skip to main content

Pengaruh Pujian dan Respon Pujian terhadap Keharmonisan Rumah Tangga Kader Wahdah Islamyah Banggai (Analisis Sosio-Pragmatik)

*Syahrianti Muhammad Nawir  -  FKIP Universitas Tompotika Luwuk, Indonesia
Nurlaela Nurlaela  -  FKIP Universitas Tompotika Luwuk, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan topik pujian, strategi dalam menanggapi pujian dan pengaruh pujian dan respon pujian terhadap keharmonisan rumah tangga kader Wahdah Islamiyah Banggai. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif Metode pengumpulan data melalui angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa topik yang paling banyak digunakan dalam memuji adalah keterampilan atau kemampuan, kemudian penampilan, kepribadian dan kepemilkan. Adapun strategi yang banyak digunakan dalam merespon pujian adalah menerima pujian, kemudian menolak pujian, mengomentari pujian, diam, membalas pujian, menjelaskan pujian, mengalihkan pujian, merendahkan diri, mengajukan pertanyaan dan meningkatkan pujian. Pujian dan respon pujian berpengaruh terhadap keharmonisan rumah tangga kader Wahdah Islamiyah Banggai.
Fulltext View|Download
Keywords: Pujian, Keharmonisan Rumah Tangga, Sosio-pragmatik
Funding: Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) Kemenristek Dikti RI;Universitas Tompotika Luwuk; DPD Wahdah Islamiyah Banggai

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-02-21 19:42:02

No citation recorded.