skip to main content

ORNAMENTASI RUMAH TRADISIONAL KUDUS: PERKEMBANGAN DAN PENERAPANNYA


Citation Format:
Abstract

Konservasi dapat dilakukan dengan mengembangkan apa yang menjadi karakteristik dan menyesuaikannya dengan kondisi saat ini. Arsitektur rumah tradisional Kudus ditandai dengan ornamentasi yang rumit serta halus. Ukiran pada rumah Kudus bukan sekedar hiasan tetapi juga menggambarkan strata penghuninya. Sayang sekali keberadaan rumah Kudus dengan ragam hiasnya makin lama makin sedikit karena ketidak mampuan penghuni rumah sekarang untuk memelihara rumahnya serta tingginya harga jual rumah. Oleh karena itu upaya pelestarian peninggalan kebudayaan tersebut menjadi penting dan mendesak dilakukan.

Penelitian bertujuan untuk merekam karakteristik ornamen pada arsitektur rumah adat Kudus dan melihat arah pekembangannya pada saat ini. Pengenalan karakteristik ornamentasi rumah tradisional Kudus akan memberikan pengetahuan lebih dalam tentang ukiran Kudus, sementara pengetahuan perkembangannya akan memberikan pemahaman tentang kebudayaan yang mampu bertahan dan menyesuaikan jaman.

Penelitian dilakukan dengan observasi fisik keberagaman ornamentasi. Wawancara dilakukan pada penghuni rumah, narasumber dan pemilik galeri. Kepada penghuni rumah dan narasumber akan digali makna dari bentuk ornamentasi. Kemudian dilihat perkembangan tipe-tipe tersebut dan pemanfaatannya pada rumah tinggal dan bangunan saat ini.

Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-06-20 16:59:38

No citation recorded.