skip to main content

APLIKASI WEBCAM DENGAN JAVA MEDIA FRAMEWORK

*Agung Budi Prasetijo  -  Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia
Aghus Sofwan  -  Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia
Hery Oktafiandi  -  Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Indonesia
Diterbitkan: .

Citation Format:
Sari

Perkembangan Internet akhir-akhir ini telah membuat Internet menjadi begitu besar perannya baik sebagai sarana memperoleh informasi dengan cepat dan selalu diperbaharui. Setelah pertukaran informasi dilakukan dengan pengirimandan penerimaan electronic mail maka pada saat ini mulai bergerak ke arah pengiriman informasi yangmemungkinkan dapat terselenggaranya sebuahkomunikasi berbasis multimedia.

Java Media Framework merupakan interfaceaplikasi multimedia. Salah satu bentuk multimediayang dapat dioperasikan dengan JMF adalahwebcam. Dengan menggunakan RTP (Real TimeProtocol), hasil pemrograman Java MediaFramework dapat diterapkan dalam jaringan dengantransfer media data yang diperoleh dari webcam.

Program aplikasi webcam dengan Java MediaFramework yang dib uat pada Makalah ini dilengkapidengan RTCP(Real Time Control Protocol)sehingga dapat diperoleh waktu tunda untuk satupengiriman SR (Sender Report) yang dalampengujiannya dilakukan dengan menggunakan duatipe webcam berbeda. Dari dua webcam tersebutdiperoleh kesimpulan bahwa webcam dengan tingkatresolusi tinggi akan diperoleh waktu tunda yanglebih besar dibandingkan dengan webcam denganresolusi yang rendah.

Kata kunci: Java Media Framework, Real TimeProtocol, Real Time Control Protocol

 

Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-03-02 06:39:58

No citation recorded.