skip to main content

Peran Pengetahuan dan Literasi Digital dalam Keberlanjutan UMKM Antoaquarium & Art di Desa Branjang, Ungaran Barat

1Program Studi Administrasi Publik, Departemen Administrasi Publik, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, Tembalang, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50139, Indonesia

2Program Studi Sastra Indonesia, Departemen Sastra, Universitas Diponegoro, Jl. Dr. Antonius Suroyo, Tembalang, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50275, Indonesia

3Program Studi Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Departemen Ilmu Perpustakaan, Universitas Diponegoro, Universitas Diponegoro, Jl. Dr. Antonius Suroyo, Tembalang, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50275, Indonesia

4 Program Studi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Departemen Administrasi Bisnis, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, Tembalang, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50139, Indonesia

5 Program Studi Teknik Infrastruktur Sipil dan Perancangan Arsitektur, Departemen Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro, Jl. Gubernur Mochtar, Tembalang, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50275, Indonesia

6 Program Studi Peternakan, Departemen Peternakan, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto, Tembalang, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

7 Program Studi Kimia, Departeman Kimia, Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedarto No.50275, Tembalang, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50275, Indonesia

8 Program Studi Ekonomi Islam, Departeman Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Moeljono S. Trastotenojo, Tembalang, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah 50275, Indonesia

View all affiliations
Received: 21 Jun 2025; Published: 8 Dec 2025.
Editor(s): Yuniardi Fadilah

Citation Format:
Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian lokal Indonesia, namun sering menghadapi tantangan keberlanjutan seperti keterbatasan modal, akses pasar, dan adopsi teknologi digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pengetahuan dan literasi digital dalam mendukung keberlanjutan UMKM Antoaquarium & Art di Desa Branjang, Ungaran Barat, yang berfokus pada produksi aquascape berbahan lokal. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus instrumental tunggal, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sumber daya manusia, seperti pengalaman dan keterampilan desain Mas Bagas, serta sumber daya tangible seperti kayu senggani, memberikan keunggulan kompetitif. Namun, rendahnya literasi digital, ditunjukkan oleh minimnya pemanfaatan media sosial, ketiadaan katalog digital, dan ketergantungan pada pemasaran konvensional, menghambat ekspansi pasar. Modal sosial yang kuat dengan pelanggan grosir mendukung stabilitas usaha, tetapi kurangnya jaringan eksternal membatasi pertumbuhan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa peningkatan literasi digital melalui pelatihan dan penguatan modal sosial dapat mengoptimalkan sumber daya untuk keberlanjutan UMKM Antoaquarium & Art, memungkinkan ekspansi pasar dan daya saing yang lebih baik di era digital.

Fulltext View|Download
Keywords: Aquascape; digital literacy; MSMEs; social capital; sustainability

Article Metrics:

  1. Ario Johan, B., & Lukviana Wati, V. (2023). TRANSFORMASI DIGITAL UMKM: MENGGALI PELUANG DAN TANTANGAN ERA ONLINE SHOP DI INDONESIA. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 7(3), 2025–2051
  2. Bening, S. A., Dachyar, M., Pratama, N. R., Park, J., & Chang, Y. (2023). E-Commerce Technologies Adoption Strategy Selection in Indonesian SMEs Using the Decision-Makers, Technological, Organizational and Environmental (DTOE) Framework. Sustainability (Switzerland), 15(12). https://doi.org/10.3390/su15129361
  3. Damayanti, V. (t.t.). STRATEGI PEMASARAN BERKELANJUTAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PT. SUN POWER CERAMICS DI ERA DIGITAL : PENDEKATAN INOVATIF DAN PRAKTIS. 9(1), 2025
  4. Fachrysa Halik, R. A., Rifin, A., & Jahroh, S. (2020). PENGARUH KEMTRAAN TERHADAP KINERJA USAHA MIKRO DAN KECIL TAHU DI INDONESIA. Jurnal Agribisnis Indonesia, 8(2), 164–174. https://doi.org/10.29244/jai.2020.8.2.164-174
  5. Fahiraningrum, T. O., & Richard, R. (2020). The Analysis of Factors That Influences People Intention to Use in Electronic Money. PIKSEL : Penelitian Ilmu Komputer Sistem Embedded and Logic, 8(2), 83–90. https://doi.org/10.33558/piksel.v8i2.2271
  6. Febrianawati, Nindy Puspitasari, & Nur Hidayat. (2024). Mendorong Kinerja UMKM Kuliner Pontianak Go Digital: Peran Literasi Digital dan Entrepreneur Literacy. Jurnal Manajemen dan Perbankan (JUMPA), 11(3), 47–58. https://doi.org/10.55963/jumpa.v11i3.690
  7. Gia Fadlurahman, F., Jalilah Fitria, I., Kunci, K., BUMN Bandung, R., Sumber Daya Manusia, K., & Karyawan, K. (t.t.). ANALISIS KETERBATASAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KINERJA PADA RUMAH BUMN BANDUNG
  8. Gilster, P. (1997). Digital Literacy. John Wiley & Sons. Inc
  9. Kerangka Acuan Global tentang Keterampilan Literasi Digital untuk Indikator 4.4.2. (2018). http://www.unesco.org/open-access/terms-use-ccbysa-en
  10. Konsep-konsep Esensial dari Human Theory. (t.t.)
  11. Mulyati, I., Mansyuruddin, M., Adrianus, A., Bahari, Y., & Warneri, W. (2023). Proses Difusi Inovasi dalam Penerapan Metode Pengajaran Baru. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 5(6), 2425–2433. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.5769
  12. Rina Maretasari, Sudarmiatin Sudarmiatin, & Puji Handayati. (2025). Pengaruh Resource-Based View terhadap Innovation Performance pada UMKM Ekspor: Peran Moderasi Government Information Access. Jurnal Manajemen Bisnis Era Digital, 2(2), 62–75. https://doi.org/10.61132/jumabedi.v2i2.511
  13. Santoso, G., Rizal, M., Wiyana, H., Nabila Subagja, S., Muhammadiyah Jakarta, U., & Teknologi Muhammadiyah Jakarta, U. (t.t.). JUBISDIGI: Jurnal Bisnis Digital. https://doi.org/10.9030/jubisdigi.v1i1
  14. Sulistyo, A., Eko Yudiandri, T., & Ernawati, H. (2022). LITERASI DIGITAL PELAKU UMKM DALAM UPAYA MENCIPTAKAN BISNIS BERKELANJUTAN. Jurnal Komunikasi Pemberdayaan, 1(2)
  15. Tooy, C. (t.t.). DAMPAK DIGITALISASI PERDAGANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DARI OFFLINE MENJADI ONLINE SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 1 Oleh: Andreas B. Mokodaser 2 Marchel Maramis 3. https://www.bkpm.go.id/id/publikasi/
  16. Utomo, B., & Setiyono, Y. Y. (2024). Leveraging Digital Technology in Micro SMEs to Enhance Indonesia’s Economic Prosperity. Jurnal Lemhannas RI, 12(3), 391–402. https://doi.org/10.55960/jlri.v12i3.985
  17. Windi Octaviani, Gustina Sari, Diva Alnaya, & Putri Kemala Dewi. (2024). Analisis Implementasi Pendidikan dan Pelatihan Human Capital di Industri Kreatif. Economic Reviews Journal, 3(3). https://doi.org/10.56709/mrj.v3i3.268
  18. (Zuhdi & Prasetyo, 2022). (t.t.)

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2025-12-08 13:34:04

No citation recorded.