Editorial Policies

Focus and Scope

Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia, menerima publikasi artikel penelitian yang berkaitan dengan kesehatan lingkungan, efek toksik dari pencemaran lingkungan terhadap kesehatan manusia dan lingkungan, teknologi pengelolaan lingkungan dan kebijakan di bidang kesehatan lingkungan.

 

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Research Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Review Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

News

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Editorial

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

JKLI

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Kesehatan Lingkungan Indonesia

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed

Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

ARTIKEL YANG MASUK KE JURNAL KESEHATAN LINGKUNGAN INDONESIA AKAN DI REVIEW OLEH 2 (DUA) ORANG YANG AHLI DI BIDANGNYA

  • Reviewer tidak diperkenankan untuk membahas naskah artikel dengan penulisnya selama atau setelah proses pemeriksaan berlangsung.
  • Reviewer tidak diperkenankan untuk mengutip naskah atau merujuk pada naskah artikel yang sedang direview sebelum naskah artikel tersebut diterbitkan dan tidak menggunakan informasi yang mendukung kemajuan riset Reviewer sendiri atau dalam diskusi dengan rekan-rekan.
  • Keputusan akhir tentang modifikasi, penerimaan, atau penolakan naskah merupakan tanggung jawab editor, jadi jangan menyatakan rekomendasi dalam porsi sebagai review yang akan dikirim ke penulis.

 

Publication Frequency

JKLI di terbitkan secara reguler setahun 2 kali yaitu pada bulan April dan Oktober, terbitan pertama kali yaitu pada tahun 2002.

 

Open Access Policy

Kami informasikan bahwa Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia (JKLI, p-ISSN: 1412-4939, e-ISSN:2502-7085, http://ejournal.undip.ac.id/index.php/jkli) adalah terbitan berkala online nasional sebagai media untuk mengkomunikasikan hasil-hasil penelitian yang berkaitan dengan kesehatan lingkungan, efek toksik dari pencemaran lingkungan terhadap kesehatan manusia dan lingkungan, teknologi pengelolaan lingkungan dan kebijakan di bidang kesehatan lingkungan.

 

PUBLICATION ETHICS

Publication Ethic

Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia (p-ISSN: 1412-4939, e-ISSN: 2502-7085) adalah jurnal peer-review diterbitkan oleh Magister Kesehatan Lingkungan, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro. Pernyataan ini menjelaskan perilaku etis dari semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan sebuah artikel dalam jurnal ini, termasuk penulis, editor kepala, Dewan Editorial, peer-reviewer dan penerbit.

Magister Kesehatan Lingkungan Universitas Diponegoro sebagai penerbit jurnal KESEHATAN LINGKUNGAN INDONESIA mengambil tugas atas semua tahap penerbitan. Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa iklan, cetak ulang atau pendapatan komersial lainnya tidak memiliki dampak atau pengaruh pada keputusan editorial. Selain itu, Magister Kesehatan Lingkungan Universitas Diponegoro dan Dewan Editorial akan membantu dalam komunikasi dengan jurnal lain dan / atau penerbit lain yang diperlukan.

Etika Editor

  • Editor jurnal KESEHATAN LINGKUNGAN INDONESIA bertanggung jawab untuk memutuskan mana dari artikel yang diajukan ke jurnal harus diterbitkan. Para editor dipandu oleh kebijakan dari dewan redaksi jurnal dan dibatasi oleh ketentuan hukum seperti pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme. Para editor dapat berunding dengan editor lain atau Reviewer dalam membuat keputusan.
  • Permainan adil: Editor setiap saat mengevaluasi naskah untuk konten intelektual tanpa memandang ras, jenis kelamin, orientasi seksual, keyakinan agama, etnis, kewarganegaraan, atau filsafat politik dari para penulis.
  • Kerahasiaan: Editor tidak boleh mengungkapkan informasi apapun tentang naskah dan diserahkan kepada orang lain selain penulis, pengulas, pengulas potensial, penasihat editorial lainnya yang sesuai, dan penerbit yang sesuai.
  • naskah yang tidak dipublikasikan tidak boleh digunakan oleh editor dalam penelitian tanpa persetujuan tertulis dari penulis.

Etika Reviewer

  • peer-review membantu editor dalam membuat keputusan editorial dan melalui komunikasi editorial dengan penulis juga dapat membantu penulis dalam meningkatkan kualitas naskah.
  • Setiap Reviewer yang dipilih yang merasa memenuhi syarat untuk mereview jika tidak sanggup atau menolak segera memberitahu editor dan mohon diri dari proses review.
    kerahasiaan
  • Setiap naskah yang diterima untuk direview harus adalah dokumen rahasia. Naskah tidak boleh ditampilkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali seijin editor.
  • Ulasan harus dilakukan secara objektif. kritik pribadi untuk penulis adalah tidak pantas.
  • Reviewer harus mengidentifikasi karya yang akan diterbitkan yang relevan yang belum dikutip oleh penulis.
  • informasi dari peer-review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi.

Etika Penulis

  • Standar Pelaporan: penulis harus menyajikan laporan penelitian asli dan akurat disertai data dan referensi yang mendukung.  Penipuan atau sengaja menyajikan hasil yang tidak akurat merupakan perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima.
  • Penulis diminta untuk memberikan data mentah sehubungan dengan naskah untuk editorial, dan harus siap untuk menyediakan akses publik terhadap data tersebut.
  • Orisinalitas dan Plagiarisme: para penulis harus memastikan bahwa naskah yang dibuat adalah asli karya penulis itu seniri, dan jika penulis telah menggunakan pekerjaan dan / atau kata-kata dari orang lain harus mengutipnya.
  • Seorang penulis tidak boleh mempublikasikan naskah yang menggambarkan dasar penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Mengirimkan naskah yang sama untuk lebih dari satu jurnal bersamaan merupakan perilaku penerbitan tidak etis dan tidak dapat diterima.
  • Pengakuan Sumber: pengakuan terhadap karya orang lain harus selalu diberikan. Penulis harus mengutip publikasi yang telah berpengaruh dalam menentukan hasil penelitian yang dilaporkan.
  • Karangan harus dibatasi kepada semua yang berkontribusi signifikan terhadap konsep, desain, pelaksanaan, atau interpretasi penelitian yang dilaporkan. Semua orang yang telah membuat kontribusi yang signifikan harus terdaftar sebagai co-penulis. Jika ada orang lain yang telah berpartisipasi dalam aspek-aspek substantif tertentu dalam penelitian, mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis dan co-penulis telah melihat dan menyetujui versi final dari kertas dan telah sepakat untuk pengajuan untuk publikasi.
  • Ketika penulis menemukan kesalahan atau ketidaktepatan dalam naskahnya yang telah diterbitkan, merupakan kewajiban penulis untuk segera memberitahukan editor jurnal atau untuk menarik kembali atau memperbaiki naskah yang telah diterbitkan.

 

Author Guidelines

Petunjuk Penulisan Artikel JKLI

Naskah manuskrip yang sudah memenuhi petunjuk penulisan Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia (dalam format MS Word atau Openoffice Writer, gunakan template artikel ini) harus dikirimkan dengan system pengumpulan secara online di portal E-Journal (http://ejournal.undip.ac.id/index.php/jkli/user/register) setelah mendaftarkan sebagai Penulis di bagian “Register”.

Petunjuk Penulisan Artikel dan template dapat diunduh di alamat berikut ini (berlaku mulai Volume 15, Nomor 22 Oktober 2016):

Setiap artikel yang dikirimkan ke editorial Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia tidak dipungut biaya apapun (gratis) termasuk gratis biaya pemrosesan artikel. Biaya publikasi ditanggung penerbit jurnal ini.

Petunjuk Penulisan dan Kirim Artikel Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia

Judul Artikel (14pt Bold)

Nama Penulis Pertama 1 , Nama Penulis Kedua 2,* (11pt Bold)

Program Magister Kesehatan Lingkungan Universitas Diponegoro (9pt)

Program Magister Kesehatan Lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro (9pt)

 

Info Artikel : Diterima ...................... 2016 ; Disetujui ................... 2016 ; Publikasi ..................... 2016

 


This abstract section should be typed in Italic 10 pt font and number of words of 200-250. The abstract should be typed in English. The abstract should be typed as conciseas possible and should be composed of: Title, Background, method, results, and short conclusion. The abstract should be typed in the following format:

ABSTRACT (10pt Bold Italic)

Title: the title of the article in English

Background: the context, problem statement and purpose of the study

Method: how the study was performed and statistical tests used

Result: scientific finding results

Conclusion: short conclusion, brief summary and potential implications

(10pt Italic)

All sections in the manuscript should be typed using Times New Roman font.

Keywords author guidelines, JKLI, article template


PENDAHULUAN

Dokumen ini adalah petunjuk penulis dan template artikel yang baru untuk Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia di penerbitan mulai Volume 15, Nomor 22 Oktober 2016. Artikel harus dimulai dengan judul artikel diikuti dengan semua penulis, afiliasi penulis, abstrak, kata kunci, isi dan daftar pustaka.

JKLI adalah jurnal terreview yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah sebagai hasil penelitian dan pengembangan di bidang kesehatan dan kesehatan lingkungan. JKLI diterbitkan oleh Program Studi Magister Kesehatan Lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro. JKLI menerima manuskrip atau artikel dalam bidang kesehatan dan kesehatan lingkungan dari berbagai kalangan akademisi dan peneliti baik nasional maupun internasional.

Artikel-artikel yang dimuat di JKLI adalah artikel yang telah melalui proses penelaahan oleh penelaah internal. Keputusan diterima atau tidaknya suatu artikel ilmiah di jurnal ini menjadi hak dari Dewan Penyunting berdasarkan atas rekomendasi dari para reviewer.

 

PENULISAN JUDUL, NAMA DAN ALAMAT PENULIS

Judul artikel, nama penulis (tanpa gelar akademis), dan alamat afiliasi penulis ditulis rata kiri pada halaman pertama di bawah judul artikel. Jarak antar baris antara judul dan nama penulis adalah 2 spasi, sedangkan jarak antara alamat afiliasi penulis dan judul abstrak adalah 2 spasi yang dibatasi oleh garis. Kata kunci harus dituliskan di bawah teks abstrak untuk masing-masing bahasa, disusun urut abjad dan dipisahkan oleh tanda titik koma dengan jumlah kata 3-5 kata. Untuk artikel yang ditulis dalam bahasa Indonesia, tuliskan terjemahan judul dalam bahasa Inggris di bagian awal teks abstrak berbahasa Inggris (lihat contoh di atas).

Jika ada penulis penanggungjawab atau penulis korespondensi atau Corresponding Author harus ditandai dengan tanda asterisk diikuti tanda koma “*” seperti contoh di atas. Di bagian bawah kolom kiri halaman pertama/ abstrak harus dituliskan tanda Penulis Penanggungjawab atau Penulis Korespondensi atau Corresponding Author dan dituliskan pula alamat emailnya (lihat contoh). Komunikasi tentang revisi artikel dan keputusan akhir hanya akan dikomunikasikan melalui email penulis atau Penulis Korespondensi yang mencantumkan email.

Jika penulis lebih dari satu, tuliskan nama-nama penulis dengan dipisahkan oleh koma (,). Jika nama penulis terdiri dari dua kata, kata pertama penulis (first name) sebaiknya tidak disingkat. Jika nama penulis hanya terdiri dari satu kata, tuliskan nama sebenarnya dalam satu kata, namun demikian di versi online (HTML) akan dituliskan dalam dua kata yang berisi nama yang sama (berulang) untuk keperluan indeksasi metadata.

Jika penulis mempunyai lebih dari satu afiliasi, tuliskan afiliasi tersebut secara berurutan. Beri tanda superscript menggunakan nomor dengan format superscript, misalnya "1", di belakang nama penulis (lihat contoh).

 

PETUNJUK UMUM PENULISAN NASKAH MANUSKRIP

Naskah manuskrip yang sudah memenuhi petunjuk penulisan JKLI (dalam format MS Word/ Openoffice Writer, gunakan template artikel ini) harus dikirimkan melalui system pengumpulan secara online di portal E-Journal JKLI.

(http://ejournal.undip.ac.id/index.php/jkli) setelah mendaftarkan sebagai Penulis di bagian “Register”.

Petunjuk submit manuskrip secara lengkap dapat dilihat di bagian Petunjuk Submit Online di bawah. Naskah manuskrip yang tidak sesuai petunjuk penulisan JKLI akan dikembalikan ke Penulis terlebih dahulu sebelum dilanjutkan proses penelaahan.

Naskah manuskrip yang ditulis harus mengandung komponen-komponen artikel ilmiah berikut (sub judul sesuai urutan), yaitu: (a) Judul Artikel, (b) Nama Penulis (tanpa gelar), (c) Alamat Afiliasi Penulis, (d) Abstrak dan Kata Kunci, (e) Pendahuluan, (f) Materi dan Metode, (g) Hasil dan Pembahasan, (h) Simpulan dan (i) Daftar Pustaka.

Penulisan sub judul di bagian isi artikel (Pendahuluan, Materi dan Metode, Hasil dan Pembahasan, dan Simpulan). Sub judul ditulis dengan huruf tebal dengan format Title Case dan disusun rata kiri tanpa garis bawah. Sub-sub judul ditulis dengan huruf tebal dan miring (Italic) dengan format Sentence case dan disusun rata kiri.

Naskah manuskrip dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan jumlah halaman maksimum 10 halaman termasuk gambar dan tabel. Naskah manuskrip harus ditulis sesuai template artikel ini dalam bentuk siap cetak. Artikel harus ditulis dengan ukuran bidang tulisan A4 (210 x 297 mm) dan dengan format margin kiri 1 inchi, margin kanan 1 inchi, margin bawah 1 inchi, dan margin atas 1 inchi. Naskah harus ditulis dengan jenis huruf Times New Roman dengan ukuran font 10 pt (kecuali judul artikel, nama penulis dan judul abstrak), berjarak satu spasi, dan dalam format dua kolom (kecuali bagian judul artikel, nama penulis, dan abstrak). Jarak antar kolom adalah sejauh 0,28 inchi.

Kata-kata atau istilah asing digunakan huruf miring (Italic). Sebaiknya hindari penggunaan istilah asing untuk artikel berbahasa Indonesia. Paragraf baru dimulai 10 mm dari batas kiri, sedangkan antar paragraf tidak diberi spasi antara. Semua bilangan ditulis dengan angka arab, kecuali pada awal kalimat.

Tabel dan Gambar diletakkan di dalam kelompok teks sesudah tabel atau gambar tersebut dirujuk. Setiap gambar harus diberi judul gambar di sebelah bawah gambar tersebut dan bernomor urut angka Arab diikuti dengan judul gambar, seperti ditunjukkan dalam Gambar 1. Setiap tabel harus diberi judul tabel dan bernomor urut angka Arab di sebelah atas tabel tersebut diikuti dengan judul tabel, seperti ditunjukkan dalam Tabel 1. Gambar-gambar harus dijamin dapat tercetak dengan jelas (ukuran font, resolusi dan ukuran garis harus yakin tercetak jelas). Gambar dan tabel dan diagram/ skema sebaiknya diletakkan sesuai kolom diantara kelompok teks atau jika terlalu besar diletakkan di bagian tengah halaman. Tabel tidak boleh mengandung garis-garis vertikal, sedangkan garis-garis horisontal diperbolehkan tetapi hanya yang penting-penting saja.

 

PETUNJUK KHUSUS PENULISAN ISI NASKAH MANUSKRIP

JUDUL ARTIKEL: Judul Artikel harus dituliskan secara singkat dan jelas, dan harus menunjukkan dengan tepat masalah yang hendak dikemukakan, tidak memberi peluang penafsiran yang beraneka ragam, ditulis seluruhnya dengan huruf kapital secara simetris. Judul artikel tidak boleh mengandung singkatan kata yang tidak umum digunakan. Kemukakan terlebih dahulu gagasan utama artikel baru diikuti dengan penjelasan lainnya.

ABSTRACTAbstrak ditulis dalam bahasa Inggris. Jumlah kata dibatasi maksimal 250. Abstrak berisi ringkasan dari artikel, meliputi latar belakang, tujuan dan lingkup penelitian, metode yang digunakan, ringkasan hasil/penemuan dan simpulan. Kata kunci Inggris sebanyak 3-5 kata kunci disisipkan setelah abstrak Inggris. Tiap kata kunci dipisahkan dengan tanda koma (,).

PENDAHULUAN: Pendahuluan harus berisi (secara berurutan) latar belakang umum, kajian literatur terdahulu sebagai dasar pernyataan kebaruan ilmiah dari artikel, analisis gap atau pernyataan kebaruan ilmiah, permasalahan penelitian atau hipotesis, cara pendekatan penyelesaian masalah dan tujuan kajian artikel tersebut. Di dalam format artikel ilmiah tidak diperkenankan adanya tinjauan pustaka sebagaimana di laporan penelitian, tetapi diwujudkan dalam bentuk kajian literatur terdahulu untuk menunjukkan kebaruan ilmiah artikel tersebut.

METODE PENELITIAN: Metode penelitian menjelaskan tahapan penelitian/ pengembangan yang dilakukan untuk mencapai tujuan/ sasaran penelitian. Tiap tahap dijelaskan secara ringkas (misalnya tiap tahap dalam satu paragraf). Informasikan juga bahan/ materi/ platform yang digunakan dalam penelitian, meliputi subjek/ bahan yang diteliti, alat/ perangkat lunak bantu yang digunakan, rancangan percobaan atau desain yang digunakan, teknik pengambilan sampel, rencana pengujian (variabel yang akan diukur dan teknik mengambil data), analisis dan model statistik yang digunakan.

HASIL DAN PEMBAHASAN: Hasil dan pembahasan berisi hasil-hasil temuan penelitian/ pengembangan dan pembahasannya secara ilmiah. Tuliskan temuan-temuan ilmiah yang diperoleh dari hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan tetapi harus ditunjang oleh data-data yang memadai. Temuan ilmiah yang dimaksud di sini adalah bukan data-data hasil penelitian yang diperoleh. Temuan-temuan ilmiah tersebut harus dijelaskan secara saintifik meliputi: Apakah temuan ilmiah yang diperoleh? Mengapa hal itu bisa terjadi? Mengapa trend variabel seperti itu? Semua pertanyaan tersebut harus dijelaskan secara saintifik, tidak hanya deskriptif, bila perlu ditunjang oleh fenomena-fenomena dasar ilmiah yang memadai. Selain itu, harus dijelaskan juga perbandingannya dengan hasil-hasil para peneliti lain yang hampir sama topiknya. Hasil-hasil penelitian dan temuan harus bisa menjawab hipotesis penelitian di bagian pendahuluan. Di bab ini juga disarankan untuk menuliskan implikasi hasil penelitian baik teoritis maupun penerapan.

SIMPULAN: Simpulan cukup menjawab hipotesis dan/ atau tujuan penelitian atau temuan ilmiah yang diperoleh. Simpulan bukan berisi perulangan dari hasil dan pembahasan, tetapi lebih kepada ringkasan hasil temuan seperti yang diharapkan di tujuan atau hipotesis. Bila perlu, di bagian akhir kesimpulan dapat juga dituliskan hal-hal yang akan dilakukan terkait dengan gagasan selanjutnya dari penelitian tersebut.

DAFTAR PUSTAKA: Semua rujukan-rujukan yang diacu di dalam teks artikel harus didaftarkan di bagian Daftar Pustaka. Daftar Pustaka harus berisi pustaka-pustaka acuan yang berasal dari sumber primer (jurnal ilmiah) diterbitkan 10 (sepuluh) tahun terakhir. Setiap artikel paling tidak berisi 10 (sepuluh) daftar pustaka acuan. Penulisan sistem rujukan di dalam teks artikel dan penulisan daftar pustaka sebaiknya menggunakan program aplikasi manajemen referensi misalnya: Mendeley, EndNote, atau Zotero, atau lainnya.

 

PANDUAN PENULISAN PERSAMAAN

Setiap persamaan ditulis rata tengah kolom dan diberi nomor yang ditulis di dalam kurung dan ditempatkan di bagian akhir margin kanan. Persamaan harus dituliskan menggunakan Equation Editor dalam MS Word atau Open Office.

 

PANDUAN PENULISAN KUTIPAN/ RUJUKAN DALAM TEKS ARTIKEL DAN DAFTAR REFERENSI

Setiap mengambil data atau mengutip pernyataan dari pustaka lainnya maka penulis wajib menuliskan sumber rujukannya. Rujukan atau sitasi ditulis di dalam uraian/ teks adalah sesuai dengan format penomoran. Angka untuk tiap item rujukan ditulis dalam tanda kurung siku, misalnya 1. Beberapa rujukan dapat dituliskan dengan kurung siku terpisah, misalnya 2,4,6-7.

Penulisan Daftar Pustaka sebaiknya menggunakan aplikasi manajemen referensi seperti Mendeley, End Note, Zotero, atau lainnya.

 

PENGALIHAN HAK CIPTA MANUSKRIP

Penulis yang mengirimkan naskah harus memahami bahwa jika diterima untuk dipublikasikan, hak cipta dari artikel adalah milik JKLI dan Program Studi Magister Kesehatan Lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro sebagai penerbit jurnal.

 

PETUNJUK SUBMIT MANUSKRIP SECARA ONLINE

Naskah manuskrip harus dikirimkan melalui salah satu cara berikut ini:

  • Pengiriman naskah manuskrip sebaikmya dengan Online Submission System di portal E-Journal (http://ejournal.undip.ac.id/index.php/jkli)
  • Setelah Penulis login sebagai Author, klik di “New Submission”. Tahapan submit artikel terdiri dari 5 tahapan, yaitu: (1). Start, (2). Upload Submission, (3). Enter Metadata, (4). Upload Supplementary Files, (5). Confirmation
  • Di bagian Start, pilih Jurnal Section (Full Article), centang semua ceklist.
  • Di bagian Upload Submission, silakan unggah file manuskrip artikel dalam MS Word di bagian ini.
  • Di bagian Enter Metadata, masukkan data-data semua Penulis dan afiliasinya, diikuti dengan judul dan abstrak, dan indexing keywords.
  • Di bagian Upload Supplementary Files, diperbolehkan mengunggah file data-data pendukung atau surat pengantar atau dokumen lainnya.
  • Di bagian Confirmation, silakan klik “Finish Submission” jika semua data sudah benar.
  • Pertama Penulis mendaftarkan sebagai Penulis (mencentang role sebagai Author) di bagian “Register” atau alamat: http://ejournal.undip.ac.id/index.php/jkli/user/register
  • Jika penulis kesulitan dalam proses pengiriman naskah melalui sistem daring, naskah manuskrip dapat juga dikirimkan melalui E-mail ke email Editorial JKLI (jkli@live.undip.ac.id), namun demikian metode ini tidak direkomendasikan.

 

KESIMPULAN

Setiap artikel yang dikirimkan ke kantor editorial JKLI harus mengikuti petunjuk penulisan ini. Jika artikel tersebut tidak sesuai dengan panduan ini maka tulisan akan dikembalikan sebelum ditelaah lebih lanjut.

 

DAFTAR PUSTAKA

Format referensi dari buku

1. W.-K. Chen, Linear Networks and Systems. Belmont, CA: Wadsworth, 1993, pp. 123-135.

2. R. Hayes, G. Pisano, D. Upton, and S. Wheelwright, Operations, Strategy, and Technology: Pursuing the competitive edge. Hoboken, NJ: Wiley, 2005.

3. The Oxford Dictionary of Computing, 5th ed. Oxford: Oxford University Press, 2003.

Format referensi dari chapter buku

4.  A. Rezi and M. Allam, "Techniques in array processing by means of transformations, " in Control and Dynamic Systems, Vol. 69, Multidemsional Systems, C. T. Leondes, Ed. San Diego: Academic Press, 1995, pp. 133-180.

5.  O. B. R. Strimpel, "Computer graphics," in McGraw-Hill Encyclopedia of Science and Technology, 8th ed., Vol. 4. New York: McGraw-Hill, 1997, pp. 279-283.

Format referensi dari jurnal online/e-jurnal/transactions

6. H. Ayasso and A. Mohammad-Djafari, "Joint NDT Image Restoration and Segmentation Using Gauss–Markov–Potts Prior Models and Variational Bayesian Computation," IEEE Transactions on Image Processing, vol. 19, no. 9, pp. 2265-77, 2010. [Online]. Available: IEEE Xplore, http://www.ieee.org. [Accessed Sept. 10, 2010].

7. A. Altun, "Understanding hypertext in the context of reading on the web: Language learners' experience," Current Issues in Education, vol. 6, no. 12, July 2003. [Online]. Available: http://cie.ed.asu.edu/volume6/number12/. [Accessed Dec. 2, 2004].

8. H. Imron, R. R. Isnanto and E. D. Widianto, "Perancangan Sistem Kendali pada Alat Listrik Rumah Tangga Menggunakan Media Pesan Singkat (SMS)". Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol.4, no. 3, pp. 454-462, Agustus 2016. [Online]. doi: http://dx.doi.org/10.14710/jtsiskom.4.3.2016.454-462. [Diakses 4 September 2016].

Format referensi dari jurnal cetak

9. J. R. Beveridge and E. M. Riseman, "How easy is matching 2D line models using local search?" IEEE Transactions on Pattern Analysis and Machine Intelligence, vol. 19, pp. 564-579, June 1997.

10. E. H. Miller, "A note on reflector arrays," IEEE Transactions on Antennas and Propagation, to be published.

Format referensi dari prosiding konferensi/seminar

11. L. Liu and H. Miao, "A specification based approach to testing polymorphic attributes," in Formal Methods and Software Engineering: Proc.of the 6th Int. Conf. on Formal Engineering Methods, ICFEM 2004, Seattle, WA, USA, November 8-12, 2004, J. Davies, W. Schulte, M. Barnett, Eds. Berlin: Springer, 2004. pp. 306-19.

12. J. Lach, "SBFS: Steganography based file system," in Proc. of the 2008 1st Int. Conf. on Information Technology, IT 2008, 19-21 May 2008, Gdansk, Poland [Online]. Available: IEEE Xplore, http://www.ieee.org. [Accessed: 10 Sept. 2010].

13. H. A. Nimr, "Defuzzification of the outputs of fuzzy controllers," presented at 5th Int. Conf. on Fuzzy Systems, 1996, Cairo, Egypt. 1996.

14. T. J. van Weert and R. K. Munro, Eds., Informatics and the Digital Society: Social, ethical and cognitive issues: IFIP TC3/WG3.1&3.2 Open Conf. on Social, Ethical and Cognitive Issues of Informatics and ICT, July 22-26, 2002, Dortmund, Germany. Boston: Kluwer Academic, 2003.

Format referensi dari paten

15 R. E. Sorace, V. S. Reinhardt, and S. A. Vaughn, “High-speed digital-to-RF converter,” U.S. Patent 5 668 842, Sept. 16, 1997.

Format referensi dari halaman web

16 European Telecommunications Standards Institute, “Digital Video Broadcasting (DVB): Implementation guidelines for DVB terrestrial services; transmission aspects,” European Telecommunications Standards Institute, ETSI TR-101-190, 1997. [Online]. Available: http://www.etsi.org. [Diakses: Aug. 17, 1998].

17. “A ‘layman’s’ explanation of Ultra Narrow Band technology,” Oct. 3, 2003. [Online]. Available: http://www.vmsk.org/Layman.pdf. [Diakses: Dec. 3, 2003].

18. G. Sussman, "Home page - Dr. Gerald Sussman," July 2002. [Online]. Available: http://www.comm.pdx.edu/faculty/Sussman/sussmanpage.htm. [Diakses: Sept. 12, 2004].

Format referensi dari datasheet

19. FLEXChip Signal Processor (MC68175/D), Motorola, 1996.

Format referensi dari thesis/skripsi

20. A. Karnik, “Performance of TCP congestion control with rate feedback: TCP/ABR and rate adaptive TCP/IP,” M. Eng. thesis, Indian Institute of Science, Bangalore, India, Jan. 1999.

21. F. Sudweeks, Development and Leadership in Computer-Mediated Collaborative Groups. PhD [Dissertation]. Murdoch, WA: Murdoch Univ., 2007. [Online]. Available: Australasian Digital Theses Program.

Format referensi dari laporan penelitian / technical report

22. J. Padhye, V. Firoiu, and D. Towsley, “A stochastic model of TCP Reno congestion avoidance and control,” Univ. of Massachusetts, Amherst, MA, CMPSCI Tech. Rep. 99-02, 1999.

Format referensi dari standar

23. Wireless LAN Medium Access Control (MAC) and Physical Layer (PHY) Specification, IEEE Std. 802.11, 1997.

 

DAFTAR PERSIAPAN PENGAJUAN

Sebagai bagian dari proses penyerahan, penulis diminta untuk memeriksa kembali kesesuaian artikel yang akan diajukan dengan semua item berikut, dan pengiriman dapat dikembalikan ke penulis yang tidak sesuai dengan item dalam panduan ini..

  1. Artikel yang akan dikirim belum pernah diterbitkan sebelumnya atau sedang dalam pertimbangan di jurnal lain (Jika ya, beri penjelasan ke editor di Comments to the Editor)
  2. File artikel/makalah yang dikirimkan adalah dalam format PDF. Artikel dalam OpenOffice atau Microsoft Word diunggah di supplementary files. File lampiran diunggah di supplementary.
  3. Naskah artikel telah mengikuti template yang tersedia di Author Guidelines, yang dapat ditemukan di jendela About the Journal.
  4. Sistematika penulisan naskah telah mengikuti panduan khusus penulisan isi naskah manuskrip, setidaknya meliputi pendahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan, dan kesimpulan.

 

PEMBERITAHUAN HAK CIPTA

Penulis yang mengirimkan naskah harus memahami bahwa jika diterima untuk dipublikasikan, hak cipta dari artikel adalah milik JKLI dan Program Studi Magister Kesehatan Lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro sebagai penerbit jurnal.
Hak cipta meliputi hak eksklusif untuk mereproduksi dan memberikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan setiap reproduksi lain yang sejenis, serta terjemahan. Penulis mempunyai hak untuk hal-hal berikut:

  1. menggandakan seluruh atau sebagian materi yang dipublikasikan untuk digunakan oleh penulis sendiri sebagai bahan pengajaran di kelas atau bahan presentasi lisan dalam berbagai forum;
  2. menggunakan kembali sebagian atau keseluruhan materi sebagai bahan kompilasi bagi karya tulis penulis;
  3. membuat salinan dari bahan yang dipublikasikan untuk didistribusikan di lingkungan institusi tempat penulis bekerja. 

JKLI dan Program Studi Magister Kesehatan Lingkungan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro serta Editor melakukan segala upaya untuk memastikan bahwa tidak ada data, pendapat atau pernyataan yang salah atau menyesatkan yang dipublikasikan di jurnal ini. Isi artikel yang diterbitkan di JKLI adalah tanggung jawab tunggal dan eksklusif dari masing-masing penulis.

Isi dan tanda tangani [Formulir Perjanjian Pengalihan Hak Cipta]. Kirim formulir sebagai file supplementary saat pengiriman artikel atau ke email jkli@live.undip.ac.id

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dikirimkan ke portal jurnal ini akan digunakan secara khusus hanya untuk keperluan jurnal ini dan tidak akan digunakan untuk keperluan lain atau disebarkan ke pihak lain.