skip to main content

Analisa Parameter Hidrodinamika Remotely Operated Vehicle (ROV) Kelas Obervasi

*Dhimas Satria  -  Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
Romi Wiryadinata  -  Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
Ni Ketut Caturwati  -  Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
Haryadi Haryadi  -  Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
Imron Rosyadi  -  Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2019 ROTASI

Citation Format:
Abstract
Remotely Operated Vehicle (ROV) teknologi observasi bawah laut di perairan selat Sunda yang telah dikembangkan memiliki keterbatasan dari segi manuver, yaitu hanya dapat bergerak vertical dengan kedalaman yang terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan parameter hidrodinamika yang terbaik, yaitu matriks inersia, matrik coriolis, dan redaman hidrodinamika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode fixed mesh, dimana diasumsikan fluida bergerak pada kecepatan dimana ROV bergerak dan model ROV diam (statik). Representasi gerak ROV dengan mengubah kemiringan ROV terhadap arah aliran fluida. Hasil dari penelitian adalah parameter hidrodinamika, yaitu  (matriks inersia benda tega ROV),  (Matriks koefisien untuk benda tega Coriolis),  (inersia hidrodinamika),  (matriks koefisien untuk hidrodinamika dengan Coriolis dan nilai sentripetal) memberikan koefisien inersia badan ROV kerangka rotasi terhadap titik pusat bumi. Sedangkan parameter hidrodinamika yaitu redaman hidrodiniamika menggambarkan gaya redaman hidrodinamika dan momen berkerja terhadap gerak relatif antara badan kendaraan dengan fluida
Fulltext View|Download
Keywords: ROV; Hidrodinamika; Manuver

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-19 07:53:36

No citation recorded.