skip to main content

ETIKA KEWARGANEGARAAN DALAM SERAT WULANGREH

*Amat Zuhri  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Wulangreh is literature that contains piwulang written by Pakubuwana IV which it talks about the necessities to live and follow ethical kekratonan that has institutionalized. Although parts of this Wulangreh varies, but one thing that is clear is about the worship of the state, and more specifically the service to the king. Even likely be mentioned that the entire network of ethics and manners that diwejangkan stringing provisions or imperatives to devotion to the country and the king.
Among the ethics that must be upheld by the citizens of the king is a necessity for absolute ruler without criticizing everything, and moral policy by not reveal ugliness. Ethics as it is based on the belief that the ruler is as representative of the Lord of all policies will always be true, so if it does not carry, let alone criticize, someone will meet disaster.
Serat Wulangreh adalah karya sastra yang berisi piwulang yang ditulis oleh Paku Buwana IV yang isinya berbicara tentang keharusan-keharusan menghayati dan mengikuti etik kekratonan yang telah terlembagakan. Meskipun bagian-bagian dari Serat Wulangreh ini bervariasi, namun satu hal yang jelas adalah soal kebaktian kepada negara, dan lebih khusus lagi kebaktian kepada raja. Bahkan mungkin sekali dapat disebutkan bahwa seluruh jaringan etik dan tatakrama yang diwejangkan itu merangkai ketentuan-ketentuan atau keharusan-keharusan kepada pengabdian terhadap negara dan sang raja.
Di antara etika yang yang harus dijunjung tinggi oleh warga negara terhadap raja adalah keharusan untuk mentaati penguasa secara mutlak tanpa mengkritik segala kebijakan serta moralnya dengan cara tidak membeberkan kejelekannya. Etika seperti itu didasarkan pada keyakinan bahwa penguasa adalah sebagai wakil Tuhan tentu segala kebijakannya akan selalu benar, sehingga apabila tidak melaksanakan, apalagi sampai mengkritiknya, seseorang akan menemui petaka
Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-04-25 15:15:08

No citation recorded.