurangi tingkat stres akademik di era pandemi COVID-19 pada siswa.

Kata kunci: remaja; stres akademik; coping stres


ABSTRACT

Title: Academic Stress Control Strategy in High School Students (Case Study in SMA Negeri 1 Pariaman City Students)

Background: Academic stress during the COVID-19 pandemic era was felt by students. Factors causing academic stress during the COVID-19 pandemic era that have an impact are changes in learning methods. This study aims to determine how the academic stress control strategy in SMA Negeri 1 Pariaman City students. This research is a quantitative research with a descriptive quantitative approach.

Methods: Sampling method using simple random sampling and univariate and bivariate data analysis methods. The sample in this study was class XII students of SMA Negeri 1 Kota Pariaman.

Results: The results showed that the academic stress factor was still high, the incidence of academic stress was low, and the academic stress control strategy was good with Schedule Daily Relaxing Time and Problem focused coping techniques.

Conclusion: The components of the Cognitive Behavior Modification (CBM)/Cognitive Behavior Theraphy (CBT) theory are related to each other in influencing academic stress control strategies for class XII students of SMA Negeri 1 Kota Pariaman, although not all of them are statistically related. Researchers suggest teachers to provide refreshment sessions and sharing interaction time to share stories between teachers and students to reduce academic stress levels in the era of the COVID-19 pandemic for students.

Keywords: teenager; academic stress; coping stress

Fulltext View|Download
Keywords: remaja; stres akademik; coping stres

Article Metrics:

  1. Harnani S. Efektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 [Internet]. Kemenag.Go.Id. 2020. Available From: Https://Bdkjakarta.Kemenag.Go.Id/Berita/Efektivitas-Pembelajaran-Daring-Di-Masa-Pandemi-Covid-19
  2. Lestari Ep, Yusufi A. Tingkat Stress Akademik Selama Pandemi Covid-19 Siswa Sd Negeri Sridadi 04 Kecamatan Sirampog Kabupaten Brebes. J Tawadhu. 2021;5(2):129
  3. Argaheni Nb. Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. Placentum J Ilm Kesehat Dan Apl. 2020;8(2):100
  4. Pusdiklat. Surat Edaran Mendikbud No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid- 1 9). Kemendikbud.Go.Id [Internet]. 2020; Available From: Https://Pusdiklat.Kemdikbud.Go.Id/Surat-Edaran-Mendikbud-No-4-Tahun-2020-Tentang-Pelaksanaan-Kebijakan-Pendidikan-Dalam-Masa-Darurat-Penyebaran-Corona-Virus-Disease-Covid-1-9/
  5. Tamba Jj, Santi E. Efikasi Diri Dengan Stres Akademik Siswa Sma Selama Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Semin Nas “Memperkuat Kontribusi Kesehat Ment Dalam Penyelesaian Pandemi Covid-19 Tinj Multidisipliner.” 2021;(April):136
  6. Sambo M, Riskyanti Nw, Bamba Ns. Social Distancing Dan Tingkat Stres Pada Remaja Usia Sekolah Di Smp Frater Mamasa. J Keperawatan Florence Nightingale. 2021;4(1):41–5
  7. Zf M, Tu S, F S, Jmc S. Perbedaan Tingkat Stres Antara Mahasiswa Tahun Pertama Dan Tahun Kedua Di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. J Major [Internet]. 2014;3(4):154–62. Available From: Http://Juke.Kedokteran.Unila.Ac.Id/Index.Php/Majority/Article/View/255
  8. Della Tri Damayamti; Alviyatun Masitoh. Strategi Koping Siswa Dalam Menghadapi Stres Akademik Di Era Pandemi Covid-19 [Internet]. Vol. 4, Journal Of Multidisciplinary Studies. 2020. P. 185–98. Available From: Http://Ejournal.Iainsurakarta.Ac.Id/Index.Php/Academica/Article/View/3167
  9. Gabster Brooke Peterson, Daalan Kim Van, Dhatt R, Barry M. Challenges For The Female Academic During The Covid-19 Pandemic. 2020 [Cited 2021 Jul 12]; Available From: Http://Dx.Doi.Org/10.1016/S0140-6736
  10. Shofiyah Mn, Salamah M. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Stres Siswa Saat Pembelajaran Daring Menggunakan Metode Regresi Logistik Ordinal. J Sains Dan Seni Its. 2022;11(1):23
  11. Made Rai Ng, Susanto Td, Savitri Ed, Ratu A. Studi Pendahuluan: Strategi Promosi Kesehatan Mental Di Lingkungan Kampus Melalui Partisipasi Dosen Wali. J Sos Hum. 2020;13(1):47
  12. Erwin E. Kota Pariaman Zona Hijau Kasus Covid-19, Ini Penjelasan Kadis Kesehatan Nazifah [Internet]. Diskominfo Kota Pariaman. 2021. Available From: Https://Pariamankota.Go.Id/Berita/Kota-Pariaman-Zona-Hijau-Kasus-Covid-19-Ini-Penjelasan-Kadis-Kesehatan-Nazifah
  13. Sagita Dd, Fairuz Sun, Aisyah S. Perbedaan Stres Akademik Mahasiswa Berdasarkan Jenis Kelamin. J Konseling Andi Matappa. 2021;5:9–12
  14. Rohmatillah W, Kholifah N. Stress Akademik Antara Laki-Laki Dan Perempuan Siswa School From Home. J Psikol J Ilm Fak Psikol Univ Yudharta Pasuruan [Internet]. 2019;8(1):38–52. Available From: Https://Www.Jurnal.Yudharta.Ac.Id/V2/Index.Php/Ilmu-Psikologi/Article/View/2648/1871
  15. Barseli M, Ifdil I, Fitria L. Stress Akademik Akibat Covid-19. J Penelit Guru Indones. 2020;5(2):95–9
  16. Permata Tiara Bunga Mayang, Octavianus S, Khumaesa Novi Elis, Maharani P, Rahmatarni Lusi Tania, Nicholas, Et Al. Pedoman Strategi & Langkah Aksi Pengelolaan Stres. 3rd Ed. Gondhowiardjo Soehartati A, Arianie Cut Putri, Taher A, Editors. Komite Penanggulangan Kanker Nasional (Kpkn) Periode 2014 – 2019. 2019. 4–6 P
  17. Zulaikha A. Strategi Coping Stress Belajar Daring Pada Siswa Sma Kota Padang. J Pendidik Tambusai. 2021;5(2):3545–51
  18. Yakub E, Rahmayani D, Umari T. The Academic Stress Of Male And Female Students At Sma N 1 Pasir Penyu In Online Learning During The Covid-19 Pandemic. J Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran). 2021;5(4):1116
  19. Nasrani L, Purnawati S. Stress Level Difference Between Men And Women On Yoga Participants In Denpasar City Pendahuluan Dewasa Ini , Hampir Setiap Orang Pernah Mengalami Stres . Stres Terjadi Karena Adanya Tuntutan Yang Melebihi Kemampuan Individu Untuk Apabila Seseorang Prevale. E-Jurnal Med Udayana. 2015;4(12)
  20. Leksonoputro Dimas Yuwanto. Hubungan Antara Strategi Coping Dengan Stres Pada Siswa Akselerasi. Proc Natl Acad Sci [Internet]. 2015;3(1):13–4. Available From: Http://Dx.Doi.Org/10.1016/J.Bpj.2015.06.056%0ahttps://Academic.Oup.Com/Bioinformatics/Article-Abstract/34/13/2201/4852827%0ainternal-Pdf://Semisupervised-3254828305/Semisupervised.Ppt%0ahttp://Dx.Doi.Org/10.1016/J.Str.2013.02.005%0ahttp://Dx.Doi.Org/10.10
  21. Ariyanto Dn. Hubungan Pembelajaran Daring Dengan Kejadian Stres Pada Mahasiswa Psik Fk Unsri. 2021
  22. Azahra Js. Hubungan Antara Stres Akademik Dengan Coping Stress Pada Mahasiswa Yang Sedang Mengerjakan Skripsi Di Fakultas Pendidikan Psikologi. 2017

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-24 12:31:17

No citation recorded.