BibTex Citation Data :
@article{Nusa2840, author = {sri astuti}, title = {FUNGSI BAHASA DALAM WACANA IKLAN MEDIA CETAK}, journal = {Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra}, volume = {3}, number = {1}, year = {2012}, keywords = {}, abstract = { Iklan merupakan sarana untuk menyampaikan pesan dari produsen kepada calon konsumen. Iklan mempunyai kekuatan yang sangat penting sebagai alat pemasaran yang membantu menjual barang atau jasa. Fungsi iklan adalah mempengaruhi khalayak agar mau membeli barang atau jasa yang dihasilkan oleh produsen, Bahasa iklan termasuk ragam bisnis yang merupakan salah satu pemakaian bahasa dalam komunikasi. Fungsi komunikasi apa sajakah yang terdapat dalam wacana iklan media cetak dibahas dalam makalah ini. Data penelitian ini bersumber dari harian Suara Merdeka, Jawa Pos , dan Majalah Femina. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan enam fungsi bahasa dalam wacana iklan yaitu fungsi eksperesif, fungsi direktif, fungsi informasional, fungsi metalingual, fungsi puitik, dan fungsi imajinatif Kata Kunci: Fungsi bahasa, iklan, media cetak }, issn = {2597-9558}, doi = {10.9767/bcrec.%v.%i.2840.163-169}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/nusa/article/view/2840} }
Refworks Citation Data :
Iklan merupakan sarana untuk menyampaikan pesan dari produsen kepada calon konsumen. Iklan mempunyai kekuatan yang sangat penting sebagai alat pemasaran yang membantu menjual barang atau jasa. Fungsi iklan adalah mempengaruhi khalayak agar mau membeli barang atau jasa yang dihasilkan oleh produsen, Bahasa iklan termasuk ragam bisnis yang merupakan salah satu pemakaian bahasa dalam komunikasi. Fungsi komunikasi apa sajakah yang terdapat dalam wacana iklan media cetak dibahas dalam makalah ini. Data penelitian ini bersumber dari harian Suara Merdeka, Jawa Pos, dan Majalah Femina. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan enam fungsi bahasa dalam wacana iklan yaitu fungsi eksperesif, fungsi direktif, fungsi informasional, fungsi metalingual, fungsi puitik, dan fungsi imajinatif
Kata Kunci: Fungsi bahasa, iklan, media cetak
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-11-24 16:08:42
Nusa oleh http://ejournal.undip.ac.id/index.php/nusa disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional. View statistics