BibTex Citation Data :
@article{HM42644, author = {Fitri Alfarisy}, title = {GRAMMAR MAGAZINE UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS DI SMK}, journal = {Harmoni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat}, volume = {5}, number = {3}, year = {2021}, keywords = {}, abstract = { ABSTRAK Melalui Instruksi Presiden No 9 tahun 2016, pemerintah mengerahkan seluruh stakeholder SMK pada setiap intansi pemerintahan mulai tingkat kementerian, badan pemerintahan dan pemerintah daerah (Provinsi) untuk memberikan dukungan yang semaksimal mungkin terhadap Revitalisasi SMK dalam rangka peningkatan kualitas dan daya saing SDM Indonesia. Di dalam era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) saat ini, SMK ini dituntut untuk dapat menjadi sekolah yang menyiapkan tenaga kerja yang kompeten dibidangnya, guna memenuhi tuntutan industri kreatif untuk menghadapi MEA. Bahasa Inggris merupakan salah satu kemampuan yang wajib dimiliki oleh siswa dalam menyongsong MEA dan globalisasi. Metode wawancara serta penelitian dan pengembangan digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan wawancara yang dilakukan, diperoleh data bahwa kemampuan bahasa Inggris khususnya tata bahasa merupakan momok yang menakutkan dan menyulitkan untuk para siswa. Oleh karena itu, salah satu alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan membuat sebuah media yang menarik untuk mempelajari tata bahasa Inggris adalah dengan penyusunan Grammar Magazine yang merupakan salah satu produk penyelesaikan permasalah pembelajaran dan pengajaran grammar atau tata bahasa di tingkat SMK. Kata Kunci: Grammar Magazine, SMK, Tata Bahasa, Bahasa Inggris ABSTRACT Presidential Instruction No. 9 of 2016 orders all SMK stakeholders to provide the maximum possible support for Vocational Revitalization in order to improve the quality and competitiveness of Indonesian human resources. In the ASEAN Economic Community (MEA) era, vocational school is required to prepare a competent workforce. English is one of the skills that must be mastered by students. Interview and research and development methods were used in this study. Based on the interviews conducted, the English language especially grammar was the most difficult for students. Therefore, one alternative is creating an interesting medium for studying English grammar, Grammar Magazine which is one of the products for solving learning problems and teaching grammar vocational school level. Keywords: Grammar Magazine, Vocational High School, Grammar, English }, issn = {2599-1795}, pages = {15--20} doi = {10.14710/hm.5.3.15-20}, url = {https://ejournal.undip.ac.id/index.php/harmoni/article/view/42644} }
Refworks Citation Data :
ABSTRAK
Melalui Instruksi Presiden No 9 tahun 2016, pemerintah mengerahkan seluruh stakeholder SMK pada setiap intansi pemerintahan mulai tingkat kementerian, badan pemerintahan dan pemerintah daerah (Provinsi) untuk memberikan dukungan yang semaksimal mungkin terhadap Revitalisasi SMK dalam rangka peningkatan kualitas dan daya saing SDM Indonesia. Di dalam era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) saat ini, SMK ini dituntut untuk dapat menjadi sekolah yang menyiapkan tenaga kerja yang kompeten dibidangnya, guna memenuhi tuntutan industri kreatif untuk menghadapi MEA. Bahasa Inggris merupakan salah satu kemampuan yang wajib dimiliki oleh siswa dalam menyongsong MEA dan globalisasi. Metode wawancara serta penelitian dan pengembangan digunakan dalam penelitian ini. Berdasarkan wawancara yang dilakukan, diperoleh data bahwa kemampuan bahasa Inggris khususnya tata bahasa merupakan momok yang menakutkan dan menyulitkan untuk para siswa. Oleh karena itu, salah satu alternatif yang bisa dilakukan adalah dengan membuat sebuah media yang menarik untuk mempelajari tata bahasa Inggris adalah dengan penyusunan Grammar Magazine yang merupakan salah satu produk penyelesaikan permasalah pembelajaran dan pengajaran grammar atau tata bahasa di tingkat SMK.
Kata Kunci: Grammar Magazine, SMK, Tata Bahasa, Bahasa Inggris
ABSTRACT
Presidential Instruction No. 9 of 2016 orders all SMK stakeholders to provide the maximum possible support for Vocational Revitalization in order to improve the quality and competitiveness of Indonesian human resources. In the ASEAN Economic Community (MEA) era, vocational school is required to prepare a competent workforce. English is one of the skills that must be mastered by students. Interview and research and development methods were used in this study. Based on the interviews conducted, the English language especially grammar was the most difficult for students. Therefore, one alternative is creating an interesting medium for studying English grammar, Grammar Magazine which is one of the products for solving learning problems and teaching grammar vocational school level.
Keywords: Grammar Magazine, Vocational High School, Grammar, English
Article Metrics:
Last update:
Last update: 2024-11-22 02:52:38
View My Stats