AMPLIFIKASI PENGAJARAN BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN LAGU DI KELAS 3C SDN UNGARAN 01 KABUPATEN SEMARANG

*Ariya Jati -  Departemen Linguistik
Published: 31 Jul 2018.
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: EN
Full Text:
Statistics: 131 107
Abstract

ABSTRAK

Artikel ini berkenaan dengan penggunaan lagu untuk mengamplifikasi pengajaran Bahasa Inggris di kelas 3C SDN Ungaran 01 Kabupaten Semarang. Lagu turut digunakan dengan pertimbangan bahwa pengajaran Bahasa Inggris di SDN tersebut belum menggunakannya sebagai amplifikasi. Tujuan amplifikasi ini adalah adanya variasi dalam pengajaran Bahasa Inggris, yakni dengan menggunakan lagu berbahasa Inggris yang dinilai sesuai dengan materi Bahasa Inggris untuk kelas 3 Sekolah Dasar. Amplifikasi ini menerapkan metode engage, study, and activate (ESA), dengan data yang diperoleh melalui classroom observation. Luaran yang dihasilkan dari penelitian ini adalah lembar kerja untuk satu tema ajar. Dalam pelaksanaannya, amplifikasi dengan menggunakan metode ESA ini dapat dipraktekkan dengan mudah. Diharapkan amplifikasi ini dapat digunakan oleh setiap dosen yang mempunyai minat terhadap pengajaran bahasa Inggris.

 

Kata kunci: children songs, receptive and productive skills, ESA model, classroom observation, worksheet

 

Article Metrics:

  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Lazar, Gillian. Literature and Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Teaching. 1993.
  3. Nunan, David, and Kathlee M. Bailey. Exploring Second Language Classroom Research. Boston: Heinle. 2009.
  4. Harmer, Jeremy. The Practice of English Language Teaching. Essex: Pearson Education Limited. 2001.