skip to main content

ELEMEN-ELEMEN PEMBENTUK EXPERIENCESCAPE MUSEUM BENTENG VREDEBURG YOGYAKARTA BERDASARKAN PERILAKU PENGUNJUNG

*Diasti Sukma Ekasanti  -  Department of Architecture and Planning, Faculty of Engineering, Universitas Gadjah Mada, Jl. Grafika No. 2, Senolowo, Sinduadi, Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281|Universitas Gadjah Mada, Indonesia
Dwita Hadi Rahmi scopus  -  Department of Architecture and Planning, Faculty of Engineering, Universitas Gadjah Mada, Jl. Grafika No. 2, Senolowo, Sinduadi, Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia 55281|Universitas Gadjah Mada, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta merupakan salah satu museum sejarah di Daerah Istimewa Yogyakarta yang telah melakukan revitalisasi guna meningkatkan pengalaman pengunjung. Hal tersebut merupakan langkah yang perlu dilakukan suatu museum agar dapat menyikapi pergeseran peran museum dari hanya berupa tempat penyimpanan koleksi museum menjadi sebuah experiencescape atau lanskap pengalaman. Penelitian ini ditujukan untuk mengidentifikasi ruang-ruang dan elemen-elemen yang berpengaruh terhadap experiencescape Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta berdasarkan perilaku pengunjung melalui observasi dengan teknik pemetaan perilaku berpusat pada pelaku. Melalui penelitian ini didapatkan temuan bahwa Diorama 1, Diorama 2, Diorama 3, Diorama 4, plaza tengah, serta area jembatan dan kolam barat merupakan ruang-ruang yang memiliki pengaruh besar dalam membentuk experiencescape Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dan membentuk pengalaman pengunjung ditunjukkan dengan perilakunya yang mengindikasikan jenis pengalaman pengunjung museum: sosial, objek, kognitif, dan introspektif. Elemen-elemen pembentuk experiencescape pada ruang-ruang tersebut meliputi: elemen fungsional, sensori, dan alam.

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  common.other
Tanggapan Hasil Review 1
Subject
Type Other
  Download (38KB)    Indexing metadata
Keywords: behavioural mapping; person-centered mapping; pengalaman Doering; elemen experiencescape Pizam dan Tasci

Article Metrics:

  1. Administrators. (2019). Profil. Laman Resmi Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. https://vredeburg.id/id/page/profil
  2. Aziz, Z. A., & Suprapto, H. (2020). Pengaruh Fasilitas dan Pengalaman Pengunjung Terhadap Loyalitas Pengunjung yang Dimediasi oleh Kepuasan Pengunjung (Survey pada Pengunjung Wisata Umbul Ponggok Klaten). Jurnal Studi Manajemen Organisasi, 17(2), 8–18. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/jsmo.v17i2.32470
  3. Baharudin, F. M., & Santosa, I. (2023). Analisis Perilaku Pengunjung pada Ruang Display Museum Berdasarkan Teori Servicescape (Studi Kasus Museum Kretek Kudus). Jurnal Patra, 5(2), 79–90. https://doi.org/https://doi.org/10.35886/patra.v5i2.540
  4. Chen, Z., Suntikul, W., & King, B. (2020). Research on tourism experiencescapes: the journey from art to science. Current Issues in Tourism, 23(11), 1407–1425. https://doi.org/10.1080/13683500.2019.1616679
  5. Hooper-Greenhill, E. (2006). Studying Visitors. In S. Macdonald (Ed.), A companion to museum studies (pp. 362–376). Blackwell Publishing
  6. International Council of Museums. (2023, June 5). Museum definition. International Council of Museums. https://icom.museum/en/resources/standards-guidelines/museum-definition/
  7. Lanir, J., Kuflik, T., Sheidin, J., Yavin, N., Leiderman, K., & Segal, M. (2017). Visualizing museum visitors’ behavior: Where do they go and what do they do there? Personal and Ubiquitous Computing, 21(2), 313–326. https://doi.org/10.1007/s00779-016-0994-9
  8. O’dell, T. (2005). Experiencescapes: Blurring Borders and Testing Connections. In T. O’dell & P. Billing (Eds.), Experiencescape: Tourism, Culture and Economy (pp. 11–33). Copenhagen Business School Press
  9. Ooi, C.-S. (2005). A Theory of Tourism Experiences: The Management of Attention. In T. O’dell & P. Billing (Eds.), Experiencescape: Tourism, Culture and Economy. Copenhagen Business School Press
  10. Pizam, A., & Tasci, A. D. A. (2019). Experienscape: expanding the concept of servicescape with a multi-stakeholder and multi-disciplinary approach (invited paper for ‘luminaries’ special issue of International Journal of Hospitality Management). International Journal of Hospitality Management, 76, 25–37. https://doi.org/10.1016/j.ijhm.2018.06.010
  11. Sinaga, T. M. (2024, May 21). Menghidupkan Museum dan Cagar Budaya. Kompas.Id. https://www.kompas.id/baca/humaniora/2024/05/19/menghidupkan-museum-dan-cagar-budaya
  12. Sthapit, E., Garrod, B., Coudounaris, D. N., Björk, P., Erul, E., & Song, H. (2023). Antecedents and outcomes of memorable wildlife tourism experiences. Journal of Ecotourism. https://doi.org/10.1080/14724049.2023.2272063
  13. Sthapit, E., Garrod, B., Coudounaris, D. N., Seyfi, S., Cifci, I., & Vo-Thanh, T. (2024). Antecedents of memorable heritage tourism experiences: an application of stimuli–organism–response theory. International Journal of Tourism Cities. https://doi.org/10.1108/IJTC-02-2024-0051
  14. Sulistya, A., Ridlo, R., Winarni, Kurniawati, M., & Chusbiantoro, J. (2019, May 29). Profil Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta
  15. Sulistyawan. (2024, May 17). Mendikbud : Museum di Indonesia Masih Menjadi Ruang Sepi. Teras Malioboro News. https://terasmalioboronews.com/mendikbud-museum-di-indonesia-masih-menjadi-ruang-sepi/
  16. Wang, S. (2020). Museum as a sensory space: A discussion of communication effect of multi-senses in taizhou museum. Sustainability (Switzerland), 12(7). https://doi.org/10.3390/su12073061
  17. Wicaksono, P. (2024, June 11). Kembali Beroperasi, Apa yang Baru dari Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta? Tempo. https://www.tempo.co/hiburan/kembali-beroperasi-apa-yang-baru-dari-museum-benteng-vredeburg-yogyakarta--50494

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2025-08-31 18:46:18

No citation recorded.