skip to main content

Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Menggunakan Metode Agile dengan Dynamic System Development Model Guna Mendukung Gender Mainstreaming Strategy (Studi Kasus: Politeknik Caltex Riau)

Syevira Salsabila  -  Politeknik Caltex Riau, Indonesia
*Anggy Trisnadoli scopus  -  Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Caltex Riau, Indonesia
Istianah Muslim  -  Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Caltex Riau, Indonesia
Open Access Copyright (c) 2020 TEKNIK

Citation Format:
Abstract
Gender merupakan isu yang harus diperhatikan oleh setiap institusi pendidikan. Kesenjangan gender dalam berbagai masalah terkait pengelolaan institusi akan menimbulkan dampak terhadap ketidakadilan gender. Solusi dari permasalahan tersebut adalah adanya dokumen Rencana Strategi Pengarusutamaan Gender (Renstra PUG) pada setiap institusi pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah Sistem Informasi Monitoring menggunakan metode Agile dengan model Dynamic System Development Model (DSDM) guna Mendukung Gender Mainstreaming Strategy. Studi kasus pada Politeknik Caltex Riau.  Sistem informasi yang dibangun mampu menampilkan informasi yang update dan akurat. Ini mendukung pimpinan institusi dalam pengambilan keputusan dan penentuan kebijakan terhadap gender. Hasil penelitian telah diuji secara fungsional dan divalidasi oleh expert
Fulltext View|Download
Keywords: kesetaraan gender; gender mainstreaming strategy; agile; DSDM; renstra PUG

Article Metrics:

  1. Desmiwati. (2016). Quo Vadis Pengarusutamaan Gender (PUG) Dalam Kebijakan Publik Di Sekotr Kehutanan. Jurnal Penelitian Ekosistem Dipterokarpa, 2(2)
  2. Ilhamsyah, Rahmayudha, S. (2019). Perancangan Model Dashboard Untuk Monitoring Evaluasi Mahasiswa. Jurnal Informatika:Jurnal Pengembangan IT (JPIT), 1(2)
  3. Indah, D. R., Firdaus, M. A. (2016). Pengembangan Perangkat Lunak Sistem Informasi Monitoring Mahasiswa Bidikmisi Berbasis Web Menggunakan Pendekatan DSDM. Jurnal Informatika, 2(16)
  4. Muslim, M. A., Retno, N. A. (2014). Implementasi Cloud Computing Menggunakan Metode Pengembangan Sistem Agile. Scientific Journal of Informatics, 1(1)
  5. Pribadi, R. M. (2017). Integrasi RUP dan DSDM untuk Rancang Bangun Sistem Infromasi yang Komprehensif. Jurnal SISFOKOM, 01(06)
  6. Politeknik Caltex Riau. Selamat Datang di Kampus Politeknik Caltex Riau. Diakses dari https://pcr.ac.id/, tanggal 25 Juni 2018
  7. Politeknik Caltex Riau. (2018). Daftar Rencana Strategis Pengarusutamaan Gender Politeknik Caltex Riau (Renstra PUG PCR). Politeknik Caltex Riau.Riau

Last update:

  1. Systematic Literature Review Penerapan Metodologi Agile Dalam Berbagai Bidang

    Mutia sari Zulvi. Jurnal Komputer Terapan, 7 (2), 2021. doi: 10.35143/jkt.v7i2.5116

Last update: 2024-03-27 21:12:42

No citation recorded.