Jurusan Sastra Indonesia, Universitas Diponegoro, Jl. Dr. Antonius Suroyo, Tembalang, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50275, Indonesia
BibTex Citation Data :
@article{SABDA64155, author = {Sari Puspita Wahyuningsih and Ken Widyatwati and Siti Komariya}, title = {Transformasi Novel Dignitate Karyah Hana Margaretha ke Film Dignitate Karya Fajar Nugros (Kajian Ekranisasi)}, journal = {Sabda: Jurnal Kajian Kebudayaan}, volume = {19}, number = {1}, year = {2024}, keywords = {novel;film;ekranisasi;transformasi;Dignitate}, abstract = { Ekranisasi adalah proses adaptasi suatu karya dari bentuk aslinya, seperti novel, cerita pendek, drama, atau sumber nonfisik, menjadi skenario untuk film, televisi, atau media visual lainnya. Penelitian ini fokus analisis pada transformasi novel Dignitate ke dalam bentuk film Dignitate dengan menggunakan pendekatan ekranisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan berbagai aspek dalam proses ekranisasi seperti pensilutan, penambahan, dan perubahan variasi yang terjadi selama novel Dignitate diadaptasi menjadi film Dignitate. Penelitian ini menggunakan teori yang meliputi teori struktur fiksi, teori naratif film, alih wahana, dan ekranisasi. Metode yang digunakan adalah deskriptif komparatif dan data dikumpulkan melalui studi pustaka. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi membaca, menonton, dan mencatat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses transformasi berhasil mengubah karya sastra dari bentuk novel menjadi media baru, yaitu film. Pada Novel Dignitate yang diubah menjadi film telah mengalami beberapa perubahan yang signifikan, yaitu pada tokoh dan penokohan, alur dan pengaluran, serta latar dan pelatarannya. Proses ekranisasi pada novel Dignitate yang diubah menjadi film telah menghasilkan beberapa pengurangan, penambahan, dan perubahan variasi. Pada proses pengurangan terdapat 15 pengurangan pada elemen tokoh, 14 pengurangan pada elemen latar, dan 7 pengurangan pada peristiwa dalam alur cerita. Pada proses penambahan terdapat 6 penambahan pada elemen tokoh, 6 penambahan pada elemen latar, dan penambahan 5 peristiwa dalam alur cerita. Jika pada perubahan variasi terdapat 2 perubahan variasi pada unsur tokoh, 4 perubahan variasi pada unsur latar, dan 7 perubahan variasi dalam alur cerita. }, issn = {2549-1628}, pages = {90--100} doi = {10.14710/sabda.19.1.90-100}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/sabda/article/view/64155} }
Refworks Citation Data :
Ekranisasi adalah proses adaptasi suatu karya dari bentuk aslinya, seperti novel, cerita pendek, drama, atau sumber nonfisik, menjadi skenario untuk film, televisi, atau media visual lainnya. Penelitian ini fokus analisis pada transformasi novel Dignitate ke dalam bentuk film Dignitate dengan menggunakan pendekatan ekranisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan berbagai aspek dalam proses ekranisasi seperti pensilutan, penambahan, dan perubahan variasi yang terjadi selama novel Dignitate diadaptasi menjadi film Dignitate. Penelitian ini menggunakan teori yang meliputi teori struktur fiksi, teori naratif film, alih wahana, dan ekranisasi. Metode yang digunakan adalah deskriptif komparatif dan data dikumpulkan melalui studi pustaka. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi membaca, menonton, dan mencatat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses transformasi berhasil mengubah karya sastra dari bentuk novel menjadi media baru, yaitu film. Pada Novel Dignitate yang diubah menjadi film telah mengalami beberapa perubahan yang signifikan, yaitu pada tokoh dan penokohan, alur dan pengaluran, serta latar dan pelatarannya. Proses ekranisasi pada novel Dignitate yang diubah menjadi film telah menghasilkan beberapa pengurangan, penambahan, dan perubahan variasi. Pada proses pengurangan terdapat 15 pengurangan pada elemen tokoh, 14 pengurangan pada elemen latar, dan 7 pengurangan pada peristiwa dalam alur cerita. Pada proses penambahan terdapat 6 penambahan pada elemen tokoh, 6 penambahan pada elemen latar, dan penambahan 5 peristiwa dalam alur cerita. Jika pada perubahan variasi terdapat 2 perubahan variasi pada unsur tokoh, 4 perubahan variasi pada unsur latar, dan 7 perubahan variasi dalam alur cerita.
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-11-20 15:22:49
The Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, copyright of the article shall be assigned to SABDA: Jurnal Kajian Kebudayaan and Faculty of Humanities Diponegoro University as publisher of the journal.
Copyright encompasses exclusive rights to reproduce and deliver the article in all form and media, including reprints, photographs, microfilms and any other similar reproductions, as well as translations. The reproduction of any part of this journal, its storage in databases and its transmission by any form or media, such as electronic, electrostatic and mechanical copies, photocopies, recordings, magnetic media, etc. , will be allowed only with a written permission from SABDA: Jurnal Kajian Kebudayaan and Faculty of Humanities Diponegoro University.
SABDA: Jurnal Kajian Kebudayaan and Faculty of Humanities Diponegoro University and the Editors make every effort to ensure that no wrong or misleading data, opinions or statements be published in the journal. In any way, the contents of the articles and advertisements published in JTSiskom journal are sole and exclusive responsibility of their respective authors and advertisers.
View My Stats