Submissions

Online Submissions

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

Already have a Username/Password for MEDIA KOMUNIKASI TEKNIK SIPIL?

Go to Login

Need a Username/Password?

Go to Registration

 

Author Guidelines


Informasi Umum atau dapat didwonload link berikut

Media Komunikasi Teknik Sipil diterbitkan untuk yang pertama kali pada tahun 1992 oleh Prof. Joetata Hadihardaja selaku Sekretaris Eksekutif BMPTTSSI (Badan Musyawarah Perguruan Tinggi Teknik  Sipil Seluruh Indonesia) dengan No.p-ISSN 0854-1809. Jurnal tebit tiga kali dalam satu tahun, namun mulai Volume 19 Media Komunikasi Teknik Sipil terbit setiap bulan Juli dan Desember. Dalam perkembangannya, pada tahun 2008 Media Komunikasi Teknik Sipil diterbitkan bersama oleh BMPTTSSI (Badan Musyawarah Pendidikan Tinggi Teknik Sipil Seluruh Indonesia) dan BKS PII (Badan Kejuruan Sipil Persatuan Insinyur Indonesia).

Media Komunikasi Teknik Sipil pernah terakreditasi oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional dengan nomor SK akreditasi 118/DIKTI/KEP/2001 dan 23a/DIKTI/KEP/2004. Sebagai jurnal nasional yang pernah terakreditasi, Media Komunikasi Teknik Sipil yang terbit bulan Juli 2017 dikembangkan dengan sistem pengelolaan secara online, dengan e-ISSN 2549-6778, proses submitted /pendaftaran artikel dan proses telaah artikel dikerjakan secara online. Pada saat ini Media Komunikasi Teknik Sipil telah diindeks oleh beberapa mesin indexing seperti; Crossref, Google Schoolar, Portal Garuda.

Media komunikasi Teknik Sipil dicetak dari artikel-artikel yang dikirim ke Redaksi secara online dan telah melalui proses review oleh Dewan Redaksi dan/atau Mitra Bestari. Setiap artikel yang dikirimkan harus terbebas dari unsur plagiarsm maupun autoplagiarsm.

Petunjuk Umum

  1. Artikel dapat berupa hasil-hasil penelitian, hasil pemikiran maupun studi kasus, bidang teknik sipil serta tidak mengandung unsur politik, komersialisme, dan subyektifitas
  2. Penulis harus menjunjung tinggi scientific conduct memahami manfaat /keuntungan dan resiko tulisan yang dipublikasikan.
  3. Segala yang terkait dengan penggunaan perangkat lunak, perijinan pengutipan dan hak cipta yang dilakukan oleh penulis artikel, dan konsekuensi hukum yang ditimbulkannya, sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis artikel tersebut.
  4. Penulis tidak melakukan publikasi ganda terhadap artikel yang akan dipublikasikan ini (double manuscript submission) ke jurnal atau sarana publikasi lain, secara bersamaan (serentak).
  5. Penulis wajib mengisi Surat Peryataan yang menjelaskan bahwa artikel belum pernah dipublikasikan di Jurnal maupun konferensi /seminar manapun. Contoh Surat Pernyataan dapat diownload pada link Surat Pernyataan atau pada format doc

 

Petunjuk Penulisan

  1. Artikel yang dipublikasikan, disiapkan menggunakan template manuscrsipts submission
  2. Unduh  format template artikel
  3. Artikel dapat ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia yang baik dan benar. Artikel yang ditulis dalam Bahasa Indonesia harus sesuai dengan EYD dan kata-kata yang digunakan merupakan bahasa baku (sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia), sedangkan apabila ditulis dengan menggunakan Bahasa Inggris maka perlu diperiksa dengan menggunakan spell checker (Bahasa Inggris-Amerika).
  4. Batas halaman  adalah 8-12 halaman
  5. Referensi di dalam narasi dan dalam daftar pustaka harus sesuai format template artikel.
  6. Semua gambar, grafik, dan tabel yang ditampilkan mengikuti font-style naskah dan harus mempunyai kualitas yang baik
  7. Artikel yang dipublikasikan bebas dari malalaku (misconduct), meliputi : rekaan (fabrikasi), pemalsuan data (falsifikasi), dan plagiarism / autoplagiarism. 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.