BibTex Citation Data :
@article{ROTASI37384, author = {Budi Setiyana}, title = {Analisis dan Modifikasi Rangka Mobil Antawirya Menggunakan Metode Elemen Hingga}, journal = {ROTASI}, volume = {23}, number = {2}, year = {2021}, keywords = {Antawirya, mobil, rangka, rollbar}, abstract = { Tim Antawirya merupakan tim yang sedang melakukan riset dan pengembangan pada mobil untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. Salah satu usahanya adalah memodifikasi rangka mobil dengan cara mengurangi berat rangka tetapi masih tetap mempertimbangkan aspek keamanan. Dalam penelitian ini akan dianalisis desain rangka yang sudah ada untuk mengetahui distribusi tegangan ( stress ) dan juga perpindahan ( displacement ) dengan Metoda Elemen Hingga. Dari data tersebut akan diperoleh faktor keamanan dari rangka tersebut. Simulasi dilakukan dengan memberikan beban statis normal dan beban statis rollbar . Pembebanan statis normal berupa berat dari komponen driver , bodi dan engine , sedangkan beban statis rollbar diberikan dari arah atas, samping kanan, samping kiri, depan dan belakang. Dari analisis didapat, rangka asli mobil Antawirya 2019 memiliki faktor kemanan dengan kondisi beban statis normal sebesar 6.05, sedangkan pada kondisi beban rollbar atas, samping kanan, samping kiri, depan, dan belakang secara berututan sebesar 4.75, 1.17, 1.28, 2.17, dan 5.18. Penelitian ini menghasilkan sebuah desain rangka modifikasi mobil Antawirya 2019 dengan angka keamanan untuk kondisi beban statis normal sebesar 3.40 dan beban statis rollbar dari arah atas, samping kanan, samping kiri, depan, dan belakang secara berurutan sebesar 2.39, 1.31, 2.29 dan 1.04. Berat rangka dapat dikurangi sebesar 30,76 % dari rangka sebelumnya, yaitu dari 9.1 kg menjadi 6.3 Kg. }, issn = {2406-9620}, pages = {50--56} doi = {10.14710/rotasi.23.2.%p}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/rotasi/article/view/37384} }
Refworks Citation Data :
Tim Antawirya merupakan tim yang sedang melakukan riset dan pengembangan pada mobil untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. Salah satu usahanya adalah memodifikasi rangka mobil dengan cara mengurangi berat rangka tetapi masih tetap mempertimbangkan aspek keamanan. Dalam penelitian ini akan dianalisis desain rangka yang sudah ada untuk mengetahui distribusi tegangan (stress) dan juga perpindahan (displacement) dengan Metoda Elemen Hingga. Dari data tersebut akan diperoleh faktor keamanan dari rangka tersebut. Simulasi dilakukan dengan memberikan beban statis normal dan beban statis rollbar. Pembebanan statis normal berupa berat dari komponen driver, bodi dan engine, sedangkan beban statis rollbar diberikan dari arah atas, samping kanan, samping kiri, depan dan belakang. Dari analisis didapat, rangka asli mobil Antawirya 2019 memiliki faktor kemanan dengan kondisi beban statis normal sebesar 6.05, sedangkan pada kondisi beban rollbar atas, samping kanan, samping kiri, depan, dan belakang secara berututan sebesar 4.75, 1.17, 1.28, 2.17, dan 5.18. Penelitian ini menghasilkan sebuah desain rangka modifikasi mobil Antawirya 2019 dengan angka keamanan untuk kondisi beban statis normal sebesar 3.40 dan beban statis rollbar dari arah atas, samping kanan, samping kiri, depan, dan belakang secara berurutan sebesar 2.39, 1.31, 2.29 dan 1.04. Berat rangka dapat dikurangi sebesar 30,76 % dari rangka sebelumnya, yaitu dari 9.1 kg menjadi 6.3 Kg.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-10-16 14:57:33
Penerbit: Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro
Alamat Redaksi: Gedung Administrasi Lantai II Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik Undip Telp.(024)7460059, Facsimile: (024)7460059 ext.102 Email: rotasi@live.undip.ac.id