Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Psikologi ini memuat artikel hasil penelitian yang terkait dengan bidang ilmu Psikologi, diantaranya bidang Psikologi Klinis, Psikologi Perkembangan, Psikologi Industri dan Organisasi, Psikologi Pendidikan, Psikologi Sosial, Psikometri, Psikologi Eksperimen, Psikologi Terapan, baik penelitian kuantitatif maupun kualitatif.

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Resensi

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Research Article

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Editorial

Checked Open Submissions Unchecked Indexed Unchecked Peer Reviewed
 

Peer Review Process / Policy

Jurnal Psikologi menerapkan proses peer review. Semua artikel yang dikirimkan ke JP akan direview secara tertutup (blind review) oleh para mitra bebestari. Pada umumnya, setiap artikel akan direview oleh satu sampai dua orang reviewer. Tanggapan dari para reviewer ini akan dijadikan landasan bagi Editor untuk menentukan apakah suatu artikel dapat diterima (accepted), diterima apabila direvisi (accepted with major/minor revision), atau ditolak (rejected). Suatu artikel ditolak untuk dimuat disebabkan oleh berbagai pertimbangan, diantara artikel tidak sesuai dengan ruang lingkup ilmu psikologi, sisi ilmiah tulisan tersebut kurang memadai untuk digolongkan dalam suatu tulisan ilmiah, kesalahan metodologi yang mendasar, atau dikarenakan penulis menolak untuk melakukan saran perbaikan yang diberikan oleh reviewer tanpa dasar yang logis. Semua artikel yang dikirim akan diperiksa unsur plagiasinya menggunakan perangkat lunak (software) anti plagiarisme (Turnitin).

 

Publication Frequency

Jurnal Psikologi terbit dua kali dalam setahun: April dan Oktober.

Jurnal Psikologi terbit perdana pada bulan Juni 2004. ISSN (print) 1693-5586, ISSN (online) 2302-1098.

 

Open Access Policy

Jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung ke konten dengan memegang prinsip untuk membuat penelitian tersedia secara bebas untuk umum dalam rangka mendukung pertukaran global yang lebih besar dari ilmu pengetahuan.

 

Etika Publikasi (Publication Ethics)

Jurnal Psikologi (eISSN 2302-1098) adalah jurnal yang diterbitkan Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Pernyataan ini menjelaskan perilaku etis dari semua pihak yang terlibat dalam penerbitan artikel di jurnal ini, yaitu penulis, ketua penyunting, editor/penyunting, mitra bestari dan penerbit.

Tugas Penerbit

Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro sebagai penerbit Jurnal Psikologi bertanggung jawab dan berkomitmen untuk memastikan bahwa iklan, cetak ulang atau pendapatan komersial lainnya tidak memiliki dampak atau pengaruh pada keputusan editor. Selain itu, Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro dan editor akan membantu dalam komunikasi dengan jurnal lain dan / atau penerbit lain apabila diperlukan.

 

Tugas Editor/Penyunting

  • Keputusan Publikasi

Editor/Penyunting Jurnal Psikologi bertanggung jawab untuk memutuskan artikel yang harus diterbitkan berdasarkan masukan dari hasil reviu yang dilakukan mitra bestari. Para editor dapat berunding dengan mitra bestari dalam membuat keputusan ini.

  • Prinsip Keadilan
    • Editor/Penyunting mengevaluasi naskah/artikel tanpa memandang ras, jenis kelamin, orientasi seksual, keyakinan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filsafat politik penulis.
    • Editor akan memastikan artikel sesuai dengan fokus/scope keilmuan jurnal. Tanggapan dari para mitra bestari akan dijadikan landasan bagi Editor untuk menentukan apakah suatu artikel dapat diterima (accepted), diterima dengan revisi (accepted with major/minor revision), atau ditolak (rejected).
    • Suatu artikel ditolak untuk dimuat disebabkan oleh berbagai pertimbangan, diantaranya dikarenakan artikel tidak sesuai dengan ruang lingkup ilmu psikologi, sisi ilmiah tulisan tersebut kurang memadai untuk digolongkan dalam suatu tulisan ilmiah, kesalahan metodologi yang mendasar, atau dikarenakan penulis menolak untuk melakukan sara perbaikan yang diberikan oleh mitra bestari tanpa dasar yang logis.
    • Urutan penerbitan disesuaikan dengan urutan masuknya artikel dan revisi artikel kepada dewan redaksi.
  • Kerahasiaan

Editor tidak harus mengungkapkan informasi apapun tentang naskah yang diserahkan kepada orang lain selain penulis, diantaranya mitra bestari.

  • Konflik kepentingan

Bahan yang tidak dipublikasikan namun diungkapkan dalam naskah tidak boleh digunakan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis.

 

Tugas Mitra Bestari

  • Mitra bestari membantu editor dalam membuat keputusan editorial dan melalui komunikasi editorial yang selanjutnya disampaikan kepada penulis. Bantuan yang diberikan oleh mitra bestari menyangkut reviu secara konten terhadap sebuah naskah/artikel.
  • Setiap naskah yang diterima untuk direviu harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Naskah tidak boleh ditampilkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali sebagaimana diizinkan oleh editor.
  • Reviu harus dilakukan secara objektif dengan argumen yang mendukung sesuai kaidah ilmiah.

 

Tugas Penulis

  • Penulis menuliskan naskah/artikel berdasarkan laporan penelitian asli yang akurat.
  • Penulis menuliskan setiap acuan yang digunakan dalam naskah sesuai kaidah penulisan ilmiah.
  • Penulis harus memastikan bahwa naskah yang ditulis bebas plagiarisme.
  • Penulis dapat memastikan bahwa naskah yang dikirimkan pada Jurnal Psikologi belum pernah dimuat di media lain, dan sedang tidak dikirimkan kepada jurnal lain.
  • Penulis harus menyepakati mengenai peran masing-masing kontributor dalam penulisan artikel dan telah menyepakati sebelumnya tentang penulisan penulis utama dan penulis pendamping.
  • Penulis memastikan bahwa kegiatan penelitian dilakukan sesuai kode etik psikologi.
  • Ketika penulis menemukan kesalahan yang signifikan atau ketidaktepatan dalam naskahnya yang telah diterbitkan, penulis memiliki kewajiban untuk segera memberitahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki.

 

Frequently Asked Questions (FAQ)

Berikut ini kami rangkum pertanyaan yang seringkali kami terima beserta jawaban atas pertanyaan tersebut. Jika terdapat pertanyaan di luar yang tercantum di FAQ, pertanyaan dapat dilayangkan kepada kami melalui email.


Tentang Jurnal Psikologi

 

Q: Apa itu Jurnal Psikologi

A: Jurnal Psikologi merupakan media komunikasi publikasi ilmiah di bidang ilmu Psikologi yang diterbitkan oleh Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.

 

Q: Dimana kantor Jurnal Psikologi Berada?

A: Kantor Jurnal Psikologi bertempat di Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro, Jl. Prof. H. Soedarto, S.H. – Tembalang Semarang, Indonesia 50275

 

Q: Kapan saja Jurnal Psikologi diterbitkan?

A: Jurnal Psikologi terbit reguler dua kali dalam satu tahun (bulan April dan Oktober).

 

Q: Bagaimana saya dapat mengetahui bahwa artikel saya dalam ruang lingkup untuk Jurnal Psikologi?

A: Penulis dapat mempelajari tentang ruang lingkup dan focus jurnal kami pada bagian "About", demikian juga pada artikel-artikel yang kami terbitkan. 

 

Q: Apakah terdapat batasan jenis artikel yang diterbitkan oleh Jurnal Psikologi?

A: Ya, Jurnal Psikologi hanya dapat menerbitkan artikel berupa penelitian empiris, sehingga artikel review tidak dapat kami terima.

 

Q: Bagaimana saya dapat memesan Jurnal Psikologi edisi cetak?

A: Pemesanan Jurnal Psikologi dapat melalui Ibu Yuana dengan mengirimkan email ke yuanaundip@gmail.com

 

Submission

 

Q: Bagaimana cara mengirimkan artikel saya ke Jurnal Psikologi?

A: Semua artikel harus dikirimkan melalui sistem pengiriman online, dimana status artikel dapat dengan mudah dilacak. Pengguna baru harus mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk mendapatkan username dan password. Pengiriman artikel dalam bentuk MS Word. Penulis dapat menuju bagian “Submission” kemudian “Author Guidelines” untuk mendapatkan informasi mengenai petunjuk bagi penulis Jurnal Psikologi.

 

Q: Bagaimana penulis dapat bergabung dan memiliki akun di Jurnal Psikologi?

A: Penulis dapat menuju pada bagian “Submissions” kemudian “Go to Registrastion” dan melengkapi formulir yang diminta dan mendaftar. Setelah mendapatkan akun, penulis dapat login pada bagian “Login”

 

Q: Haruskah saya menggunakan template untuk pengiriman?

A: Penulis diharuskan memformat naskah sesuai dengan template standar yang ditetapkan Jurnal Psikologi.

 

Q: Apakah terdapat batasan kata atau halaman untuk artikel yang diterima untuk diterbitkan dalam Jurnal Psikologi?

A: Tidak ada batasan kata atau halaman yang ditetapkan oleh pihak Jurnal psikologi. Namun, perlu mempertimbangkan kepadatan tulisan agar lebih nyaman dibaca oleh pembaca.

 

Q: Apakah terdapat biaya publikasi yang dikenakan untuk artikel yang diterbitkan dalam Jurnal Psikologi?

A: Setiap artikel yang dikirimkan ke kantor editorial Jurnal Psikologi tidak dipungut biaya apapun termasuk gratis biaya pemrosesan artikel. Biaya publikasi ditanggung penerbit Jurnal Psikologi.

 

Q: Kapan saja waktu penerimaan artikel dibuka?

A: Penerimaan artikel kami buka sepanjang waktu, proses penerimaan artikel melewati proses review oleh editor dan mitra bebestari, sehingga waktu penerbitan tergantung pada hasil dan lamanya proses review.

 

Q: Apakah penulis artikel yang dipublikasi di Jurnal Psikologi mendapatkan sertifikat?

A: Tidak, namun jika dibutuhkan, pihak Editorial dapat memberikan surat keterangan penerimaan artikel.

 

Q: Apakah penulis dapat menerima surat keputusan penerimaan artikel sebelum artikel terbit?

A: Ya, penulis dapat meminta surat keputusan penerimaan artikel sebelum artikel terbit untuk dibuatkan leh pihak Editorial Jurnal Psikologi

 

Q: Bagaimana saya mengetahui bahwa artikel yang saya kirimkan telah diterima oleh pihak Jurnal Psikologi?

A: Anda akan menerima konfirmasi begitu Anda berhasil mengunggah artikel. Artikel Anda akan diperiksa dan diteruskan ke editor yang akan memulai tinjauan pendahuluan. Jika terdapata masalah dengan naskah yang Anda unggah, Anda akan dihubungi oleh pihak Editor.

 

Q: Bagaimana saya dapat mengetahui status artikel yang telah saya unggah di Jurnal Psikologi?

A: Penulis dapat memonitor secara online, melalui laman https://ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi dengan login menggunakan akun penulis.

 

Proses Review

 

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan dari artikel diunggah hingga dapat diterbitkan?

Proses penerbitan artikel di Jurnal Psikologi melalui tahapan editorial sesuai standar yang diterapkan di jurnal nasional terakreditasi maupun jurnal internasional. Proses tersebut meliputi:

1. Reviu awal oleh editor.

2. Reviu lanjutan oleh 2 orang mitra bestari.

3. Keputusan sementara editor yang berisi apakah artikel tersebut diterima tanpa revisi, diterima dengan revisi, atau tidak diterima.

4. Proses revisi artikel (bagi artikel yang diterima dengan revisi) hingga mencapai standar yg ditetapkan jurnal sesuai masukan dari mitra bestari.

5. Penerbitan artikel (bagi artikel yang diterima dan telah selesai proses revisinya)

 

Proses reviu artikel di Jurnal Psikologi berkisar antara 2 minggu (untuk tahap quick review: keputusan lanjut reviu atau reject) hingga 3 bulan (bergantung pada cepat tidaknya proses review oleh reviewer/mitra bestari dan proses revisi penulis).

 

Q: Bagaimana proses peer review yang diterapkan oleh Jurnal Psikologi?

A: Proses peer review yang diterapkan oleh Jurnal Psikologi dilihat pada halaman “About” bagian “Peer Review Process/Policy”