skip to main content

Pemilu 2024: Meninjau Dampak Kampanye Media Sosial terhadap Partisipasi Politik

*Juwika Afrita orcid scopus publons  -  UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jl. Ir H. Juanda No.95, Ciputat, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15412|UIN Syarif Hidayatullah Jakarta|Indonesia, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Di era digital ini, peran media sosial dalam membentuk dan memengaruhi dinamika politik semakin dominan, memberikan variasi baru dalam kegiatan politik Indonesia (Sasmita, 2011). Interaksi yang intens di dunia maya telah mengubah cara masyarakat terlibat dalam kehidupan politik, terutama dalam konteks pemilihan umum. Berdasarkan laporan We are Social, jumlah pengguna aktif media sosial di Indonesia mencapai 167 juta orang pada Januari 2023, menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat dalam politik kini dipengaruhi oleh kampanye modern yang memanfaatkan digitalisasi dan media sosial untuk mempromosikan calon dari berbagai partai politik. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak media sosial terhadap partisipasi politik, dengan fokus pada studi kasus Pemilihan Umum 2024 yang akan dilaksanakan pada 12 Februari 2024. Fenomena media sosial saat ini memungkinkan masyarakat terlibat dalam percakapan politik yang lebih terbuka dan terakses dibandingkan metode konvensional sebelumnya. Metode penelitian ini menggabungkan pendekatan studi kasus dan analisis literatur untuk mengevaluasi pengaruh media sosial terhadap partisipasi politik dalam konteks Pemilu 2024. Kampanye pemilu 2024 sangat aktif di berbagai platform media sosial, memicu perkembangan teknologi dan era digitalisasi yang pesat. Namun, ada tantangan seperti informasi hoax yang dapat merusak citra calon lawan politik dan harus diwaspadai dalam penggunaan media digital untuk kampanye.

Note: This article has supplementary file(s).

Fulltext View|Download |  Research Instrument
Untitled
Subject
Type Research Instrument
  Download (362KB)    Indexing metadata
Keywords: Media Sosial, Partisipasi Politik, Kampanye Pemilu 2024

Article Metrics:

  1. Abdillah, F. M., & Zulhazmi, A. Z. (2021). Kampanye digital, politik lokal, dan media sosial. IQTIDA: Journal of Da’wah and Communication, 1(1), 54-73
  2. Arianto, B. (2015). Kampanye kreatif dalam kontestasi presidensial 2014. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 19(1), 16-39
  3. Budi, A. S. (2022). Kampanye politik ruang digital (studi terhadap pengawasan kampanye politik media sosial di pilkada Kabupaten Bangka Barat tahun 2020) (Doctoral dissertation, Universitas Bangka Belitung)
  4. Dominasi Media Sosial dan Proyeksi Pemilu 2024 - Kompas.id. Diakses pada Sabtu, 6 Januari 2024, Pukul 09.52 WIB. ( https://www.kompas.id)
  5. Faradis, N., Al Fauzah, N. A., & Al Anshori, M. I. (2023, November). Media Sosial dan Persepsi Publik: Analisis Strategi Kampanye Digital Calon Presiden Indonesia 2024. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Ilmu Sosial (SNIIS), 2, 643-652
  6. Indra, D., Wahid, U., & Magister, P. (2021). Tinjauan Literatur: Digital Komunikasi Politik Anies Baswedan. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 228-239
  7. Jelang Pemilu 2024, saatnya media sosial jadi panggung kampanye yang berkualitas (theconversation.com). Diakses pada Sabtu, 6 Januari 2024, Pukul 09.51 WIB. ( https://www.theconversation.com)
  8. Kampanye Pemilu 2024 Dimulai Hari Ini, Simak Aturan Berkampanye di Media Sosial - Cek Fakta Liputan6.com. Diakses pada Sabtu, 6 Januari 2024, Pukul 09.53 WIB. ( https://www.liputan6.com)
  9. Kode Etik Kampanye di Media Sosial untuk Pemilu 2024 - Perkumpulan Untuk Pemilu dan Demokrasi (perludem.org). Diakses pada Sabtu, 6 Januari 2024, Pukul 09.55 WIB. ( https://www.perludem.org)
  10. KPU Atur Cara Kampanye Pemilu 2024 di Media Sosial - Safir.id. Diakses pada Sabtu, 6 Januari 2024, Pukul 09.57 WIB. ( https://www.safir.id)
  11. Media Sosial antara Potensi & Bahaya dalam Kampanye Pemilu 2024 (tirto.id). Diakses pada Sabtu, 6 Januari 2024, Pukul 09.49 WIB. ( https://tirto.id)
  12. Pemilu 2024 dan Peran Media Sosial dalam Kampanye Politik | Tagar. Diakses pada Sabtu, 6 Januari 2024, Pukul 09.45 WIB. ( https://www.tagar.id)
  13. Pemilu 2024: Gemoy, selepetan sarung, dan salam tiga jari - Upaya para capres 'menutup mata' Gen Z? - BBC News Indonesia. Diakses pada Sabtu, 6 Januari 2024, Pukul 09.54 WIB. ( https://www.bbc.com/indonesia)
  14. Pengguna Media Sosial di Indonesia Sebanyak 167 Juta pada 2023 (dataindonesia.id). Diakses pada Rabu, 17 Januari 2024, Pukul 11.04 WIB. ( https://www.dataindonesia.id)
  15. Peran Media Sosial dalam Pemilu 2024: Pengaruhnya terhadap Opini Publik dan Kampanye Politik - Harian Haluan. Diakses pada Sabtu, 6 Januari 2024, Pukul 09.47 WIB. ( https://www.harianhaluan.com)
  16. Pemilu 2024: Aturan Kampanye di Media Sosial. Diakses pada Sabtu, 6 Januari 2024, Pukul 09.43 WIB. ( https://www.rri.co.id)
  17. RRI.co.id - Aturan Kampanye Pemilu 2024 di Media Sosial. Diakses pada Sabtu, 6 Januari 2024, Pukul 09.43 WIB. ( https://www.rri.co.id)
  18. Sasmita, S. (2011). Demokrasi dalam Bingkal Digital. Jurnal Demokrasi, 10(2)
  19. Silitonga, N. (2023). DIGITALISASI PARTAI POLITIK: KESIAPAN PARTAI POLITIK DI ERA DIGITAL DALAM KOMPETISI ELEKTORAL 2024. Communitarian: Jurnal Prodi Ilmu Politik, 5(1)
  20. Silitonga, N. (2023). POLITIK DIGITAL: STRATEGI POLITIK ELEKTORAL PARTAI POLITIK DALAM KAMPANYE PEMILU PRESIDEN. Communitarian: Jurnal Prodi Ilmu Politik, 4(2)
  21. Weninggalih, L., & Fuady, M. E. (2021). Hubungan Kampanye Politik Calon Presiden 2019 melalui Media Sosial Instagram dengan Keputusan Memilih Mahasiswa Indonesia di Thailand. Jurnal Riset Public Relations, 22-32

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-12-27 15:07:56

No citation recorded.