skip to main content

ANALISIS KINERJA JARINGAN INTERNET PADA LAYANAN ASTINET (STUDI KASUS : PT TELKOM WITEL JAWA TENGAH DAN DIY)

*Alifia Rizkiana  -  Departement Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia
Sukiswo Sukiswo  -  Departemen Teknik Elektro, Universitas Diponegoro
Eko Didik Widianto  -  Departement Sistem Komputer, Universitas Diponegoro, Indonesia
Dikirim: 7 Peb 2017; Diterbitkan: 31 Jan 2018.
Akses Terbuka Copyright (c) 2018 TRANSMISI

Citation Format:
Sari
Meningkatnya kebutuhan pengguna jaringan internet untuk mengakses informasi, maka dibutuhkan kinerja jaringan yang handal dan cepat. Dalam proses meningkatkan jaringan internet perlu dilakukan monitoring dan analisa jaringan. Proses analisa jam sibuk membantu administrator menentukan kualitas layanan dan kondisi trafik. Penelitian ini menggunakan Metode jam sibuk berupa Time Consistent Busy Hour (TCBH) dan parameter kualitas layanan (QoS) meliputi utilisasi, paket hilang, dan waktu respon. Menentukan jam sibuk dilakukan pengukuran trafik selama 3 bulan sehingga dihasilkan jam sibuk terjadi pada jam 13.00-14.00 WIB. Selama 3 bulan penggunaan trafik mengalami kepadatan hampir mencapai batas kapasitas sistem maksimum sehingga ditingkatkan dari 100 Mbps menjadi 300 Mbps. Agar mengetahui kondisi kapasitas sistem maksimum, maka dilakukan peramalan trafik menggunakan metode trend linier dengan pendekatan kebutuhan dan pengguna mengalami peningkatan. Selanjutnya, dilakukan analisa QoS serta keterkaitan antar parameter pada jam sibuk sehingga diperoleh agar kapasitas sistem tetap, jika kualitas layanan mengalami penurunan maka beban trafik dinaikkan.

Catatan: Artikel ini mempunyai file lampiran.

Fulltext View|Download |  Research Results
Analisis Kinerja Jaringan Internet pada Layanan ASTINet (Studi Kasus : PT Telkom Witel Jawa Tengah dan DIY)
Subjek Time Consistent Busy Hour (TCBH), Metode Linier, Kualitas Layanan(QoS), Beban Trafik, Kapasitas Sistem
Tipe Research Results
  Unduh (773KB)    metadata pengindeksan
Kata Kunci: Time Consistent Busy Hour (TCBH); Metode Linier; Kualitas Layanan(QoS); Beban Trafik; Kapasitas Sistem

Article Metrics:

  1. . M. Ginano, “Analisa Performa Kualitas Jaringan VSAT Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan Sulawesi Utara,” E-journal Tek. Elektro dan Komput., vol. 4, No.1, pp. 72–79, 2015
  2. . F. Utami, “Analisis Performansi Jaringan Telkom ASTINet di Area Bandung,”. F. Utami, “Analisis Performansi Jaringan Telkom ASTINet di Area Bandung,” Skripsi. Fakultas Teknik Elektro, Teknik Telekomunikasi, Universitas Telkom.Bandung, 2006
  3. . V. B. Iversen, Teletraffic Engineering and Network Planning Revised 2015. DTU Fotonik, 2015
  4. . Fatoni, “Analisis Kualitas Layanan Jaringan Intranet (Studi Kasus Universitas Bina Darma),” J. Ilm. MATRIK (Matematika Teknol. Rekayasa Inform. Komputer), vol. 13, no. 1, pp. 1–20, 2011
  5. . H. Rahayu, F. Yasin, T. Informatika, U. M. Surakarta, and A. Erlang, “Analisis Traffic Jaringan dengan Algoritma Erlang tanpa Delay,” KomuniTi, vol. V, no. 2, pp. 90–95, 2013
  6. . G.L. Stüber, Principles of mobile communication. Vol. 3. Springer, 2017
  7. . ITU-T E.800, “Quality of Service and Dependability Vocabulary,” http://www.itu.int/rec/T-REC-E.800-198811-S, 1988
  8. . A. Abbasi, S. Sarker, and RHL Chiang. "Big data research in information systems: Toward an inclusive research agenda." Journal of the Association for Information Systems vol. 17, no. 2, hal. i-xxxii, 2016
  9. . J. D. McCabe, Network Analysis, Architecture, and Design, 3rd ed. Burlington, USA: Elsevier Inc., 2007
  10. . Telecommunication Standardization Sector of ITU, “One-Way Transmission,” ITU, 2000

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-11-24 20:25:01

No citation recorded.