skip to main content

PENERAPAN BAHASA DAN BRANDING UMKM PRODUK KANTONG CELANA “HASBUNA” DESA REMBUN PEKALONGAN

*Fajrul Falah  -  Fakulty of Humanities Diponegoro University, Indonesia
Riris Tiani  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Marwini Marwini  -  Universitas Diponegoro, Indonesia
Findy Constantina  -  Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Bahasa dan branding memiliki peran signifikan sebagai bahan dan sarana promosi UMKM.  Salah satu UMKM yang sedang berkembang dan potensial di Desa Rembun saat ini adalah Hasbuna. Hasbuna sebagai mitra pengabdian, memproduksi kantong celana. Akan tetapi, UMKM Hasbuna yang potensial itu, belum memanfaatkan bahasa dan branding untuk menambah akses pemasarannya.  Selama ini, promosi yang dilakukan cenderung melalui lisan, dari mulut ke mulut (word of mouth) dan telah ada pembeli tetap. Di sisi lain, Universitas Diponegoro  memiliki skema pengabdian kepada masyarakat (PkM), Ipteks bagi Desa Binaan Undip (IDBU). Maka perlu dilakukan branding dan pendampingan UMKM Hasbuna supaya lebih berkembang. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah menerapkan bahasa dan membranding UMKM Hasbuna di Desa Rembun, Kabupaten Pekalongan. Tim PkM melakukan literature review terkait bahasa, branding, dan mitra PkM.  Kemudian observasi langsung, dan wawancara kepada mitra terkait persoalan produk dan promosi. Kemudian Tim PkM memberikan masukan dan penerapan bahasa dan branding terhadap mitra Hasbuna.  Kegiatan PkM ini menghasilkan luaran (output) publikasi kegiatan di media massa, profil mitra baik tulisan maupun video,  modul bahasa dan branding mitra Hasbuna. Kegiatan PkM ini juga menghasilkan outcome produk dan pemasaran mitra dikenal lebih luas, dari tingkat Desa Rembun ke Kecamatan, Kabupaten, bahkan Provinsi Jawa Tengah.

Fulltext View|Download

Article Metrics:

  1. Falah, F. (2018). Hegemoni Ideologi dalam Novel Ayat-Ayat Cinta Karya Habiburrahman el Shirazy (Kajian Hegemoni Gramsci). Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra, 13(3), 351-360. https://doi.org/10.14710/nusa.13.3.351-360
  2. Falah, F., & Marwini, M. (2022). Pemanfaatan Bahasa dan Digital Marketing bagi UKM di Desa Blacanan, Kabupaten Pekalongan. Harmoni: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 66-70. https://doi.org/10.14710/hm.6.1.66-70
  3. https://www.victorynews.id/ekonomi/33110693046/manfaatkan-digital-marketing-tim-pengabdian-fib-undip-lakukan-pendampingan-umkm-di-pekalongan
  4. https://www.suaramerdeka.com/pendidikan/0410713371/tim-pengabdian-fib-undip-dorong-industri-konveksi-kantong-celana-desa-prembun
  5. Kemenkeu. "Ekonomi Digital di Indonesia Diprediksi Tumbuh Delapan kali Lipat di tahun 2030. 11 Juni 2021. Kemenkeu.goid. Diakses melalui https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/ekonomi-digital-indonesia-diprediksi-tumbuh-delapan-kali-lipat-di-tahun-2030/, pada 19 Juni 2022
  6. Kuswarno, Engkus. (2015). “Potret Wajah Masyarakat Digital Indonesia”. Digital Jurnal Communicate,1(1), Juli 2015, ISSN 2477-1376, 47-54
  7. LPPM. 2022. Buku Panduan Penelitian dan Pengabdian kepada Masayrakat Edisi VIII. Semarang: LPPM Undip
  8. Mayasari, I., dkk. (2020). Branding: Konsep dan Studi Merek Lokal (Sofiyan Sauri, Ed.). Universitas Paramadina
  9. Nirmala, Vita. 2020. “Gaya Bahasa dalam Iklan Komersial di Televisi (Language Style in Commercial Advertising on Television). Jurnal Bidar. , Vol.10, No 2, pp 1-12. LPPM. 2022. Buku Panduan Penelitian dan Pengabdian kepada Masayrakat Edisi VIII. Semarang: LPPM Undip
  10. Nurtiar, H. (2020). Copywriting: Modul Diklat Promosi Perpustakaan Berbasis Digital Perpustakaan Nasional Republik Indonesia 2020. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Last update:

No citation recorded.

Last update: 2024-05-05 03:36:57

No citation recorded.