BibTex Citation Data :
@article{ROTASI62671, author = {Muhammad Ibrahim and Ahmad Fauzi and Hadi Wahyudi}, title = {Analisis Computational Fluid Dynamics (CFD) Winglet Pesawat Hercules C-130J TNI AU}, journal = {ROTASI}, volume = {26}, number = {2}, year = {2024}, keywords = {winglet; cant angle; computational fluid dynamics; lift coefficient; drag coefficient}, abstract = { Winglet adalah ekstensi vertikal atau miring pada ujung sayap yang berfungsi untuk mengurangi gaya hambat induced drag dan meningkatkan performa aerodinamika sayap. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penambahan winglet pada sayap pesawat Hercules C-130J. Variasi yang dianalisis meliputi jenis winglet ( canted dan blended ) dan sudut cant (30°, 60°, dan 90°) terhadap lift performance sayap seperti koefisien angkat (C L ) dan koefisien hambat (C D ). Analisis dilakukan menggunakan metode simulasi computational fluid dynamics (CFD) dengan perangkat lunak Ansys Fluent 2022 R1. Hasil menunjukkan bahwa winglet jenis blended pada sudut cant 30° merupakan yang terbaik, dengan meningkatkan rasio lift terhadap drag (C L /C D ) sebesar 3.3% dan mengurangi pembentukan trailing vortices di ujung sayap. }, issn = {2406-9620}, pages = {38--44} doi = {10.14710/rotasi.26.2.38-44}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/rotasi/article/view/62671} }
Refworks Citation Data :
Winglet adalah ekstensi vertikal atau miring pada ujung sayap yang berfungsi untuk mengurangi gaya hambat induced drag dan meningkatkan performa aerodinamika sayap. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penambahan winglet pada sayap pesawat Hercules C-130J. Variasi yang dianalisis meliputi jenis winglet (canted dan blended) dan sudut cant (30°, 60°, dan 90°) terhadap lift performance sayap seperti koefisien angkat (CL) dan koefisien hambat (CD). Analisis dilakukan menggunakan metode simulasi computational fluid dynamics (CFD) dengan perangkat lunak Ansys Fluent 2022 R1. Hasil menunjukkan bahwa winglet jenis blended pada sudut cant 30° merupakan yang terbaik, dengan meningkatkan rasio lift terhadap drag (CL/CD) sebesar 3.3% dan mengurangi pembentukan trailing vortices di ujung sayap.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-11-18 12:23:10
Penerbit: Departemen Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro
Alamat Redaksi: Gedung Administrasi Lantai II Departemen Teknik Mesin Fakultas Teknik Undip Telp.(024)7460059, Facsimile: (024)7460059 ext.102 Email: rotasi@live.undip.ac.id