skip to main content

Sebuah Solusi Pada Engine Berkompresi Rendah Agar Sesuai dengan BBM Non Subsidi

*Yazmendra Rosa orcid  -  Politeknik Negeri Padang, Indonesia
Dian Wahyu  -  Politeknik Negeri Padang, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2021 ROTASI

Citation Format:
Abstract

Penggunaan sepeda motor lama/jadul di Indonesia saat ini masih tinggi. Adanya kebijakan pengurangan BBM bersubsidi oleh pemerintah menciptakan masalah baru, salah satunya berdampak pada engine-engine yang memiliki kompresi rendah. Penggunaan pertalite/premium pada motor jadul menyebabkan pembakaran yang kurang sempurna, sehingga mempersingkat usia pakai kendaraan.

Penelitian ini bertujuan untuk mencari solusi permasalahan tersebut dengan cara menyesuaikan konfigurasi engine motor lama dengan karakteristik BBM pertalite/pertamax. Permasalahan ini dapat ditemukan dengan meneliti satu sampel motor lama yang memiliki kompresi 8,8: 1 dengan metoda 8 langkah troubleshooting yang diadobsi dari caterpillar.

Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan rasio kompresi dari 8,8: 1 menjadi 10,9: 1 dapat mempercepat proses cranking dari 36 detik menjadi 2 detik, dan penggunaan BBM tipe pertalite atau pertamax pada sepeda motor ini menjadi cocok dengan konfigurasi engine yang baru, hal ini berdampak pada konsumsi BBM yang lebih irit dari 52 km/l menjadi 76 km/l.
Fulltext View|Download
Keywords: motorcycle, engine, fuel oil

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-12 07:14:15

No citation recorded.