FUNGSI BAHASA DALAM WACANA IKLAN MEDIA CETAK

*sri puji astuti  -  Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Undip Semarang, Indonesia
Published: .
Open Access
Citation Format:
Abstract

Iklan merupakan sarana untuk menyampaikan pesan dari produsen kepada calon konsumen. Iklan mempunyai kekuatan yang sangat penting sebagai alat pemasaran yang membantu menjual barang atau jasa. Fungsi iklan adalah mempengaruhi khalayak agar mau membeli barang atau jasa yang dihasilkan oleh produsen,  Bahasa iklan termasuk  ragam bisnis yang  merupakan salah satu pemakaian bahasa dalam komunikasi. Fungsi komunikasi apa sajakah yang terdapat dalam wacana iklan media cetak dibahas dalam makalah ini. Data penelitian ini bersumber dari harian Suara Merdeka, Jawa Pos, dan Majalah Femina. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan enam fungsi bahasa dalam wacana iklan yaitu fungsi eksperesif, fungsi direktif, fungsi informasional, fungsi metalingual, fungsi puitik, dan fungsi imajinatif

Kata Kunci: Fungsi bahasa, iklan, media cetak

Article Metrics: