skip to main content

Analisa Pelaksanaan PTM di Kecamatan Temanggung pada Masa COVID-19 di Jenjang SMP

Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia

Received: 14 Nov 2022; Revised: 17 Dec 2022; Accepted: 21 Dec 2022; Available online: 1 Feb 2023; Published: 26 Feb 2023.
Open Access Copyright (c) 2023 MEDIA KESEHATAN MASYARAKAT INDONESIA under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.

Citation Format:
Abstract

Latar belakang: Indonesia merupakan salah satu negara yang terdampak COVID-19. Salah satu sektor yang terkena dampak di Indonesia adalah sektor pendidikan. Pendidikan di Indonesia dilaksanakan secara daring mulai Maret 2020, dan pembelajaran tatap muka dimulai secara bertahap mulai September 2021. Kabupaten Temanggung merupakan salah satu daerah yang mengikuti pembelajaran tatap muka. Pembelajaran tatap muka ini berlangsung secara bertahap mengikuti kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia. Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan pembelajaran tatap muka di sekolah menengah pertama di Kabupaten Temanggung.

Metode: Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui wawancara mendalam (indepth interview). Informan utama penelitian ini meliputi guru dan siswa sekolah, sedang informan triangulasi adalah petugas dari Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga serta petugas Puskesmas. Penelitian ini menggunakan teori CIPP. Penelitian ini dilakukan di 3 SMP yang ada di wilayah Kec. Temanggung, dengan status 2 SMP negeri dan 1 SMP swasta. Penelitian dilaksanakan pada bulan September – Oktober 2022. Variabel yang akan diteliti meliputi aspek konteks, input, proses, dan produk.

Hasil: Pelaksanaan pembelajaran tatap muka aspek konteks dan produk sudah sesuai dengan pedoman yang digunakan sedangkan aspek input dan proses pada beberapa variabel belum sesuai dengan pedoman.

Simpulan: Pelaksanaan pembelajaran tatap muka sudah sesuai dalam aspek konteks dan produk, akan tetapi dalam aspek input dan proses belum sesuai pedoman. Pemeliharaan sarana penunjang dan evaluasi pelaksanaan secara berkala perlu dilakukan.

Kata kunci: pembelajaran tatap muka, COVID-19, evaluasi, konteks, masukan, proses, produk

 

ABSTRACT

Title: Analysis of the Implementation of PTM in Temanggung District During the COVID-19 Period at the Middle School Level

Background: Indonesia is one of the countries affected by COVID-19. One of the sectors affected in Indonesia is the education sector. Education in Indonesia will be carried out online starting in March 2020, and face-to-face learning will begin in stages starting in September 2021. Temanggung Regency is one of the regions that is participating in face-to-face learning. This face-to-face learning occurs in stages in response to the COVID-19 pandemic in Indonesia. This study discusses the implementation of face-to-face learning in junior high schools in Temanggung Regency.

Method: This descriptive qualitative research project uses in-depth interviews. This study's main informants were school teachers and students, while the triangulation informants were Department of Health, Office of Education, Youth, and Sports, and Health Center staff. CIPP theory underpins this study. This research was conducted in three junior high schools in Temanggung, two state and one private. The study ran from September to October 2022. Study variables include context, input, process, and product.

Result: The implementation of face-to-face learning context and product aspects is consistent with the guidelines used, but the input and process aspects of several variables are not.

Conclusion: Face-to-face learning definitely works for context and product, but not input and procedure. Maintain supporting facilities and periodically evaluate implementation are necessary.

Keywords: face-to-face learning, COVID-19, evaluation, context, input, process, product

Fulltext View|Download
Keywords: pembelajaran tatap muka; COVID-19; evaluasi; konteks; masukan; proses; produk

Article Metrics:

  1. https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa/qa-for-public di akses pada 26 Desember 2022
  2. https://corona.jatengprov.go.id/data diakses pada 26 Desember 2022
  3. https://covid19.go.id/ diakses pada 26 Desember 2022
  4. Surat Edaran No.4 Thn 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19)
  5. Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 04/KB/2020, Menteri Agama (Menag) No.7373 Tahun 2020, Menteri Kesehatan (Menkes) No. HK.01.08/Menkes/7093/2020, dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) No. 420-3987 Tahun 2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Ajaran dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19
  6. Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 05/KB/2021, Menteri Agama (Menag) No.1347 Tahun 2021, Menteri Kesehatan (Menkes) No. HK.01.08/Menkes/6678/2022, dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) No. 443-5847 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19
  7. https://corona.temanggungkab.go.id/https://dapo.kemdikbud.go.id/sp/2/032300
  8. Wirawan; 2011; Evaluasi Teori, Model, Standar, Aplikasi Dan Profesi: Contoh Aplikasi Evaluasi Program Pengembangan Sumber Daya Manusia, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat, Mandiri Pedesaan, Kurikulum, Perpustakaan Dan Buku Teks; Jakarta; Rajawali Press
  9. Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R &D. Bandung: Alfabeta, 2014
  10. ADAPTASI KEBIASAAN BARU PADA MASA PANDEMI COVID-19: STUDI CROSS-SECTIONAL DI PROVINSI DKI JAKARTA Adopting To New Habits During The Covid-19 Pandemic: A Cross-sectional Study In The Dki Jakarta Province Wardah Hanifah, Anissa Dwi Oktaviani, Fidah Syadidurrahmah, Nurul Fadhillah Kundari, Rizky Muharany Putri, Tri Aulia Fitriani, dan Hoirun Nisa https://ejournal2.litbang.kemkes.go.id/index.php/hsr/article/view/4162/2467
  11. Lestari, Bony & dr, Zuhaira & dr, Ridzky & MMRS, Amalia & dr, Raihana & dr, Jasmine. (2021). PANDUAN ADAPTASI KEBIASAAN BARU DI SEKOLAH
  12. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp/article/view/3265
  13. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/sekolah%20menengah%20pertama
  14. Dirjen P2P. Dokumen Resmi Pedoman Pencegahan dan Pengendalian COVID-19. Jakarta: Dirjen P2P Kementerian Kesehatan RI; 2020. 0–115 p
  15. Kementerian Kesehatan RI. FAQ Coronavirus: Pertanyaan dan Jawaban Terkait COVID-19 [Internet]. Kementerian Kesehatan. 2020 [cited 2021 Feb 12]. p. 1–5. Available from: https://www.kemkes.go.id/article/print/20030400008/faq-coronavirus.html
  16. (Lu H, Stratton CW, Tang YW. Outbreak of pneumonia of unknown etiology in Wuhan, China: The mystery and the miracle. J Med Virol [Internet]. 2020;92(4):401–2. Available from: willeyonlinelibrary.com/journal/jmv)
  17. Huang C, Wang Y, Li X, Ren L, Zhao J, Hu Y, et al. Clinical Features of Patients Infected with 2019 Novel Coronavirus in Wuhan, China. Lancet [Internet]. 2020;395(10223):497–506. Available from: www.thelancet.com

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-12-26 15:09:30

No citation recorded.