Editorial Policies

Focus and Scope

Teknik (p-ISSN: 0852-1697; e-ISSN: 2460-9919; http://ejournal.undip.ac.id/index.php/jteknik) adalah peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu rekayasa/keteknikan. Artikel-artikel yang dipublikasikan di jurnal Teknik meliputi hasil-hasil penelitian ilmiah asli (prioritas utama), artikel ulasan ilmiah yang bersifat baru (tidak prioritas), atau komentar atau kritik terhadap tulisan yang ada di jurnal Teknik.

Jurnal Teknik diterbitkan oleh Fakultas Teknik Universitas Diponegoro. Jurnal Teknik menerima manuskrip atau artikel dalam bidang teknik/rekayasa dari berbagai kalangan akademisi dan peneliti baik nasional maupun internasional.

 

Section Policies

FULL ARTICLE

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

EDITORIAL INFORMATION

Unchecked Open Submissions Unchecked Indexed Unchecked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Artikel-artikel yang dipublikasikan di jurnal TEKNIK direview terlebih dahulu oleh Mitra Bebestari (Reviewer) sebelum diterbitkan. Keputusan diterima atau tidaknya suatu naskah artikel dibuat oleh Ketua Penyunting dalam forum Sidang Dewan Penyunting berdasarkan atas rekomendasi atau komentar-komentar dari Mitra Bebestari (Reviewer).

Screening Plagiarism terhadap naskah-naskah yang masuk ke jurnal ini dilakukan dengan bantuan Google Scholar atau aplikasi Turnitin.

 

History

Jurnal TEKNIK terbit pertama kali pada tahun 1980, dalam format cetak. Pada tahun 2007, Jurnal TEKNIK versi cetak mendapatkan nomor ISSN (p-ISSN: 0852-1697). Jurnal TEKNIK kemudian mulai mengembangkan versi online untuk membuka akses bagi masyarakat luas. Jurnal TEKNIK yang bisa diakses secara online adalah volume 27 terbitan tahun 2006. Sistem daring penuh untuk pengelolaan jurnal mulai diterapkan sejak tahun 2014. Dengan pengelolaan secara daring ini, maka pada tahun 2015 jurnal TEKNIK mendapatkan nomor E-ISSN (e-ISSN: 2460-9919). Pada tahun yang sama, jurnal jurnal TEKNIK terindeks dalam DOAJ. Selain upaya memperbaiki tata kelola, jurnal TEKNIK juga berusaha untuk meningkatkan kualitas publikasi, diantaranya dengan menyediakan template bagi para penulis. Template jurnal TEKNIK sendiri telah mengalami beberapa kali perubahan, yakni pada tahun 2012, 2014 dan tahun 2018.