Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Jurnal TEKNIK (p-ISSN: 0852-1697e-ISSN: 2460-9919) di http://ejournal.undip.ac.id/index.php/teknik) adalah peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu rekayasa/keteknikan. Artikel-artikel yang dipublikasikan di Jurnal TEKNIK meliputi hasil-hasil penelitian ilmiah asli (prioritas utama), artikel ulasan ilmiah yang bersifat baru (tidak prioritas), atau komentar atau kritik terhadap tulisan ilmiah yang dipublikasikan oleh Jurnal TEKNIK.

Mulai tahun 2014, Jurnal TEKNIK hanya menerima artikel-artikel yang berasal dari hasil-hasil penelitian asli (prioritas utama), dan artikel ulasan ilmiah yang bersifat baru (tidak prioritas).

 

Kebijakan Bagian

FULL ARTICLE

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review

EDITORIAL INFORMATION

Tidak Dicentang Naskah Terbuka Tidak Dicentang Diindeks Tidak Dicentang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Artikel yang dikirimkan ke jurnal ini akan melewati 2 tahap review, yaitu pra-penelaahan (pre-review) dan penelaahan (review) substansi.

Pra-penelaahan artikel dilakukan oleh tim penyunting (editor) untuk melihat kesesuaian artikel dengan fokus dan ruang lingkup jurnal serta gaya selingkung. Pemeriksaan unsur plagiasi dilakukan melalui pencarian di Google Scholar dan Turnitin. Lama waktu Pra-penelaahan antara 1-2 minggu.

Penelaahan substansi dilakukan oleh setidaknya 2 orang mitra bestari (penelaah / reviewer) secara single-blind. Lama waktu review antara 3-8 minggu. Jika dikehendaki, reviewer dapat meminta review ulang setelah penulis merevisi artikelnya.

Keputusan diterima tidaknya artikel untuk diterbitkan menjadi kewenangan Ketua Editor berdasarkan rekomendasi dari para reviewer. Artikel yang telah dinyatakan diterima dan telah di-layout akan diterbitkan dalam nomor In Progress di nomor berikutnya sebelum nomor regular terbit sesuai jadwal agar segera dapat di-index dan citable.

Jika Anda menghendaki menjadi reviewer di jurnal TEKNIK, silahkan lengkapi isian formulir permohonan online. Anda harus menyertakan deskripsi bidang peminatan riset Anda. Kami akan mendaftarkan Anda sebagai reviewer dan penulis ke jurnal TEKNIK dalam 3 hari kerja. Informasi akun berupa username dan password akan dikirimkan ke email Anda.

Artikel-artikel yang dipublikasikan di jurnal TEKNIK direview terlebih dahulu oleh Mitra Bebestari (Reviewer) sebelum diterbitkan. Keputusan diterima atau tidaknya suatu naskah artikel dibuat oleh Ketua Penyunting dalam forum Sidang Dewan Penyunting berdasarkan atas rekomendasi atau komentar-komentar dari Mitra Bebestari (Reviewer).

Screening Plagiarism terhadap naskah-naskah yang masuk ke jurnal ini dilakukan dengan bantuan Google Scholar, Grammarly,  atau aplikasi Turnitin.

 

Sejarah

Jurnal TEKNIK pertama kali terbit pada tahun 1980, dalam format cetak. Pada tahun 2007, versi cetak Jurnal TEKNIK menerima nomor ISSN (p-ISSN: 0852-1697) kemudian mengembangkan versi online untuk membuka akses bagi komunitas yang lebih luas. Jurnal TEKNIK yang dapat diakses scara daring (online) adalah volume 27 yang diterbitkan pada tahun 2006. Dengan manajemen secara daring ini, pada tahun 2015, Jurnal TEKNIK mendapatkan nomor e-ISSN (e-ISSN: 2460 - 9919). Pada tahun yang sama, jurnal ini diindeks dalam DOAJ. Selain meningkatkan tata kelola, Jurnal TEKNIK juga berupaya meningkatkan kualitas publikasi, termasuk dengan menyediakan template untuk penulis. Template Jurnal TEKNIK telah mengalami beberapa perubahan, yaitu pada tahun 2012, 2014, dan 2018.

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal TEKNIK (ISSN:0852-1697) menyediakan akses terbuka seketika terhadap kontennya dengan berpegang pada prinsip bahwa dengan membuat penelitian tersedia secara bebas bagi publik akan mendukung pertukaran pengetahuan secara lebih global. Artikel yang dinyatakan diterima akan tersedia dan bebas diunduh dari portal Jurnal TEKNIK ini.

 

Article Processing Charge

Setiap artikel yang dikirimkan ke editorial Jurnal TEKNIK tidak dipungut biaya apapun termasuk gratis biaya pemrosesan artikel. Pembaca dapat melihat abstrak dan mengunduh fulltext artikel (PDF) secara bebas tanpa dipungut biaya apapun (open access).