skip to main content

Analisis Efektivitas dan Penerimaan Trainer Kit Hidroponik IoT Menggunakan Model UTAUT pada Siswa SMK

*Andi Muhammad Dzulfikar  -  Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Semarang, Sekaran, Kec. Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia 50229, Indonesia
Dikirim: 5 Agu 2025; Diterbitkan: 6 Okt 2025.
Akses Terbuka Copyright (c) 2025 Transmisi: Jurnal Ilmiah Teknik Elektro under http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0.

Citation Format:
Sari

Kesiapan kerja lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terhambat oleh pembelajaran yang dominan teoritis dan tidak sesuai dengan kebutuhan Industri 4.0. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini bertujuan mengembangkan serta menguji kelayakan, efektivitas, dan penerimaan sebuah media pembelajaran berupa trainer kit hidroponik berbasis Internet of Things (IoT). Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Produk dievaluasi melalui validasi ahli, uji efektivitas dengan desain one-group pretest-posttest pada 48 siswa, dan analisis penerimaan menggunakan kerangka UTAUT. Hasil penelitian menunjukkan produk ini dinyatakan sangat layak oleh para ahli dengan skor rata-rata 84.8%. Media ini terbukti efektif secara signifikan (p<0.05) dalam meningkatkan pengetahuan siswa, dengan perolehan N-Gain rata-rata sebesar 0.71. Analisis UTAUT juga mengonfirmasi tingginya niat siswa untuk menggunakan teknologi ini, yang secara signifikan dipengaruhi oleh Ekspektasi Kinerja, Pengaruh Sosial, dan Kondisi Pemfasilitasi. Dapat disimpulkan bahwa trainer kit ini merupakan solusi pembelajaran yang valid, efektif, dan diterima baik oleh siswa untuk menyelaraskan pendidikan kejuruan dengan kebutuhan industri modern.

Fulltext
Kata Kunci: hidroponik, internet of things (IoT), media pembelajaran, trainer kit, UTAUT

Article Metrics:

  1. L. A. Wibawa, B. A. B. dan Prastyaningrum, "Tantangan Pendidikan Kejuruan dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 di Indonesia," Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, vol. 20, no. 1, hlm. 1-8, 2020
  2. Badan Pusat Statistika (BPS), Keadaan Angkatan Kerja di Indonesia Agustus 2023, No. 90/11/Th. XXVI, 6 November 2023
  3. R. H. P. dkk., "Analisis Faktor Penyebab Terjadinya Mismatch Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan Kebutuhan Dunia Industri," Jurnal Pendidikan Vokasi, vol. 11, no. 1, hlm. 35-46, 2021
  4. S. H. dkk., "Relevansi Kurikulum SMK dengan Kebutuhan Industri: Studi Kasus pada Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan," Jurnal Inovasi Pendidikan Kejuruan, vol. 2, no. 2, hlm. 78-89, 2022
  5. D. A. Kolb, Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development, 2nd ed. Pearson FT Press, 2015
  6. D. T. P. Yanto, H. Hastuti, and O. Candra, "The Role of Vocational Education in Industrial Revolution 4.0: An Effort to Increase the Competitiveness of the Nation," Journal of Physics: Conference Series, vol. 1387, no. 1, p. 012147, 2019
  7. S. S. dkk., "IoT-Based Smart Agriculture: A Review on a Modern Approach," International Journal of Computer Applications, vol. 182, no. 48, hlm. 29-34, 2019
  8. A. S. dan S. N., "Pengembangan Media Pembelajaran Trainer PLC (Programmable Logic Controller) untuk Meningkatkan Keterampilan Praktik Siswa," Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, vol. 25, no. 2, hlm. 203-214, 2019
  9. I. K. dkk., "Rancang Bangun Trainer Kit Mikrokontroler sebagai Media Pembelajaran Praktikum," Jurnal Rekayasa dan Teknologi Elektro, vol. 14, no. 1, hlm. 55-62, 2020
  10. A. Ismara, I. Hidayah, and I. S. Irawan, "The Importance of Practical Learning Media to Improve Competence of Vocational School Students," Journal of Education and Learning (EduLearn), vol. 15, no. 1, hlm. 110-117, 2021
  11. V. Venkatesh, M. G. Morris, G. B. Davis, and F. D. Davis, "User Acceptance of Information Technology: Toward a Unified View," MIS Quarterly, vol. 27, no. 3, hlm. 425-478, 2003
  12. J. F. Hair, G. T. M. Hult, C. M. Ringle, and M. Sarstedt, A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM), 2nd ed. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications, 2017
  13. H. Sunarya, "Kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Mata Pelajaran Teknik Komputer dan Jaringan," Jurnal Inovasi Pendidikan dan Teknologi Informasi (JIPTI), vol. 1, no. 2, hlm. 67-74, 2020
  14. R. R. Hake, "Analyzing change/gain scores," Dept. of Physics, Indiana University, 1999. [Online]
  15. S. P. dkk., "The effectiveness of interactive multimedia-based learning media on vocational school students' cognitive learning outcomes," World Journal on Educational Technology: Current Issues, vol. 13, no. 4, hlm. 645-657, 2021
  16. D. T. P. Yanto dkk., "The Effectiveness of an Electrical Machine Training Kit as a Practical Learning Media for Vocational Students," Journal of aip conference, vol. 13, no. 4, hlm. 1-13, 2021
  17. A. P. dkk., "Factors Affecting Technology Acceptance by Vocational High School Students: A UTAUT Model Approach," Cakrawala Pendidikan, vol. 40, no. 1, hlm. 195-207, 2021
  18. M. F. dkk., "Understanding the acceptance of e-learning for Gen Z in a developing country: A UTAUT Model approach," Heliyon, vol. 8, no. 6, p. e09605, 2022

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2025-10-08 19:50:52

No citation recorded.