Peningkatan Kinerja Keputusan Pembelian melalui Penilaian Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Loyalitas Merek dan Persepsi Kualitas menggunakan Metode Regresi Ganda: Studi Kasus Pembelian Truk di PT AIIS

Improving Purchase Decision Performance by Examining Brand Awareness, Association, Loyalty and Quality Perception using Multiple Regression Method: A Case Study of Truck Purchasing in PT AIIS

*Novie Susanto -  Departemen Teknik Industri Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia, Indonesia
Dyah Ika Rinawati -  Departemen Teknik Industri Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia, Indonesia
Fery Ramadhani -  Departemen Teknik Industri Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia, Indonesia
Diterbitkan: 31 Mei 2019.
Akses Terbuka
Citation Format:
Article Info
Bagian: Artikel
Bahasa: ID
Teks Lengkap:
Statistik: 199 94
Sari
Data penjualan dan pangsa pasar produk truk merek ILT di PT AIIS terus menurun selama periode 2014-2016. Berdasarkan temuan ini, penelitian ini menganalisis bagaimana penjualan dan pangsa pasar truk dapat ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian ILT di PT. AIIS. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa hanya kesadaran merek dan variabel kualitas yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ILT. Kesadaran merek merupakan faktor dominan yang mempengaruhi keputusan pembelian. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,521 menunjukkan bahwa 52,1% variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh empat variabel independen dalam persamaan regresi sedangkan sisanya sebesar 47,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci
merek; persepsi; loyalitas; keputusan; pembelian; truk

Article Metrics:

  1. Aaker J. L. (1997). Dimensions of brand personality. Journal of marketing research. Vol 34, No.3 (Aug., 1997), 347-356.
  2. Astuti, S.W., and Cahyadi, I. (2007), “Pengaruh Elemen Ekuitas Merek terhadap Rasa Percaya Diri Pelanggan di Surabaya atas Keputusan Pembelian Kartu Perdana IM3”, Majalah Ekonomi, 17 (2), 145-146.
  3. Durianto, D., & Sugiarto, T. S. (2001). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
  4. Fadhilah, A. (2015). “Pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas dan Loyalitas Merek terhadap Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha, V-Ixion”. Jurnal MIX, Volume VI, No. 2, Juni 2015. 188-205.
  5. Gunawardane. N. A., (2015). “Impact of Brand Equity towards Purchasing Decision: A Situation on Mobile Telecommunication Services of Sri Lanka”. Journal of Marketing Management June 2015, Vol. 3, No. 1, pp. 100-117.
  6. Hariyanto, W. F., Djaja, S., & Sukidin, S. (2017). Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Pembelian Motor Honda Beat DI Dealer Garuda Motor I Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 11(1), 140-147.
  7. Humdiana (2005). Strategi Pemasaran, Gramedia Pustaka Mizan Pustaka, Jakarta.
  8. Jalilvand, M.R. (2011). The Effect of Brand Equity Components on Purchase Intention, International Business and Management, 2 (2), 149-158.
  9. Jintu, E. D., Rodhiyah, R., and Wijayanto, A. (2013). Pengaruh Elemen-elemen Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Kijang Innova Pada PT. Nasmoco Pemuda Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 2(4), 43-50.
  10. Manzoor, A , & Shaikh, K. A. (2016). Brand Equity and Purchase Intention: The Indian Automobile Industry, Pakistan Business Review, 635-654.
  11. Mustofa, B dan Sutopo (2013). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Yamaha (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Diponegoro), Diponegoro Journal of Management, 1 (1), 1 – 11.
  12. Nigam, A., & Kaushik, R. (2011). Impact of brand equity on customer purchase decisions: An empirical investigation with special reference to hatchback car owners in central Haryana. International Journal of Computational Engineering & Management, 12, 121-128.
  13. Schiffman, L., & Kanuk, L. L., (2008), Perilaku Konsumen, Indeks, Jakarta.
  14. Silaen, Y. S., Hidayat, W., and Listyorini, S. (2015). Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Kia Picanto (Studi Pada Konsumen Kia Picanto Di Dealer Kia Mobil Dinamika Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis,4(2), 383-393.
  15. Soebianto, A. (2014). Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Brand Equity Sepeda Motor Merek Honda Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Di Kota Bandung. E-Journal Graduate Unpar, 1(1).