skip to main content

Pengaruh Layer Height, Nozzle Temperature, dan Printing Speed Terhadap Tingkat Kekasaran pada Keycaps Mechanical Keyboard dengan Filamen 3d Printing Polyethylene Terephthalate Glycol (PETG)

Muhammad Hafri Evan Tofianto  -  Teknik Mesin Universitas Jembar, Indonesia
Dwi Djumhariyanto  -  Teknik Mesin, Universitas Jember, Indonesia
*Muhammad Trifiananto  -  Teknik Mesin, Universitas Jember, Jl. Kalimantan No.37, Krajan Timur, Sumbersari, Kec. Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68121, Indonesia
Ahmad Syuhri  -  Teknik Mesin, Universitas Jember, Indonesia
Agus Triono  -  Teknik Mesin, Universitas Jember, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2023 ROTASI

Citation Format:
Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kekasaran keucaps keyboard mekanik dengan menggunakan filamen PETG. Pada penelitian ini, teknik 3D printing yang digunakan adalah metode FDM yang merupakan teknik pembuatan 3D printing yang paling populer. Penelitian ini mengukur kekasaran keycaps berbasis PETG (Polyethylene terephthalate glycol) dengan kombinasi parameter bebas dari tinggi lapisan, suhu nozzle, dan kecepatan pencetakan. Menggunakan array ortogonal Taguchi (44 ) dengan 4 level untuk setiap faktor digunakan untuk mengetahui pengaruh setiap parameter terhadap kekasaran permukaan. Masing-masing dari 16 percobaan diulang 3 kali untuk meminimalkan terjadinya kesalahan. Tinggi lapisan, suhu nozzle, dan kecepatan pencetakan memiliki pengaruh masing-masing sebesar 76,9%, 9,17%, dan 2,89%, terhadap kekasaran permukaan. suhu nozzle, dan kecepatan pencetakan dianggap sebagai parameter yang tidak berdampak pada kekuatan tarik. Parameter tinggi lapisan menunjukkan bahwa semakin rendah nilai kekasaran permukaan yang dihasilkan semakin baik. Selanjutnya kombinasi terbaik antara tinggi lapisan 0,12 mm, suhu nozzle 220˚C, dan kecepatan cetak 60 mm/s, merupakan kombinasi parameter optimum yang memiliki kekasaran permukaan terendah sebesar 1,906 µm.

Fulltext View|Download
Keywords: FDM, pencetakan 3D, PETG, Kekasaran permukaan, Keycaps

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-20 01:33:48

No citation recorded.